2 Berita Gempa Terkini Hari Ini Di Mentawai dan Sabang

2 Berita Gempa Terkini Hari Ini Di Mentawai dan Sabang

Palembangtalk.com2 Berita Gempa Terkini Hari Ini Di Mentawai dan Sabang – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih. Kali ini admin akan membahas mengenai 2 berita yang terupdate gempa terkini hari ini dengan mentawai dan sabang, yuk simak ulasan -ulasan yang akan admin bagikan ini hingga selesai.

Berita terkini Gempa bumi terjadi di dua daerah di Indonesia hari ini. Gempa terkini mengguncang wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dan juga Sabang.

Berikut 2 Berita terupdate gempa terkini hari ini:

1. Gempa di Mentawai

Gempa terkini berkekuatan magnitudo (M) 5,7 mengguncang Tua Pejat, diKepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Gempa terjadi sekitar pukul 00.46 WIB.

“35 Km tenggara Tua Pejat-Sumbar,” tulis BMKG diakun resmi Twitter-nya @infobmkg, Senin (3/5/2021).

Pada titik gempa berada di kedalaman 29 Km dengan titik koordinat berada di 2.34 lintang selatan dan 99.66 bujur timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

2. Gempa di Sabang

Gempa terkini berkekuatan magnitudo (M) 4,8 mengguncang Sabang, Aceh. Gempa juga terasa hingga ke wilayah Banda Aceh.

“Pusat gempa berada di laut 94 Km barat daya Kota Sabang,” tulis BMKG diakun resmi Twitter-nya @infobmkg, Senin (3/5/2021).

Gempa berada di kedalaman 49 Km pada pukul 03.49 WIB. Titik koordinat gempa berada di 5.43 lintang utara dan 94.60 bujur timur.

Gempa terkini yang dirasakan hingga ke daerah Banda Aceh berada di skala IV MMI. Skala IV MMI adalah gempa yang dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela,pintu berderik dan dinding berbunyi.

Dan belum diketahui ada tidaknya kerusakan dan korban jiwa dari gempa tersebut.

Gunung Merapi

Peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi terjadi pada hari ini. Tercatat dalam periode pengamatan per 6 jam, terpantau ada 3 kali awan panas Pada gunung merapi.

Dalam waktu 6 jam, tercatat gempa guguran sebanyak 34 kali, hembusan 2 kali, fase banyak 4 kali dan 1 kali gempa vulkanik dangkal.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menjelaskan awan panas terjadi pada pukul 00.52 WIB, 03.45 WIB, dan 04.30 WIB. Awan panas tercatat dengan amplitudo 36 hingga 50 milimeter dan durasi 133 hingga 144 detik.

Menurut Hanik, dalam periode yang sama terpantau juga guguran lava pijar. “Teramati 8 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter ke arah barat daya,” jelasnya.

“Status Merapi masih di tingkat Siaga (Level III),” tegasnya.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Masyarakat agar tidak bisa melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang admin bagikan ini mengenai informasi 2 Berita terupdate Gempa Terkini Hari Ini Di Mentawai dan Sabang. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat sobat yang telah membaca ulasan- ulasan yang admin bagikan ini, sekian dan terimakasih telah membaca ulasan yang telah admin bagikan ini hingga selesai.

Baca juga:

  1. Larangan Mudik Lebaran 2021 Akan Berlaku 2 Hari Lagi, Ini Syarat Untuk Pergi Keluar Kota
  2. Wali Kota Makassar Bubarkan Pengunjung yang Membludak, Sidak ke Mal Panakukang
  3. Tekan Laju Kasus Aktif Jelang Lebaran, Pemprov DKI Jakarta Perketat Prokes di Setiap Pasar Ibu Kota
  4. Kasus Pesta Sabu Di Hotel, 3 Perwira Dan 2 Bintara Surabaya Telah Ditangkap

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *