2021 Mudik Dilarang, Ini Dia Syarat Bisa Mudik

Mudik Dilarang

palembangtalk2021 Mudik Dilarang, Ini Dia Syarat Bisa Mudik – Halo sobat palembangtalk, kembali lagi bersama admin nih. Kali ini kita akan membahas mengenai 2021 Mudik Dilarang, Ini Dia Syarat Bisa Mudik. Akibat covid-19 sekarang yang sudah parah, seluruh masyarakat indonesia dilarang mudik.

Larangan ini sebagaimana secara resmi telah disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, pada 26 Maret 2021. Maka dari itu aturan yang dibuat ini berlaku sejak Kamis (22/4/2021) lalu hingga 5 Mei 2021.

Aturan tersebut dituangkan dalam Adendum Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Ini merupakan aturan tambahan pada aturan pelarangan mudik sebelumnya yang ditetapkan pada 6-17 Mei 2021.

Maka dari itu, sebelum mudik dilarang, masyarakat masih bisa bepergian asal memenuhi syarat perjalanan. Berikut ini ada syarat yang dapat sobat ketahui.

Syarat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Berikut ini ada beberapa syarat mudik 2021 menggunakan mobil pribadi yang dapat sobat ketahui ya

1. Pelaku perjalanan transportasi darat pribadi, diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan, atau tes GeNose C19 di rest area sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan dan akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah.

Poin protokol nomor 13 (h)

2. Pengisian e-HAC Indonesia diimbau bagi para pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi darat umum maupun pribadi, kecuali bagi pelaku perjalanan udara dan laut wajib melakukan pengisian e-HAC Indonesia.

Poin protokol nomor 13 (i)

3. Anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan tes RT-PCT/rapid test antigen/tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan

Larangan mudik tersebut merupakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rapat koordinasi Menteri pada 23 Maret bahwa pemerintah resmi memutuskan melarang mudik lebaran 2021 atau libur pannjang Idul Fitri 1442 Hijriah yang mulai berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Lebih lanjut, larangan dan pembatasan perjalanan tersebut tak berlaku bagi pelayanan transportasi logistik dan keperluan mendesak. Satgas memperbolehkan sebagian kelompok masyarakat berpergian jika mengantongi surat dari pemerintah setempat.

“Antara lain bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh 1 (satu) orang anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 (dua) orang, dan kepentingan nonmudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari kepala desa/lurah setempat,” dikutip dari surat tersebut.

Akhir kata

Demikianlah ulasan kali ini yang dapat admin bagikan buat sobat mengenai 2021 Mudik Dilarang, Ini Dia Syarat Bisa Mudik. Semoga bermanfaat buat sobat yang sudah membaca ulasan ini hingga selesai ya. Dan jangan lupa ikuti terus ulasan – ulasan terbaru yang akan admin bagikan ya sobat.

Baca juga :
1. Lebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah
2. Jelang Bulan Ramadhan Bahan Pokok Naik Drastis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *