29 Wilayah Pulau Jawa Sudah Masuk Zona Merah Covid-19

29 Wilayah Pulau Jawa Sudah Masuk Zona Merah Covid-19

Palembangtalk.com29 Wilayah Pulau Jawa Sudah Masuk Zona Merah Covid-19 – Satuan tugas Penanganan Covid-19 menyatakan ada 29 wilayah di Indonesia yang masuk zona merah atau risiko tinggi penularan virus covid-19 berdasarkan data pada tanggal 25 Juni 2021.

Dari data wilayah yang tercatat zona merah hari ini, terdapat 23 wilayah Indonesia di antaranya berada di Pulau Jawa sementara enam lainnya berada di pulau Sumatera.

Dibandingkan pada data tanggal 24 Juni kemarin, Jawa Barat dan Banten tidak masuk zona merah pada saat itu. Namun pada data terbaru kali ini, seluruh provinsi di Pulau Jawa termasuk wilayah Jabar dan Banten sudah masuk zona merah.

Baca juga: 75 Dokter di Surabaya Positif Covid-19, 2 Dokter Meninggal Dunia

Dan provinsi Jawa Tengah menjadi daerah penyumbang terbanyak zona merah pada minggu terakhir ini. Dari 29 daerah yang termasuk zona merah, dan ada delapan di antaranya disumbang oleh wilayah Jateng dengan rincian pada Kabupaten Wonogiri, Kudus, Pati, Kendal, Tegal, Semarang, Jepara, dan Kota Semarang.

Pada kota DKI Jakarta, zona merah sudah masuk di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Sehingga dapat dikatakan hampir seluruh wilayah administrasi ini masuk zona merah kecuali Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dan Selanjutnya, Jawa Timur mencatat tiga daerah yang masuk zona merah, yakni Kabupaten Ponorogo, Ngawi, dan Bangkalan. Lalu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada di Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta.

Kemudian zona merah covid-19 berada di Jawa Barat dan terjadi di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Sementara wilayah Banten mencatatkan zona merah di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

Sementara enam zona merah lainnya dari pulau Sumatera. Rinciannya, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kota Medan, Sumatera Utara; Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Kota Metro Lampung, dan dua wilayah di Kepulauan Riau yakni Kabupaten Bintan dan Kota Tanjung pinang.

Sehingga secara keseluruhan pembaruan data pada 25 Juni terletak pada penambahan 9 wilayah baru, yakni penambahan satu wilayah masing-masing di DIY, Jawa Tengah, Lampung, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau. Kemudian tambah dua wilayah dari Jawa Barat dan Banten.

Lebih lanjut, terdapat penurunan zonasi di zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19. Dari pekan lalu tercatat sebanyak 339 wilayah zona oranye, sementara pekan ini berkurang menjadi 293 kabupaten/kota zona oranye. Jakarta Utara masuk dalam zonasi ini.

Baca juga: Dinas Pertamanan DKI Membantah Angkut Jenazah Covid-19 Pakai Truk

Beberapa wilayah yang masuk ke dalam zona merah

Sedangkan untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan virus Covid-19 bertambah menjadi 166 wilayah, dari minggu lalu yang mencatat 121 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

Sementara itu, ada 25 kabupaten/kota masuk dalam kategori zona hijau atau tidak ada kasus. Satgas Covid-19 juga mencatat satu wilayah yang tidak terdampak virus corona hingga saat ini adalah kabupaten Dogiyai di Papua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *