Asrama Haji Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19

PalembangtalkAsrama Haji Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19 – Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, dialihfungsikan menjadi lokasi perawatan pasien Covid-19. Dengan lokasi tersebut telah disiapkan untuk merawat dan isolasi pasien.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mengatakan, langkah taktis ini menjadi salah satu antisipasi akan cepat yang dilakukan pemerintah guna menjamin ketersediaan ruang perawatan. “Alhamdulillah, kami bersama dengan Kementerian Agama dipimpin langsung oleh Gus Yaqut, telah siap untuk menyediakan fasilitas perawatan baru di Asrama Haji. Dan akhirnya menjadi wujud semangat bersama keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/6/2021).

Lonjakan dan kasus Covid-19 baik di DKI Jakarta maupun di seluruh Indonesia dan membuat ketersediaan tempat tidur isolasi maupun ICU di rumah sakit kian menipis.

Pemerintah sangat baik pusat maupun daerah pun harus memutar otak untuk menyediakan ruang perawatan dan isolasi. Perlu sedikit bangunan milik pemerintah yang disulap menjadi tempat isolasi pasien virus corona baru (Covid-19).

Dengan salah satunya adalah asrama haji yang akan dimiliki oleh Kementerian Agama. Juga bangunan pemondokan untuk calon jemaah haji itu kini siap menjadi tempat isolasi setelah adanya izin dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Asrama Haji Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Mengikuti Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi, asrama haji sudah pernah digunakan sebagai ruang isolasi pasien Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Dalam tahun ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan izin, dan asrama haji siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19 Berita RMOLJakarta, Senin (21/6).

Akan mengubah asrama haji jadi ruang isolasi ini, Kementerian Agama menjalin komunikasi intensi dengan Satgas Covid-19 terkait di daerah.

Kemenag, akan dijelaskan Khoirizi, memiliki 31 asrama haji di seluruh Indonesia, dan 27 di antaranya siap menjadi ruang isolasi.

Sementara ada empat asrama haji yang dinilai belum bisa menjadi ruang isolasi adalah asrama haji di Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong. Dengan salah satu asrama haji yang sudah siap digunakan adalah Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Menurut Khoirizi, dan asrama haji ini sudah dipersiapkan bersama Satgas Covid-1 DKI, dan telah ditinjau langsung oleh Sekda DKI dan Pangdam Jaya. Kemungkinan ada dua gedung di Asrama Haji Pondok Gede yang akan disiapkan sebagai ruang isolasi.

Kemungkinan itu, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan RS Haji Jakarta untuk memastikan kesiapan ruang isolasi yang sesuai dengan standar Dinas Kesehatan DKI, Kementerian Kesehatan, bahkan WHO.

Setiap pasien yang menempati satu kamar, satu tempat tidur. Mesti boleh digabung. Ada juga standar pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan.

Bac juga : Ratu Narkoba Asal Pekanbaru Direhabilitasi Ke Bogor

Menurut Erick, belajar dari keberhasilan menyiapkan fasilitas Wisma Atlet, dia pun optimistis bahwa Asrama Haji akan menjadi solusi yang menjamin ketersediaan lokasi perawatan dan isolasi bagi masyarakat.

Tentu ada semua adalah antisipasi. Kita harapkan bersama kami juga jajaran Kementerian Agama bersama Pak Menteri Agama tentu agar keterisian kamar isolasi dan perawatan bisa terus berkurang dengan harapan kita semua bisa melalui pandemi ini.

Bagai informasi, berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hingga Kamis (24/6/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan, ada penambahan 20.574 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. akan merupakan rekor tertinggi jumlah kasus harian selama pandemi berlangung di Tanah Air.

Dengan Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.053.995 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020. Menjadi DKI Jakarta juga terjadi lonjakan kasus baru Covid-19 sebanyak 7.505 kasus pada hari ini.

Dengan kasus baru itu merupakan hasil pemeriksaan terhadap 20.460 orang yang dites PCR hari ini. Hanya lonjakan kasus tersebut, kasus aktif Covid-19 di Jakarta kini berada di angka 40.900 kasus. Kemungkinan jumlah kasus Covid-19 secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 494.462 kasus.

Begitu banyak virus yang membuat sensara manusia di dunia ini, bahkan juga manusia yang terkena virus juga sangat kasian karena tidak ada tempat untuk di rawat.

Soalnya semua tempat atau rumah sakit pun sudah penuh dan tidak ada lagi tempat, makanya Asrama menjadi tempat perawatan covid-19.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *