Pengertian Bagian Rangka Manusia, Cek Disini Penjelasannya

Pengertian Bagian Rangka Manusia, Cek Disini Penjelasannya

Palembangtalk.comPengertian Bagian Rangka Manusia, Cek Disini Penjelasannya – Untuk dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri, berjalan, berbaring dan gerakan lainnya, manusia di topang oleh otot dan rangka manusia.

Apakah kalian hafal atau tahu bagian-bagian rangka manusia? Jika tidak tahu atau tidak hafal maka silakan kalian simak ulasannya yang admin bagikan agar dapat memahaminya.

Tulang membantu melindungi bagian tubuh tertentu seperti jantung, hati, paru-paru, dan ginjal. Nah, admin akan membagikan ulasan tentang bagian rangka manusia, agar lebih memahami fungsi dan macam-macam tulang manusia.

Namun sebelum membahas ke bagian rangka manusia, admin akan menjelaskan pengertian rangka manusia yang akan admin bagikan di dalam ulasan di bawah ini.

Pengertian Dari Rangka Manusia

Rangka merupakan tulang-tulang yang terhubung karena ada persendian dan di gerakan oleh otot-otot pada tubuh manusia.

Endoskeleton adalah suatu kerangka dalam tubuh manusia yang dibungkus otot (daging). Kerangka akan bekerja bersama untuk membentuk sistem kerangka kerja. Sistem kerangka merupakan suatu unit yang memberikan dukungan dalam bentuk dukungan fisik yang terdiri dari beberapa tulang.

Sistme bingkai di bagi menjad 3 jenis yakni bahasa eksternal, basis cairan (rangka hidrostatik), dan internal. Basis dalam cair (bingkai hidrostatik) yakni telah dikelompokkan dengan cara terpisah karena tidak terdapat dalam suatu struktur pendukung.

Berikut ini beberapa ulasan tentang rangka manusia yang dapat kalian ketahui di bawah ini:

1. Rangka Aksial

Kerangka aksial adalah adanya poros tubuh, yang akan membentuk poros tubuh dan menopang dan melindungi organ-organ leher, kepala, dan tubuh. Tugasnya adalah menjaga postur tubuh manusia tetap lurus dengan memindahkan berat leher, kepala, dan tubuh bagian atas dan bawah ke sendi pinggul. Kerangka aksial terdiri dari tengkorak, sternum, tulang ekor, tulang rusuk, dan tulang belakang.

a. Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak terdapat sekitar 28 tulang, tengkorak tidak hanya untuk melindungi otak, tetapi juga menawarkan ruang yang cukup dengan antara kedua mata yakni sebagai penampilan stereoskopis dan menentukan tempat pada bagian telinga sampai otak dapat jarak suara dan memperkirakan arah.

Tengkorak, dibagi beberapa bagian yaitu menjadi tengkorak (wajah) dan tengkorak yang melindungi otak (kubah). Sambungan tulang yang ditemukan di tengkorak mulus atau tidak bergerak. Ketika sambungan antara tulang tengkorak merupakan sendi mati yang disebut jahitan.

b. Tulang Rusuk

Tulang rusuk di bentuk dengan 12 pasang, pada bagian belakang dada dilengkapi dengan pusaran dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Tulang rusuk sejati, memiliki total tulang tujuh pasang. Ketika ujung belakang menempel pada tulang belakang, ujung depan melekat pada tulang dada.
  • Tulang rusuk palsum mempunyai tulang bagian belakang dipasang di bagian belakang rusuk kalian, sedangkan ujung depan dipasang di dada di atas.
  • Tulang rusuk melayang, mempunyai 2 pasang yaitu ujung depan bebas tidak dipasang, sedangkan pada ujung belakang dipasang di belakang.

c. Tulang Dada

Struktur tulang manusia selanjutnya adalah tulang dada, yaitu:

  • Tulang kepala atau hulu (manubrium), mempunyai letak di bagian atas sternum, melekat pada tulang rusuk pertama dan tulang rusuk kedua.
  • Tulang ekor atau pedang (processusxiphoideus) mempunyai bentuk tulang rawan, yang terletak di bawah.
  • Badan pusat atau Gladious (Corpus) adalah perlekatan tulang ketiga hingga ketujuh, delapan sampai sepuluh tulang rusuk.

d. Ruas-Ruas Tulang Belakang

Dalam tulang (vertebra) tersebut yaitu terdiri dari 33 keping tulang, yang dibagi menjadi beberapa segmen yang tidak beraturan. Fungsi kerangka manusia ini ialah untuk menjaga tubuh dan keseimbangan, untuk mendukung kepala dan tangan dan menjadi tempat di mana otot, tulang rusuk dan beberapa organ tubuh yang terhubung.

Baca juga: Pengertian, Manfaat Dan Bentuk Kebugaran Jasmani, Cek Disini

2. Rangka Apendikula

Rangka Apendikular merupakan suatu kerangka lengan yaitu tulang di tangan dan kaki kalian. Selain tulang yang menghubungkan lengan dan kaki dengan tulang aksial ada juga lampiaran seperti panggul atau tulang belikat. Pusat khusus yang membantu kalian bergerak.

Berikut ini beberapa bagian rangka apendikular yang dapat kalian ketahui di bawah ini:

a. Tulang Pendek

Tulang pendek mempunyai bentuk atau berlapis, secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan antara panjang dan lebar untuk tulang pendek. Gerakan ini biasanya bebas, seperti talus di pergelangan kaki atau tulang di pergelangan tangan seperti tulang karpal dan paha belakang.

b. Tulang Pipa

Tualang pipa sering disebut dalam tulang panjang. karena tulang pipa Itu terlihat sama dengan pipa. Panjang tulang lebih besar dari kedalaman. Salah satu contohnya adalah tibia atau tulang kering di kaki.

c. Tulang Tidak Beraturan

Tulang tidak beratur adalah suatu tulang-tuang yang memiliki suatu bentuk yang tidak teratur dan biasanya rumit. Tulang yang tidak teratur ini bmempunyai fungsi khusus. Sebagai contohnya tulang panggul melindungi organ bawah, tulang rahang untuk makan dan berbicara dan tulang belakang yang melindungi saraf pada tulang belakang.

d. Tulang Pipih

Tulang pipi memiliki bentuk seperti menyebarkan tulang-tulang lebar dengan piring datar, tulang pipih digunakan untuk melindungi struktur tubuh bagian bawah kalian. Contohnya seperti tulang belikat, tulang pinggul dan tulang tengkorak yang melindungi pada bagian otak.

Inilah beberapa ulasan tentang bagian-bagian kerangka manusia yang dapat admin bagikan, semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *