Banjir Masih Merendam, 3 Desa di Kabupaten Aceh Selatan

Banjir Masih Merendam, 3 Desa di Kabupaten Aceh Selatan


Palembangtalk.com РBanjir Masih Rendam 3 Desa di Kabupaten Aceh Selatan РACEH РBerdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Aceh Selatan melaporkan berita banjir masih merendam tiga desa di Kecamatan Trubon Tengah, Aceh Selatan, di Provinsi Aceh pada hari Jumat tanggal (21/5).

“Berdasarkan laporan bencana banjir di kabupaten aceh selatan pada hari Jumat tanggal (21/5) saat pukul 13.55 WIB, keadaan air yang disebabkan hujan deras masih terus meningkat di Gampong Cot Bayu dan Gampong Padang Harapan. Sementara itu di desa Gampong Lhok Raya kondisi genai air mulai berangsur-angsur surut,”pungkas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati di dalam keterangan pada salah satu awak media.

Baca juga: Minibus Tabrak Truk di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, 2 Orang Tewas

Banjir mulai melanda kecamatan di Aceh selatan sejak hari Rabu pada tanggal (12/5) karena sebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan meluapnya air Sungai Gelombang.

Kemudian tercatat sekitar 93 keluarga yang terdiri dari 195 jiwa di desa Gampong Lhok Raya terendam banjir.

Dan juga ada 17 keluarga yang terdiri dari 57 jiwa di desa Cot Bayu dan 31 keluarga yang terdiri dari 140 jiwa di Gampong Padang Harapan juga terendam banjir.

Sementara itu ada 11 jiwa, dilaporkan bahwa ada 11 warga harus mengungsi di Posko Batalyon C karena banjir merendam semua rumah warga. Tinggi permukaan air saat kejadian mencapai 20 sentimeter sa60 sentimeter sehingga tidak memungkinkan warga untuk tetap tinggal dirumah mereka masing-masing dan harus mengungsi di posko penanggulan bencana alam yang sudah disediakan pemerintah setempat.

Baca juga: Viral Sepasang Kekasih Mesum Di Pemandian Di Saat Libur Lebaran

Foto: Banjir Masih Merendam, 3 Desa di Kabupaten Aceh Selatan

Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Selatan memantau ada 93 unit rumah terendam banjir. Begitu juga dengan fasilitas umum, sawah hingga tanaman milik masyarakat ikut terendam banjir juga.

Dan saat ini banjir yang merendam badan jalan dan perkebunan masyarakat di Gampong Saneubok Pusaka diberitakan sudah mulai surut.

BPBD Kabupaten Aceh Selatan telah menugaskan pemerintah untuk memproses cepat dalam menangani awal pascabanjir. Evakuasi korban bencana banjir masih terus dilakukan oleh tim penanggulan bencana alam, untuk mengungsi ke posko penanggulan bencana alam yang sudah di siapkan oleh pemerintah bencana alam.

Raditya mengatakan berdasarkan tentang risiko bencana dari penelitian Indeks Resiko, di Kabupaten Aceh Selatan masih memiliki risiko bahaya banjir dari tingkat sedang sampai tingkat tinggi pada 18 kecamatan.

Karena itu BNPB mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi bencana hidrometeorologi, termasuk banjir, banjir bandang dan tanah longsor di desa kabupaten Aceh Selatan.

Baca juga: Anggota DPRD Banten Yang Sedang Liburan Kena Sanksi Usai Mengunggah Video TikTok



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *