Bencana Longsor Menimpa 2 Rumah Di Banyuwangi, Satu Orang Tewas

Bencana Longsor Menimpa 2 Rumah Di Banyuwangi, Satu Orang Tewas

Palembangtak.com -Bencana Longsor Menimpa 2 Rumah Di Banyuwangi, Satu Orang Tewas- Kejadian tanah Longsor yang menimpa dua rumah di Dusun Sadang, Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, hari Kamis (17/6) dini hari tadi. Dan ada Satu orang anak berusia 11 tahun ditemukan tewas akibat tertimpa tanah longsor.

Syamsul Hadi salah sau warga sekitar kejadian mengatakan, sebelum longsor, kampungnya sudah diguyur hujan deras sejak hari Rabu (16/6) sore sampai malam. Kemudian pada sekitar pukul 02.30 WIB terdengar suara gemuruh dari arah tebing disusul dengan tanah longsor.

“Hujan sangat deras sekali sejak ” hari Rabu sore sampai malamnya. Terdengar suara gemuruh dan tiba-tiba tebing itu terjadi longsor,” terang Syamsul.

Tebing setinggi 10 meter, Syamsul mengatakan seketika langsung longsor menimpa tiga rumah. Di Dusun Sadang, Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, hari Kamis (17/6) sekitar lokasi longsor Saat peristiwa terjadi, ada sejumlah orang yang ada di dalam rumah-rumah tersebut.

Baca juga: Mengenal Gempa dan Longsor Bawah Laut Picu Tsunami Maluku

Ia juga menjelaskan, rumah korban terdampak tanah longsor mengalami kerusakan parah. Rumah naas itu di tempati tiga orang.

Proses evakuasi reruntuhan akibat longsor

Pada sekitar pukul 04.30 WIB proses evakuasi yang sebelumnya terhambat karena cuaca hujan, dan setelah cuaca membaik akhirnya dapat dilakukan kegiatan evakuasi kepada korban oleh pihak tim evakuasi.

“Di sini terdapat tiga orang, Ardi (korban), neneknya dan kakeknya,”terangnya. Nenek korban, lanjut dia mengatakan sebenarnya nenek itu juga tertimbun lumpur. Tetapi, berhasil diselamatkan oleh tim evakuasi dan saat nenek itu ditemukan dalam keadaan pingsan,” ujarnya.

Kemudian, setelah mereka memastikan nenek korban sadar dari pingsannya, sejumlah warga lain mencari keberadaan sang cucu nenek bernama Ardi yang diduga masih dalam rumah yang tertimbun tanah longsor.

Baca juga: Sebanyak 577 Pengendara Kabur Saat Tes Covid-19 Di Suramadu

Satu tewas akibat longsor di banyuwangi

Pada saat warga melakukan evakuasi rumah dari reruntuhan longsor tersebut, kemudian Korban tersebut dapat ditemukan di sekitar tempat tidur dengan Kondisi yang sudah lemah dan tidak bernyawa lagi,” terangnya

Beberapa warga di sekitar lokasi longsor berhasil ditemukan dengan selamat. Sementara ada satu orang anak bernama Ardi, berusia 11 tahun, ditemukan sudah tidak bernyawa karena sudah tertimbun tanah longsor.

Dan sampai saat inni, Personel TNI-Polri, BPBD dan Tim Basarnas masih melakukan proses evakuasi reruntuhan yang disebabkan tanah longsor berserta korban yang tertimbun longsor tersebut.

Baca juga: 369 Pasien Covid-19 Dirawat, Kapasitas Tempat Tidur RSLI Surabaya Tersisa 31

Proses evakuasi tersebut hanya mengandalkan tenaga manusia saja, karena medan yang berat ini tidak bisa menggunakan alat bantu untuk melakukan evakuasi reruntuhan rumah yang tertimbun tanah longsor tersebut. Sehingga proses evakuasi rumah yang tertimpa longsor tersebut sangat lambat

Dan akibat longsor itu telah menewaskan satu orang korban, tanah longsor tersebut membuat dua rumah warga mengalami kerusakan berat, akibat tertimbun tanah longsor dan Sejumlah kendaraan milik korban juga masih tertutup material reruntuhan tebing yang longsor tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *