Berita Serius, Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Pada 5 Provinsi Di Indonesia

Berita Serius, Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Pada 5 Provinsi Di Indonesia

Palembangtalk.com Berita Serius, Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Pada 5 Provinsi Di Indonesia – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih. Kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Berita Serius, Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Pada 5 Provinsi Di Indonesia. Yuk simak dan ikuti terus ulasan – ulasan yang dapat admin bagikan ini hingga selesai.

Berita serius, Tingkat kenaikan atau lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di 5 provinsi di Indonesia merupakan berita yang sangat serius, yang tidak boleh diabaikan oleh masyarakat Indonesia karena situasi ini dimanakan situasi darurat dan benar – benar harus di perhatikan oleh masyarakat . Hal tersebut diungkapkan oleh Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman.

Baca juga: Nasib Para Pekerja, Lebaran Duluan THR Belakangan

“Apa yang terjadi di Indonesia, peningkatan ini benar-benar sinyal serius, benar-benar alarm yang tidak boleh diabaikan karena sebetulnya ketika mengalami alarm seperti ini, situasi sebenarnya jauh lebih serius daripada yang dilaporkan oleh pemerintah,” kata Dicky saat dihubungi di salah satu stasiun tv, pada hari Selasa (11/5/2021). 

Baca juga: Daftar 12 Daerah Zona Merah Covid-19, Jelang Lebaran

Foto penyebaran covid-19 yang terjadi di indonesia semakin tinggi

Dicky mengatakan, penularan Covid-19 di Indonesia sudah terjadi melalui tahap community transmition. Tahap ini, kata Dia merupakan tahap terburuk yang dikategorikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Dan sangat sulit untuk dikendalikan oleh masyarakat.

Baca juga: Kematian Akibat Covid-19 di India, Tembus Mencapai 250 Ribu Orang

Sementara itu, menurut Dicky, banyak kasus Covid-19 di Indonesia yang belum bisa diidentifikasi secara maksimal sehingga upaya untuk menekan penularan Covid-19 tidak bisa diatasi secepat mungkin. Dikarenakan kepedulian dan kesadaraan masyarakat indonesia belum ada sehingga pertambahan penyebaran virus covid-19 semakin tinggi.

“Dan ini akan terjadi bom waktu. Bom waktu yang akan meledak pada satu titik waktu yang di mana terjadi titik jenuh dan sewaktu – waktu akan meledak,” ujarnya. 

Baca juga: 7 Orang Tewas Tertimbun Longsor Tambang Emas di Solok Selatan Dievakuasi, Petugas Masih Mencari Siman

Dicky mengibaratkan peningkatan kasus Covid-19 di 5 provinsi tersebut seperti puncak gunung es atau klaster Covid-19 yang tidak terindikasi selama berbulan-bulan. Lalu, gunung es tersebut mulai mengarah pada kelompok rentan seperti orangtua yang sudah berumur lansia atau orang tua yang memiliki penyakit sehingga mulai terlihat lonjakan kasus yang cukup tajam dan penyebaran virus yang semakin tidak bisa dikendalikan oleh masyarakat indonesia.

Baca juga: Malaysia Lockdown Total Akibat Covid-19 Jelang lebaran 2021,Mudik Dilarang

“Ini lah asal mula yang disebut dengan potensi ledakan kasus seperti India itu,” ucapnya. 

Oleh karena itu, Dicky mengingatkan, terjadinya lonjakan kasus Covid-19 bergantung pada respons atau tanggapan masyarakat terhadap peningkatan kasus Covid-19 di 5 provinsi dan di berbagai negara di dunia.

Baca juga: Cegah Keramaian, Polisi Akan Buka-Tutup Akses Tempat Wisata

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *