Pengertian, Sejarah Dan Tujuan Dari Bhinneka Tunggal Ika

Pengertian, Sejarah Dan Tujuan Dari Bhinneka Tunggal Ika

Palembangtalk.com Pengertian, Sejarah Dan Tujuan Dari Bhinneka Tunggal Ika – Sejarah Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bagi bangsa indonesia yang memiliki kedudukannya patut dijunjung tinggi. Karena tanpa Bhinneka Tunggal Ika, maka bangsa Indonesia tidak akan mudah untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Peran Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia sangatlah besar, di mana semboyan ini dapat menyatukan perbedaan bangsa. Bhinneka Tunggal ika merupakan ikrar pemersatu bangsa yang dapat menggerakan jiwa.

Bhinneka Tunggal Ika ditulis oleh Mpu Tantular yang diangkat dari karangan kakawin jawa kono. Bhinneka Tunggal Ika bukanlah suatu perpecahan melainkan dapat persatukan suatu Negara, jadi jika Bhinneka Tunggal Ika perpecahan maka akan berujung pada kehancuran. Manfaat Bhinneka Tunggal Ika bagi pemersatu bangsa sangatlah besar.

Untuk itu, dalam ulasan yang akan admin bagikan mengenai Pengertian Bhinneka Tunggal Ika, Sejarah, Fungsi, Tujuan dari Bhinneka Tunggal yang akan jelaskan di bawah ini.

Pengertian Dari Bhineka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika Diambil Dari Bahasa Jawa Kuno yang jika dipisahkan Bhinneka yang artinya beragam atau beraneka ragam, sedangkan Tunggal yang artinya satu dan Ika artinya Itu. Atau dapat diartikan maknanya ialah ” bahwa beraneka ragam tetapi tetap satu jua” semboyan ini referensi dari kitab Sutasuma karangan empu tantular, yang hidup pada masa kerajaan majapahit sekitar abad ke-14 M.

Hal itu menunjukkan persatuan dan kesatuan yang terjadi di wilayah Indonesia, dengan beragamannya penduduk Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam suku, bahasa daerah, ras, agama dan kepercayaan. Namun tidak akan membuat Indonesia menjadi tepecah-belah.

Karena melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Negaraa Indonesia dapat dipersatukan dan semua keberagamaan tersebut menjadi satu bagian dari Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Setelah kalian mengetahui pengertian dari Bhinneka Tunggal Ika, kalian dapat mengetahui sejarah Bhinneka Tungal Ika yang akan admin bagikan di bawah ini.

Sejarah Dari Bhinneka Tunggal Ika

Sebelumnya semboyan Bhinneka Tunggal ika diresmikan Negara Indonesia, semboyan ini sangatlah panjang yaitu “Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.” Semboyan ini dikenal saat pertama kali pada masa pemerintahaan Majapahit era kepemimpinan wisnuwardhana. Dan perumusan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini dilakukan oleh Mpu Tantular dalam kita sutasuma.

Perumusah semboyan Bhinneka Tunggal Ika Tersebut pada dasarnya adalah suatu pernyataan yang sangat kreatif dalam usaha mengatasi keanekaragaman kepercayaan dan keagamaan. Hal ini dilakukan karena dengan usaha dari pembina negara pada masa kerajaan majapahit.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika pun telah menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada masa kemerdekaan Indonesia. Di dalam kitab Sutosuma, Bhineka Tunggal Ika lebih di artikan pada perbedaan dalam hal kepercayaan dan keanekaragaman agama yang ada di kalangan masyarakat pada zaman pemerintahan Majapahit pada masa itu.

Namun, sebagai semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia, konsep dari Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya perbedaan agama dan kepercayaan menjadi yang utama, tetapi pengertiannya yang lebih luas. Yaitu Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara memiliki cakupan lebih luas, seperti perbedaan suku, bangsa, budaya (adat-istiadat), beda pulau, dan tentunya agama dan kepercayaan yang menuju persatuan dan kesatuan Negara.

Baca juga: Pengertian, Fungsi Dan Berserta Contoh Unsur Unsur Seni Rupa

Tujuan Dari Bhineka tunggal Ika

Setelah kalian mengetahui pengertian, sejarah dan fungsi dan Bhinneka Tunggal Ika , tentu saja Bhinneka Tunggal Ika dibentuk bukan tanpa tujuan.

berikut ini beberapa tujuan dari Bhinneka Tunggal Ika yang dapat kalian ketahui di bawah ini.

  • Dapat Mempersatukan bangsa Indonesia.
  • Dapat Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  • Dapat mengatasi konflik atas kepentingan pribadi atau kelompok.
  • Dapat Mewujudkan cita-cita dari bangsa Indonesia.
  • Dapat Menciptakan masyarakat madani.
  • Dapat Menciptakan negara yang aman, tentram dan damai sejahtera.

Makna Dari Bhinneka Tunggal ika

Sudah sangat jelas, Bhinneka Tunggal Ika adalah landasan dari negara yang sangat penting karena semboyan ini digunakan untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai lebih dari 17 ribu pulau yang berisikan penduduk dengan ras, suku dan agama yang berbeda-beda.

Dengan adanya perbedaan yang sangat besar ini antar wilayah, maka negara Indonesia perlu disatukan dengan adanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dapat menyatukan daerah dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Bukan hanya itu saja, semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga sangat penting, karena sebagai tonggak pencapaian tujuan bangsa. Tidak heran, jika Bhinneka Tunggal Ika bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Demikianlah ulasan-ulasan mengenai Pengertian, Sejarah Dan Tujuan Dari Bhinneka Tunggal Ika yang dapat kalian ketahui. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *