Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini

Palembangtalk.comCara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih, kali ini damin akan membahas mengenai Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini. Sampai saat ini, masih banyak pengguna Android yang mengalami touchscreen bergerak sendiri padahal tidak disentuh. Bagi sobat yang masih belum paham, biasanya sobat akan menganggap kalau touchscreen tersebut rusak.

Sebenarnya tidak bagus jika itu dibilang rusak, tetapi lebih tepatnya error karena kemungkinan memang tidak ada kerusakan pada tauchsreen. Hal ini sangat wajar terjadi. Hal ini sangat wajar terjadi, karena admin pribadi juga pernah mengalaminya.

Banyak sekali hal yang menyebabkan touchscreen Android menjadi error. Selain itu, ada beberapa macam error yang sering terjadi, seperti contohnya touchscreen meleset, mencet sendiri, ataupun loncat ketika sedang disentuh.

Nah buat sobat yang ingin tahu Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini, namun sobat bingung dan tidak tahu sama sekali tidak tahu caranya. Sobat tidak perlu khawatir dan cemas lagi karena admin akan menjelaskan Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini. penasaran bagaimana caranya? yuk simak dan ikuti ulasan-ulasan yang akan admin bagikan ini sampai selesai.

Baca juga: 2 Cara Membuat Stiker Bergerak di WhatsApp, Bisa Buat Stiker Sendiri!

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini

Berikut ini beberapa Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini yang dapat sobat ketahui dan sobat coba, sebagai berikut:

Penyebab Touchscreen Bergerak Sendiri

Seperti yang admin katakan tadi, ada banyak hal yang meyebabkan touchscreen Android bergerak sendiri.

Berikut ini penjelasan beberapa penyebab layar Android error serta cara mengatasinya, sebagai berikut:

1. Charger Rusak

Sebenarnya hal ini juga tidak bisa dikatakan bahwa chargernya yang rusak. Tetapi biasanya, touchscreen bergerak sendiri karena output charger tidak cocok dengan Android, jadi ketika sobat gunakan, touchscreen androis sobat sering loncat saat disentuh.

Agar layar android sobat tidak bergerak sendiri, terlebih dahulu sobat gunakan sambil di charger, usahakan sobat gunakan charger asli bawaan handphone android sobat atau paling charger yang outputnya yang sama.

Dan satu lagi, selesai menyebabkan touchscreen bergerak sendiri, charger yang rusak atau tidak cocok juga bisa menyebabkan masalah battery over temperature atau baterai akan cepat habis pada Android sobat

2. Baterai Habis

Ketika baterai Android habis, biasanya kinerjanya akan berkurang secara otomatis. Sistem Android juga akan menyesuaikan pengaturan agar baterai lebih hemat. Biasanya, ada beberapa pengaturan yang diubah seperti contoh kecerahan layar yang direndahkan agar mengurangi pemakaian baterai.

Perlu sobat ketahui bahwa baterai lemah pada android sobat akan menyebabkan touchscreen sering error. Tidak sepenuhnya berkaitan dengan baterai yang kurang, tetapi kebanyakan touchscreennya normal kembali setelah mencharge baterai Android.

3. RAM Penuh

Dan satu penyebab touchsreen bergerak sendiri karena, jika RAM di android sobat penuh, secara otomatis kinerja Android juga akan menurun. Biasanya, akan terjadi lag atau respon android lambat ketika sobat memberikan perintah. Contohnya: ketika sobat membuka aplikasi Instagram, namun responnya lama. Dan saat sobat klik kembali pada aplikasi tersebut, yang terbuka bukan aplikasi Instagram melainkan aplikasi Facebook.

Sehingga, saat RAM android penuh maka kemungkinan touchscreen Android sering meleset saat disentuh. Hal ini disebabkan karena sistem Android lag, jadi sedikit lama saat merespon perintah sobat.

Jadi untuk mengatasinya, silahkan sobat tutup aplikasi yang tidak perlu di perangkat android sobat.

4. Screen Guard Kotor

Penggunaan screen guard pada layar Android memang bisa dikatakan penting karena bisa melindungi layar agar lebih kuat. Namun, perlu diperhatikan juga kebersihan pada screen guard tersebut. Karena jika kotor, malah bisa menyebabkan masalah pada touchscreen.

Terkadang, debu dan kotoran sering menempel pada screen guard sehingga menyebabkan fungsi touchscreen tidak berjalan dengan baik. Seringnya layar Android bergerak sendiri bisa saja disebabkan oleh screen guard yang kotor. Jadi, rajin-rajinlah untuk membersihkan pelindung layar sobat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Kamera Terbaik Yang Wajib Di Coba

5. Layar Panas

Layar Android sobat yang panas biasanya disebabkan karena pemakaian yang berlebihan. Jika layar Android panas, biasanya terjadi overheating pada komponen Android. Jadi perlu sobat ketahui, layar yang panas akan membuat sensitivitas touchscreen berkurang, sehingga sering loncat-loncat sendiri.

Cara mengatasinya yaitu menggunakan android sobat dengan wajar. Jika memang harus digunakan dalam jangka waktu yang lama, silahkan sobat gunakan pendingin seperti kipas untuk memperlambat proses pemanasan pada komponen Android.

6. BUG pada ROM

Pada setiap ROM ataupun Firmware, bug memang sering ditemukan, terlebih pada ROM versi beta. Jadi, ketika sobat sedang mengalami touchscreen bergerak sendiri setelah update firmware ataupun ganti ROM, maka bisa jadi masalah tersebut berada pada ROM yang sedang sobat gunakan.

Admin sarankan, ketika ingin mengganti ROM Android sobat, silahkan baca-baca komentar dalam forum ataupun group yang menyediakan ROM tersebut. Jika memang masih ada bug, lebih baik jangan. Namun jika ROM sudah versi final atau stable, silahkan saja sobat gunakan ROM tersebut pada android sobat.

7. Touchscreen Rusak

Jika sudah beberapa cara sobat lakukan tetapi tidak bisa juga, lebih baik sobat pergi ke tukang service handphone sobat bisa tahu apa saja penyebanya dan bagaimana caranya agar bisa android sobat tidak rusak.

Touchscreen rusak juga merupakan hal yang wajar, terlebih ketika dalam pemakaian yang sering terjatuh. Selain itu, touchscreen juga memiliki batas waktu penggunaan. Jadi jika sudah melewati batas yang ditentukan, maka touchscreen bisa jadi error, salah satunya touchscreen menjadi bergerak sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan-ulasan yang telah admin bagikan ini mengenai Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri, Cek disini, semoga bermanfaat buat sobat yang telah membaca ulasan-ulasan ini dan bisa sobat coba di android sobat, sekian dan terimakasih.

Baca juga: 5 Aplikasi Desain Rumah Terbaik Di Android, Buat Denah Dan 3D Gratis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *