Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten

Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten

Palembangtalk.com Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten – Halo sobat kembali lagi nih, kali ini admin akan membahas mengenai Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten. Google menyediakan layanan yang memungkinkan penggunaannya untuk mencari topik yang sedang hangat diperbincangkan. Layanan yang dimaksud adalah Google Trends, sebuah alat atau tool dengan beragam fitur dan fungsi. Cara menggunakan Google Trends terbilang mudah bagi pemula sekalipun. Seiring dengan bergesernya pola interaksi ke internet, banyak orang ingin meningkatkan trafik website. Hal ini bisa dilakukan dengan merancang strategi konten yang didukung oleh data pencarian Google.

Apa Itu Google Trends?

Google Trends adalah layanan dari Google yang menyediakan data dan grafik mengenai popularitas yang sedang terjadi di halaman pencarian Google. Layanan itu diluncurkan pertama kali oleh Google pada tahun 2002 bukan hanya menunjukkan topik yang sedang diperbincangankan, tetapi digunakan untuk melakukan riset keyword atau kata kunci. Pada Google Trends, pengguna dapat mencari keyword yang sering dipakai orang atau dicari orang-orang di internet. Bukan hanya itu, sobat juga bisa membandingkan performa antar keyword sehingga bisa memilih dengan baik agar konten yang dibuat sobat tepat sasaran.

Keunggulan lain dari layanan Google Trends adalah tampilannya yang bisa dibilang sangat sederhana. Pengguna pemula pun tidak kesulitan untuk mengoperasikannya. Selain itu, Google Trends tanpa memungut biaya untuk registrasi. Karena itu, pengguna bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Google ini secara gratis. Sobat bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan lewat Google Trends. Hal ini memudahkan sobat dalam mengembangkan website sobat.

Nah buat sobat yang ingin tahu mengenai Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten, namun sobat yang belum tahu Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten. Sobat tidak perlu khawatir dan cemas lagi karena admin akan memberitahu Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten, penasaran bagaimana caranya? yuk simak dan ikuti ulasan-ulasan yang akan admin bagikan ini hingga selesai.

Baca juga: Cara Menandai Lokasi di Google Maps untuk Tambah Alamat

Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten

Berikut ini beberapa Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten yang dapat sobat ketahui dan sobat coba, sebagai berikut:

Cara Menggunakan Google Trends

  • Google Trends dapat digunakan dengan tujuan pemasaran yang berbeda-beda. Biasanya, orang-orang memakainya untuk keperluan SEO dan pemasaran konten.
  • Namun, tidak jarang juga orang-orang memakai Google Trends sebagai inspirasi untuk kreativitas iklan. Pasalnya, tool ini dapat menangkap yang sedang banyak dicari oleh publik.

Berikut cara menggunakan Google Trends yang dapat sobat ketahui dan sobat coba, sebagai berikut:

1. Buka Situs Google Trends

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka situs Google Trends terlebih dahulu. Setelah itu, sobat akan dihadapkan dengan tampilan beranda bertuliskan ‘Temukan Apa yang Dicari Dunia’.

2. Ubah Lokasi

Selanjutnya pada pojok kanan atas sobat bisa mengubah wilayah atau negara terlebih dahulu dari Amerika Serikat ke Indonesia, jika sobat ingin mengetahui tren dari berbagai negara di belahan dunia lainnya. Sobat bisa menentukan negara mana yang ingin sobat cari.

3. Tuliskan Kata Pencarian

Setelah itu, sobat hanya tinggal masukkan kata pencarian yang ingin sobat ketahui. Pentingnya penulisan kata atau kalimat secara detail dan jelas. Sebagai contoh, untuk mencari jenis kopi tertentu, sobat juga bisa tulis keyword “jenis kopi”, lalu enter untuk menelusuri.

Selanjutnya, sobat akan berada di tampilan tabel grafik tren pengguna mencari kata kunci jenis kopi selama satu tahun terakhir. Jika sobat ingin mengatur rentang waktu pencarian, pilih Custom Time Range pada bagian atas.

Selain grafik, di bawahnya sobat juga dapat menemukan pembagian ketertarikan pengguna mencari keyword tanaman hias berdasarkan daerahnya. Kemudian di bagian paling bawah yaitu related topics adalah hal yang penting dalam layanan ini. Sobat akan ditunjukkan daftar topik dan kueri yang berkaitan dengan keyword yang dicari. Sobat juga bisa mengetahui apakah nilai topik tersebut mengalami peningkatan dalam presentase. Jika keterangan nilai tertulis breakout, maka topik tersebut akan mengalami peningkatan lebih dari 5.000 persen.

Baca juga: Netflix Uji Coba Bikin Platform Baru “N-Plus”, Apa Aja Fiturnya?

4. Membandingkan Antarkeyword

Selanjutnya untuk membandingkan performa antarkeyword, sobat tinggal memasukkan keyword tersebut ke kolom ‘Compare’ yang berada di atas halaman. Grafik beserta informasi lainnya di bawahnya, akan menyesuaikan dengan keyword yang dibandingkan.

Lewat informasi dan data yang disajikan Google Trends tersebut, sobat dapat mengembangkannya menjadi sebuah konten yang menarik dan relevan sehingga tepat sasaran.

Itulah manfaat dan cara menggunakan Google Trends yang difungsikan untuk mencari keyword atau kata kunci.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan-ulasan yang admin bagikan mengenai Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat sobat yang telah membaca ulasan dan bisa sobat terapkan di android sobat, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Baca juga: Cara Mengunci Folder di Laptop, Begini Penjelasannya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *