Cara Menghapus File Melalui Google Drive

Cara Menghapus File Melalui Google Drive

Palembangtalk.com Cara Menghapus File Melalui Google Drive – Halo sobat kembali lagi dengan admin nih, kali ini admin akan membahas Cara Menghapus File Melalui Google Drive. Google Drive adalah layanan penyimpanan file secara online milik Google. Dengan kapasitas maksimal yang hanya 15Gb, tetapi jika sudah lama menampung file semakin banyka dan Google Drive milik sobat penuh.

Sementara untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar, pengguna harus membayar biaya bulanannya. Jika tidak mau, lebih baik file yang ada di Google Drive dihapus sebagian agar bisa menyimpan file baru Melalui Google Drive.

Nah buat sobat yang ingin menggunakan Cara Menghapus File Melalui Google Drive, namun sobat yang tidak tahu bagaimana Cara Menghapus File Melalui Google Drive. Sobat tidak perlu khawatir dan cemas lagi karena admin akan membahas Cara Menghapus File Melalui Google Drive, penasaran bagaimana caranya? yuk simak dan ikuti ulasan-ulasan yang akan admin bagikan ini hingga selesai.

Cara Menghapus File Melalui Google Drive

Foto cara menghapus file melalui Google Drive

Berikut ini beberapa Cara Menghapus File Melalui Google Drive yang dapat sobat ketahui dan sobat coba, sebagai berikut:

Cara Menghapus File Melalui Google Drive

Google Drive adalah tempat menyimpan berbagai bentuk file, mulai dari foto, video, tulisan, hingga suara. Semua file itu bisa dikelompokkan oleh penggunanya agar file tidak berantakan. Struktur file yang rapi tentu akan memudahkan penggunanya jika ingin mencari bahkan menghapus file.

Keuntungan menyimpan file di could Google ini, file yang terhapus bisa hilang sementara dari drive, namun juga bisa dihilangkan selamanya, berikut ini Cara Menghapus File Melalui Google Drive.

  • Langkah pertama sobat buka aplikasi Google Drive melalui ponsel Android, iPhone, atau komputer
  • Kemudian pada bagian kanan bawah akan tertera “File”kemudian klik file tersebut
  • Setelah itu di samping file yang ingin dihapus ketuk gambar “titik tiga”, kemudian tekan “hapus”
  • Kemudian File itu belum hilang seutuhnya, hanya berada pada bagian “sampah,”

Tambahan buat sobat jika file dalam drive yang hendak dihapus adalah milik sang pemilik akun langsung orang lain tetap dapat melihat file itu sampai dihapus secara permanen.

Kemudian jika file yang berada di Google Drive ialah dari orang ketiga maka orang lain masih dapat melihat file itu meski sudah dihapus secara permanen.

Baca juga: Netflix Uji Coba Bikin Platform Baru “N-Plus”, Apa Aja Fiturnya?

Cara menghilangkan file untuk selamanya, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada Bagian kiri atas pada aplikasi Google Drive ketuk “Menu”
  • Pada samping file yang ingin dihapus ketuk lainnya, lalu pilih “hapus selamanya”
  • File akan terhapus dari akun Google Drive

Cara Lain Mengurangi Beban Penyimpanan Google Drive

Ada beberapa trik untuk mengurangi beban penyimpan pada Google Drive sebab sobat perlu ketahui bahwa tanpa sadar aplikasi seperti Google foto yang ada pada telepon pintar ( smartphone android) ikut bertambah jumlah kapasitas penyimpanannya, berikut ini cara – cara yang dapat sobat coba:

Hapus File Besar

  • Jika sobat ingin mengetahui file berukuran besar silakan masuk terlebih dahulu ke akun Google Drive, kemudian masuk ke menu “kuota”. Di sana akan teridentifikasi besaran file yang tersimpan. Tidak jarang ada file yang tidak berguna dengan jumlah ukuran yang besar tersimpan, makan sobat hapuslah file- file tersebut.
  • Setelah itu, pada halaman yang sama klik ikon roda bergerigi di kanan atas.
  • Langkah selanjutnya yang harus ditempuh ialah klik menu “setting” dan masuk ke menu “manage apps”.
  • Lalu sobat pilih hapus, maka file yang terpilih akan masuk ke “sampah”, buka “sampah” untuk menghapus file itu selamanya dari akun Google Drive.
  • Selanjutnya sobat kurangi Kualitas Foto yang Tersimpan
  • Secara khusus pengguna android bisa mencadangkan foto-foto secara otomatis di layanan Google Photos. Layanan inilah yang tanpa sadar juga menggerus ruang penyimpanan Google Drive.
  • Agar bisa menampung file lebih banyak ada baiknya perhatikan hal ini. Jika ada foto yang tersimpan disana dan tidak penting, langsung hapus saja.
  • Namun jika tidak ingin menghapusnya ada cara lain lagi yakni dengan masuk ke laman https://photos.google.com/settings.
  • Sobat akan menemukan dua pilihan menu, yaitu menyimpan foto dengan ” asli” maksudnya menyimpan ukuran file foto dengan besar yang sebenarnya
  • Kemudian ada juga pilihan “High Quality”.

Pada halaman yang sama ada juga pilihan “Recover storage”, dan tombol inilah yang jika ditekan maka akan secara otomatis membuat video dan foto yang tersimpan lewat Google foto yang otomatis tersimpan di Google Drive itu tereduksi dan ukuran resolusinya jadi lebih kecil.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten

Hapus e-mail ukuran besar

Hal yang lain membuat ruang penyimpanan Google Drive jadi penuh adalah lampiran (attachment) pada e-mail yang berukuran besar. Pengguna dapat menghapusnya agar dapat memberi ruang penyimpanan lebih luas.

  • Caranya, ketik “has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian e-mail di bagian atas.
  • Kemudian akan muncul file-file ukuran besar di atas 10 Megabyte (Mb).
  • Pilihlah lampiran-lampiran yang dianggap sudah tidak dibutuhkan lagi, kemudian hapus. Untuk memastikannya, buka folder “trash” pada e-mail dan klik tombol “empty trash now” untuk membersihkan semuanya yang telah dihapus.

Itulah cara menghapus file di Google Drive agar kapasitas atau ruang penyimpanannya kembali lega dan bisa digunakan normal. Jika memang file-nya tidak penting, pastikan file tersebut terhapus selamanya dan tidak ‘nyangkut’ di folder sampah atau trash

Akhir Kata

Demikianlah ulasan-ulasan yang dapat admin bagikan mengenai Cara Menghapus File Melalui Google Drive, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat sobat yang telah membaca ulasan ini hingga selesai. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Facebook secara Permanen

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *