Cermin Datar, Rumus, Sifat Bayangan, Fungsi, Beserta Contoh

Cemin datar

Palembangtalk.com – Cermin Datar, Rumus, Sifat Bayangan, Fungsi, Beserta ContohCermin datar merupakan salah satu cermin yang memiliki permukaan datar yang mempunyai sifat bayangan yang unik namun tentunya berbeda dengan jenis cermin cekung ataupun sembung pada umumnya.

Secara umum, cermin merupakan salah dimana sebuah permukaan licin yang memiliki sifat kemampuan yang menciptakan dengan adanya pantulan dengan bayangan suatu benda secara sempurna. Secara umum, manusia memanfaatkannya untuk beberapa hal dalam kehidupan sehari-harinya.

Nah, untuk informasi lebih jelasnya silakan simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Sifat bayangan Dari cermin Datar

Sesuai dengan namanya, bahwa cermin datar dapat menghasilkan adanya bayangan dengan berbentuk garis lurus yang sesuai dengan permukaannya yang datar. Adapun sifat – sifat yang terdapat diantaranya adalah.

  1. Terdapat adanya bayangan benda yang ditampilkan yang memiliki ukuran serupa dengan benda aslinya. Baik itu diukur dari segi panjang, lebar, ataupun dari tingginya.
  2. Jarak yang terbentang antara benda degan cermin akan sama panjangnya dengan jarak bayangan ke cermin tersebut.
  3. Adanya bayangan yang memiliki sifat maya, artinya tidak bisa disentuh sama sekali.
  4. Memiliki sifat yang tegak. Artinya memiliki objek yang tidak akan tampil dalam posisi terbaik. Misalkan saja dalam waktu seseorang bercermin, maka akan ada bayangan cermin kepala akan tetap berada di atas bukan sebaliknya.
  5. Sisi benda asli akan berkebalikan antara bayangan.

Baca juga : Cara Belajar Matematika Agar Cepat Paham, Cek Disini

Apa saja fungsi cermin Datar?

Cermin datar terdapat beberapa fungsi untuk membantu aktivitas dalam sehari-hari bukan hanya sekedar untuk bercermin saja. Adapun fungsinya sebagai berikut ini.

  1. Difungsikan untuk mendukung cara kerja periskop

Dalam alat periskop, kalian akan menemukan adanya sebuah cermin datar sebagai salah satu dimana ada komponennya. Yang memiliki fungsi periskop untuk melihat adanya kendaraan tempur dengan lapisan baja dan objek yang ada di permukaan air. Adanya cermin datar akan melakukan pemantulan untuk membentuk bayangan. Umunya, semin dipasan dengan miring dan juga sejajar.

  1. Pengganti lensa pada teropong prisma

Cermin datar akan disusun menjadi salah satu sebuah prisma segitiga yang bersudut runcing. Dimana susunan tersebut dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk mengganti lensa pembalik yang terdapat memiliki teropong bumi. Nah, pada saat cermin sudah disusun dengan sedemikian ruma, maka tentu akan menghasilkan adanya bayangan terbalik.

  1. Komponen PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Nah, fungsi terkahir adalah PLTS tidak menghasilkan listrik langsung, adanya panas matahari yang ditampung akan memanaskan cairan. Uap yang dihasilkannya akan diperoleh dari fluida, lalu listrik akan berhasil diciptakan dari pemanasan oleh generator. Maka cermin datar akan menjadi salah satu sebuah alat pelacak untuk memperoleh fokus konsentrasi radiasi dari matahari melalui menara.

Rumus lengkap cermin datar

Apabila kalian mengambil 2 cermin datar, dengan membentuk sudut lancip maka jumlah bayangan dari benda dapat diketahui dengan penggunaan rumus berikut.

Ini ketentuannya:

360/A jika hasilnya ganjil, maka m = 0. Dan jikahasilnya genap, m = 1.

Jika kalian ingin mencari tinggi dari sebuah cermin datar maka kalian bisa dengan menggunakan rumus berikut.

Tcermin datar = ½ x Tbenda

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Teks Diskusi, Baca Disini

Contoh Soal Tentang Cermin Datar

Dinda memiliki 2 buah cermin yang datar dan membentuk sudut 30°. Lalu dinda menaruh sebuah kursi di depan cermin tersebut. Nah, berapakah bayangan kursi yang dapat dilihat dari kegiatan tersebut?.

Jawaban:

Diketahui besaran sudutnya adalah 30°, dari situ bisa ditentukan besaran M.

= 12 (genap), berarti nilai M adalah 1.

Maka yang menjadi jawababnya adalah 11 bayangan akan terbentuk dari cermin datar.

Cermin datar dimana menjadi salah satu jenis cermin yang memiliki adanya sifat bayangan maya, tegak, ukuran & jarak bayangan sama persis dengan objek aslinya. Dengan fungsinya tidak sebatas untuk cermin rias saja, namun menjadi dalam bagian penting dalam program pembuatan PLTS, periskop, dan teropong prisma. Rumus juga untuk mengetahui bayangan mudah dimengerti.

Baca juga : Konjungsi Temporal, Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsinya

Nah, cukup sekian dulu penjelasan yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini tentang Cermin Datar, Rumus, Sifat Bayangan, Fungsi, Beserta Contohnya. Mudah – mudahan dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel Palembangtalk.com. Karena Mimin selalu membagikan hal – hal penting untuk kalian sebagai pembaca setianya blog palembangtalk.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *