Ciri-Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai, Baca Disini

Ciri- Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai

Palembangtalk.com – Ciri-Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai, Baca DisiniDemam tifoid, atau typhoid, Tipes, Tifus adalah sebauh penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella enterica, khususnya dimana turunannya adalah Salmonella Typhosa. Nah, penyakit seperti ini bisa ditemukan tidak hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia, dan disebarkan lewat makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Penyakit typus, tipes ini dapat dengan cepat menulur kepada orang lainnya. Infeksi dari Demam Tifoid ini bisa saja terjadi apabila seseorang telah mengkonsumsi makanan atau pun minuman yang telah terkontaminasi dengan sejumlah kecil tinja yang telah terinfeksi bakteri. Ya, walaupun sangat sedikit kasus yang ditemukan, dimana tipes juga bisa menular apabila seseorang terkena urine dari orang yang telah terinfeksi bakteri Salmonella typhi.

Sanitasi yang buruk akan menjadi penyebab utama dari adanya penularan penyakit tipes, tinja yang telah terkontaminasi dengan bakteri Salmonella typhi menjadi salah satu sebuah sumber utama dari wabah penyakit tipes di dunia. Dimana di Indonesia sendiri, sebuah penyebaran bakteri ini biasanya bisa terjadi lewat sumber air yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung adanya bakteri tersebut. Karena memang masyarakat Indonesia masih ada yang kurang menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan BAB disembarang tempat (sungai).

Baca juga : Pantai Payangan, Wisata Bahari Kabupaten Jember Jawa Timur

Apa itu Penyakit Tipes?

Ciri- Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai

Nah, sebelum membahas ke ciri-ciri gejala tipes, alangkah baiknya bila kalian mengetahui terlebih dahulu tentang definisi dari penyakit tipes itu sendiri. Demam tifoid atau yang seringkali dikenal sebagai tipes merupakan salah satu sebuah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi yang menyebar lewat makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Dimana pada biasanya, adanya penyakit ini ada banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak yang tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, maka bisa jadi nantinya akan sangat membahayakan nyawa.

Ciri Penyakit Tipes

Dimana biasanya Ciri Penyakit Tipes, masa inkubasi dari bakteri penyebab tipes berlangsung sekitar 7-14 hari, namun juga bisa lebih cepat yaitu sekitar 3 hari bahkan dapat lebih lama dari biasanya yakni hingga 30 hari. Dimana kondisi ini adalah salah satu durasi yang terjadi antara bakteri pertama kali masuk ke dalam jaringan tubuh hingga dengan timbulnya gejala awal yang akan dirasakan tubuh. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat, maka kondisi kesehatan pengidap penyakit tifus akan semakin memburuk dalam hitungan. Gejala tipes pun nantinya akan kembali muncul jika pengobatan yang dilakukan tidak tepat, cepat dan tuntas.

Baca juga : Pantai Tureloto Nias Utara Traveling Ke ‘Laut Mati’ Versi Indonesia

Setelah infeksi terjadi akan muncul satu atau beberapa ciri berikut ini:

Demam tinggi dari 39° hingga 40 °C (103° sampai 104 °F) yang meningkat secara perlahan mulai sore hari hingga dini hariTubuh menggigilDenyut jantung lemah (bradycardia)Badan lemah (“weakness”)Sakit kepala yang hebat di malam hari, terutama di bagian paling belakang kepalaNyeri otot myalgia Kehilangan nafsu makan Konstipasi Sakit perut Pada kasus tertentu muncul penyebaran vlek merah muda (“rose spots”)

Maka dari itu, segera lakukan pengobatan jika menemukan salah satu ciri tipes diatas. Jadi, harus dengan segera membawa kedokter, setidaknya lakukan tes lab untuk mengetahui dengan hasil yang pasti. Pengobatan yang tepat akan mempercepat penyembuhan. Selain itu, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah terjadinya penularan.

Baca juga : Mengenal Alam Wisata Cimahi, Wisata Alam & Kuliner Keluarga Di Cimahi

Seperti itulah informasi yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini mengenaiCiri- Ciri Penyakit Tipes Yang Mesti Diwaspadai . Mudah – mudahan dengan adanya informasi diatas yang sudah Mimin buat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Jangan sampai ketinggalan update artikel dari Mimin setiap harinya, karena Mimin banyak menyediakan informasi seputar game, teknologi dan informasi masa kini. Sampai jumpa lagi!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.