Pengertian, Ciri- Ciri Dan Contoh Dari Fauna Australis

Pengertian, Ciri- Ciri Dan Contoh Dari Fauna Australis

Palembangtalk.comPengertian, Ciri- Ciri Dan Contoh Dari Fauna Australis – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang Fauna-fauna australis beserta pengertian, ciri-ciri, contoh fauna australis dan gambarnya. Berikut ini di bawah ini Penjelasannya.

Pengertian Dari Fauna Australis

Fauna australis tersebesar di beberapa wilayah, yaitu wilayah yang tersebar fauna australis sebagian besar mempunyai kondisi lingkungan tropis dan sebagian beriklim sedang.

Kondisi lingkungan wilayah australia yang cukup mencolok disebabkan letaknya yang terpisah sangat jauh dari benua lainnya. Jenis fauna-fauna australis juga terdapat di wilayah indonesia seperti di irian jaya, maluku dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Di Indonesia terdapat 3 jenis persebaran Fauna-fauna Australis, persebaran tersebut dibatasi oleh garis wallance dan garis webber. Setiap jenis fauna dari persebaran fauna tersebut memiliki jenis dan ciri khas yang berbeda-beda.

Jenis persebaran Fauna-fauna Australis tersebut adalah fauna Asiatis (Oriental) , fauna Australis, dan fauna Peralihan. Berikut penjelasnya tentang Fauna Australis.

Ciri-ciri Dari Fauna Australis

Berikut ini beberapa ciri dari Fauna-fauna Australis yang dapat kalian ketahui di bawah ini:

1  Terdapat binatang berkantung.
2. Binatang menyusui kecil-kecil.
3. Memiliki sedikit jenis ikan air tawar.
4. Tidak terdapat kera.
5. Memiliki banyak jenis burung berwarna.
6. Banyak memiliki jenis hewan bertanduk .

Contoh Fauna Autralis dan Gambarnya

1. Burung Cendrawasi

Burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau Selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur.

Burung anggota keluarga ini dikenal dengan bulu jantan dari banyak jenis, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Ukuran burung Cenderawasih berkisar dari Raja Cenderawasih 50 gram dan 15 cm, Cenderawasih Paruh Bulan Sabit Hitam 110 cm dan Manukod Cenderawasih jambul gulung 430 gram.

2. Burung Kasuari

Burung Casuarius adalah salah satu dari dua marga burung di keluarga Casuariidae. Genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang sangat besar dan tidak bisa terbang.

Wilayah persebaran ketiga spesies ini berada di hutan tropis dan pegunungan di Pulau Irian. Kasuari Double-Gelambir adalah satu-satunya spesies Kasuari yang ditemukan di Australia.

Burung kasuari mempunyai tanduk di kepalanya, yang membantu burung ini berjalan di habitatnya di hutan lebat. Selain tanduk di kepalanya, kasuari memiliki kaki yang sangat kuat dan kuku yang tajam. Kasuari betina biasanya berukuran lebih besar dan warnanya lebih terang dari pada jantan

5. Katak

Katak ramping dengan kulit basah atau lembab, berlendir, tipis dan halus. Katak juga mempunyai kaki yang lebih panjang, sehingga bisa melompat lebih jauh. Selain itu, kaki belakangnya memiliki selaput yang jelas sehingga beberapa jenis adalah katak perenang yang hebat.

Katak mempunyai banyak jenis yang mendiami habitat tertentu. Misalnya, katak padi “Fejervarya cancrivora” mendiami habitat persawahan yang berlumpur. Atau katak pohon “Polypedates leucomystax” yang menghuni batang pohon yang tinggi.

Seringkali juga bersembunyi di balik kulit pohon atau dedaunan. Ada juga Katak tuli “Limnonectes kuhlii”, kita hanya menemukannya di antara bebatuan di sungai yang bersih dan tidak tercemar di pegunungan. Dan satu lagi katak serasah “Leptobrachium hasseltii” yang habitatnya di lantai hutan. Biasanya bersembunyi di lubang lapuk di kayu dan serasah kering.

6. Kanguru

Kanguru atau kanguro adalah hewan berkantung yang berasal dari benua Australia. Memiliki Ciri khas kaki bergaris panjang, kaki depan pendek, bergerak dengan cara melompat, dan berkantong.

Usia dari kanguru dapat berkisar antara 9 sampai 18 tahun. Meski ada juga yang bisa hidup hingga usia 28 tahun. Kanguru mampu bergerak dengan kecepatan hingga 70 km / jam. Bisa dibilang mereka adalah rival terberat pocong dalam lomba balap karung.

7. Walabi

Walabi merupakan satu dari sekitar tiga puluh spesies macropoda. Hewan ini adalah tanda tidak resmi yang biasanya digunakan oleh makropoda apa pun yang lebih kecil dari kanguru atau walaroo yang belum diberi beberapa nama lain. Walabi penghuni hutan yang sangat kecil berkanalisasi sebagai pademelon dan dorcopsise.

8. Beruang

Beruang adalah salah satu jenis karnivora paling terkenal di dunia. Ciri khas yang paling khas dari mereka tentu saja ukurannya yang besar. Mereka juga dikenal kuat dan galak, namun bayinya memiliki penampilan yang imut dan disukai banyak orang. Jumlah spesies beruang yang ada saat ini adalah delapan spesies.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Ciri- Ciri Dan Contoh Dari Fauna Australis ini, semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *