Pengertian, Faktor Serta Contoh Dari Kebutuhan Tersier

Pengertian, Faktor Serta Contoh Dari Kebutuhan Tersier

Palembangtalk.com Pengertian, Faktor Serta Contoh Dari Kebutuhan Tersier – Bukan hanya kebutuhan primer dan sekunder saja yang di perlukan manusia. Masih ada kebutuhan lain yang masuk dalam daftar kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan tersier? Dan apa contoh kebutuhan tersier? Berikut di bawah penjelasan tentang kebutuhan tersier, silakan kalian simak ulasannya di bawah ini.

Selain kebutuhan primer dan sekunder, masih ada kebutuhan lain yang masuk dalam daftar kebutuhan manusia yaitu kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier ini tidak sama dengan kebutuhan primer dan sekunder. Lalu apa saja kebutuhan tersier? Dan apa contoh kebutuhan Tersier? Berikut penjelasan kebutuhan tersier.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Tersier merupakan suatu kebutuhan yang digunakan untuk meningkatkan harga diri atau prestise seseorang, sehingga kebutuhan tersier sering disebut juga dengan kebutuhan mewah. atau bahkan juga sebagai Kebutuhan tertinggi.

Kebutuhan tersier ada setelah muncul kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Jadi, ketika seseorang telah memenuhi kebutuhan tersierya, derajat dan martabatnya akan terangkat. Biasanya kebutuhan tersier hanya dapat di penuhi oleh sebagian orang yang memiliki ekonomi tinggi atau dapat disebut orang kaya.

Kebutuhan tersier tidak terlalu mempengaruhi kelangsungan hidup manusia, karena kebutuhan tersebut hanyalah kesenangan dan hiburan. Jika kebutuhan kemewahan ini tidak terpenuhi, maka manusia tidak akan mengalami kesuitan dalam menjalani kehidupannya.

Faktor Dari Kebutuhan Tersier

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier meliputi di bawah ini:

  • Tingkatkan pendapatan.
  • Tingkat pendidikan.
  • Status sosial.
  • Asosiasi.
  • Lingkungan hidup / rumah tinggal.

Contoh Dari Kebutuhan Tersier

Setelah pada bagian sebelumnya kalian sudah membahas pengertian kebutuhan tersier, sekarang kalian akan membahas beberapa contoh kebutuhan tersier karena kebutuhan sangat banyak. Nah, berikut ini contoh kebutuhan tersier, silakan kalian simak ulasannya di bawah ini.

1. Kendaraan Mewah

Kebutuhan transportasi seperti mobil dan sepeda motor memang menjadi kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi. Namun lain halnya jika yang Kalian beli adalah mobil mewah, motor gede, atau jet pribadi.

Semua alat transportasi mewah ini merupakan contoh kebutuhan tersier yang tidak terlalu berpengaruh pada kelangsungan hidup.

2. Rumah mewah

Rumah mewah juga menjadi contoh kebutuhan primer yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup dan kelayakan seseorang. Meski pun begitu, rumah mewah juga akan dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier jika berupa bangunan mewah seperti apartemen, villa, atau bangunan lainnya.

Selain dapat memberikan kenyamanan, rumah yang mewah juga dapat memberikan kesan bangga pada pemiliknya.

3. Pakaian Bermerek

Busana atau sandang memang menjadi kebutuhan primer. Dengan adanya busana dan sandang tersebut kita akan terlindungi dari terik matahari dan udara dingin. Meski begitu, baju branded atau baju branded mahal merupakan contoh kebutuhan tersier karena memiliki fungsi selain pakaian sebagai sarana peningkatan kelas sosial seseorang.

4. Investasi

Dan contoh dari kebutuhan tersirat terakhir merupakan investasi. Taukah kalian apa yang di maksud dengan investasi? Investasi merupakan suatu cara seseorang untuk menyimpan kelebihan asetnya pada suatu barang di mana barang tersebut bisa menghasilkan keuntungan suatu saat nanti.

Contoh berinvestasi adalah membeli tanah, emas, apartemen, deposito, menabung, mengikuti forex trading, dan lain sebagainya. Jika masih belum jelas, tanyakan pada guru kalian atau orang yang sudah memiliki pendidiakan tinggi apa itu investasi.

5. Perhiasan

Perhiasan seperti kalung emas, gelang emas, cincin permata, kalung mutiara, dan lain sebagainya merupakan suatu contoh kebutuhan tersier.

Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, tetapi dapat memberikan kesan mewah sehingga orang yang mempunyainya dapat memperoleh pengakuan kemampuan finasialnya daro orang-orang di sekitarnya.

6. Aksesoris

Kemewahan sama seperti halnya perhiasan, aksesoris mewah yang terdapat pada rumah seperti lukisan, guci antik, vas bunga mahal, jam tangan mahal, dan koleksi sepeda motor besar juga merupakan contoh kebutuhan tersier.

Keberadaannya tidak terlalu penting, tetapi bagi orang yang sudah memiliki stabilitas keuangan, barang-barang ini sering dibeli.

7. Perjalanan Luar Negeri

Apakah ada di antara kalian yang pernah berpergian ke luar negeri? Jika ada yang sudah pernah berpergian ke luar negeri, maka kalian termasuk kedalam keluarga kelas ekonomi atas yang kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi.

Pariwisata luar negeri adalah kebutuhan tersier yang tidak mempengaruhi keberadaan seseorang untuk hidup.

Sekian dulu pembahasan mengenai Pengertian, Faktor Serta Contoh Dari Kebutuhan Tersier secara lengkap, semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *