Pengertian, Ciri-Ciri Dan Manfaat Serta Contoh Dari Konsumsi

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Manfaat Serta Contoh Dari Konsumsi

Palembangtalk.comPengertian, Ciri-Ciri Dan Manfaat Serta Contoh Dari Konsumsi – Dalam sebuah aktivitas masyarakat yang dapat menggunakan dan mengurangi pada manfaat jasa dan barang sebagai memenuhi kebutuhan hidup.

Tujuan utama pada kegiatan konsumsi adalah merupakan memenuhi dalam kepuasan dan kebutuhan hidup. Dalam masyarakat yang masih dalam tradisional.

Nah, dalam pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan mengenai pengertian, ciri-ciri dan manfaat serta contoh dari konsumsi yang akan admin bagikan di bawah ini:

Pengertian Dari Konsumsi

Konsumsi adalah sebuah aktivitas pada manusia yang mengurangi dan menggunakan dalam kegunaan barang dan jasa untuk secara bertahap dan simultan memenuhi kebutuhan hidup dan kepuasan dari orang.

Konsumsi ialah sebuah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sebuah aktivitas dalam ekonomi manusia. Pelaku dalam sebuah kegiatan konsumsi ini disebut sebagai konsumen (organisasi dan individu), sedangkan dalam sebuah produk yang dapat di konsumsi ialah jasa atau barang yang ditawarkan dengan produsen.

Tujuan utama dalam kegiatan konsumsi manusia ialah sebagai memenuhi kepuasan dan kebutuhan hidup. Dalam kalangan masyarakat yang masih tradisional, kegiatan konsumsi umumnya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Dalam kalangan masyarakat modern, sebuah kegiatan konsumsi mereka tidak hanya berfungsi sebagai dapat melestarikan kehidupan, tetapi sebagai harga diri dan kesenangan.

Ciri – Ciri Dari Kegiatan Konsumsi

Berikut ini beberapa dari ciri-ciri atau karakteristik kegiatan konsumsi, yaitu sebagai berikut ini:

  • Produk yang di konsumsi mempunyai suatu nilai yang positif bagi kalangan manusia.
  • Objek yang dapat digunakan berulang kali atau untuk waktu yang lama. Seperti pakaian, tas, sepatu, sapu, televisi, ember, dan di rumah.
  • Objek yang luntur sekali. Seperti minuman, makanan, serta obat-obatan.
  • Produk yang digunakan (jasa dan barang) dapat dikurangi atau dapat di konsumsi.
  • Produk yang dapat di konsumsi adalah sebuah barang ekonomis yang diperoleh melalui pengorbanan, contohnya dalam membelinya.
  • Tujuannya sebagai memenuhi pada sebuah kebutuhan.
  • Kegiatan dilakukan langsung sebagai memenuhi pada sebuah kebutuhan beserta kepuasan hidup manusia.
  • Barang bekas habis atau berkurang.

Tujuan Dari Kegiatan Konsumsi

Dalam sebuah tujuan dalam kegiatan terhadap konsumsi, diantaranya ialah sebagai berikut di bawah ini:

a. Memakai Nilai Guna Barang Secara Bertahap

Tujuan orang menggunakan item atau layanan yang nilainya dalam penggunaan secara bertahap menurun ketika digunakan oleh orang-orang. Dengan kata lain, barang dan layanan ini dapat memiliki umur yang panjang, contohnya selesai komputer, mobil, meja, sepeda motor, dan lainnya.

b. Memakai Nilai Guna Suatu Barang Sekaligus

Adanya sebuah tujuan dalam menggunakan nilai suatu barang segera habis ketika digunakan dengan manusia. Misalnya, pada minuman dan makanan yang tidak tahan lama dan harus segera di konsumsi.

c. Pemenuhan Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Adanya tujuan utama dalam sebuah kegiatan pada konsumsi manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental mereka. Kebutuhan fisik seperti minum atau makan, olahraga dan lainnya. Sambil melakukan kebutuhan spiritual seperti hiburan, membaca, ibadah, buku dan lain sebagainya.

d. Memuaskan Kebutuhan Secara Fisik

Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik, seperti seseorang yang membeli produk pelangsing agar tubuh tetap langsing dan ideal, atau mengonsumsi obat-obatan sebagai dalam sebuah kecantikan, dan dapat membeli pakaian bagus untuk terlihat cantik dan elegan hingga untuk memenuhi kebutuhan fisik dengan cara langsung.

Contoh Kegiatan Konsumsi

Berikut ini beberapa contoh dari sebuah kegiatan konsumsi, di antaranya sebagai berikut di bawah ini:

  • Rara minum “berarti bahwa Rudi harus menghabiskan sebuah barang sebagai memenuhi suatu kebutuhan hidup”.
  • Acha dapat berkomunikasi dengan ponsel, yang berarti Rika menggunakan layanan operator seluler.
  • Icha turun tahta Roni pergi ke sekolah artinya dapat mengkonsumsi sebuah layanan transportasi.
  • Rina berobat dengan seorang dokter berarti ia mendapatkan sebuah perawatan kesehatan.
  • Ria membeli sabun mandi untuk memenuhi kebutuhan hidup

Dalam contoh konsumsi, ialah sebuah aktivitas manusia yang dapat menggunakan dan mengurangi pada manfaat jasa dan barang sebagai memenuhi kebutuhan hidup.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian, Ciri-Ciri Dan Manfaat Serta Contoh Dari Konsumsi. Semoga ulasan yang admin bagikan dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai, sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *