Contoh Teks Prosedur Singkat, Cek Disini

Contoh Teks Prosedur Singkat

PalembangtalkContoh Teks Prosedur Singkat, Cek Disini – Contoh teks prosedur yang sebenarnya sering kali kita lihat dan kita temukan di sekitar kita. Karena pada saat kita sedang membaca mengenai suatu petunjuk atapun penggunaan barang, membuat sesuatu hingga petunjuk tersebut dan juga langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan sesuatu.

Maka kalian belajar akan membutuhkan teks prosedur. Teks prosedur ini juga dapat disebut dengan tutorial. Teks prosedur ini juga sering disebut untuk membantu para pengguna ataupun para pembaca dalam memahami langkah langkah yang ada di dalam melakukan suatu hal dengan utur agar tidak terjadi sebuah kesalahan.

Langkah-langkah prosedur pada penggunaan dari suatu barang ataupun yang sering sekali berada di sekitar kita dan juga kita juga sering menggunakan teks prosedur ini untuk mempermudah kegiatan kita. Teks prosedur ini sangat membantu kalian tahapan prosedur yang sesuai dengan yang telah tertera di dalam teks. Teks prosedur ini memiliki 3 jenis yaitu teks prosedur singkat, teks prosedur kompleks, dan yang terakhir adalah teks prosedur protokol.

Pengertian Teks Prosedur

kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang lebih sering disingkat dengan KBBI, pengertian dari prosedur yaitu sebuah langkah–langkah dari suatu aktivitas dan juga kegiatan untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan. Sehingga teks prosedur tersebut bisa diartikan untuk teks yang berisikan langkah langkah singkat yang wajib untuk dilakukan supaya bisa melakukan tujuan yang dijelaskan di dalam teks prosedur tersebut. Untuk menulis teks prosedur tersebut hanya menggunakan 2 langkah saja.

Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur ini memiliki tujuan untuk memberikan petunjuk ataupun menjelaskan mengenai cara untuk mengerjakan sesuatu, dengan langkah yang urut. Teks tersebut dibuat supaya memudahkan para pembaca sehingga dapat mengikuti pada setiap langkah dan perintah yang ada di isi teks.

Jenis-jenis Teks prosedur

Teks prosedur ini terdiri dari beberapa jenis, sebagai berikut :

1.) Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur ini merupakan suatu prosedur yang bisa dilakukan hanya dengan 2 atau 3 langkah saja. Seperti teks prosedur untuk cara menghidupkan perangkat televisi.

2.) Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur singkat merupakan teks yang di dalamnya memiliki langkah-langkah yang lumayan banyak lumayan rumit untuk melalukan sesuatu yang dijelaskan. Seperti teks prosedur untuk mengedit foto di aplikasi android.

3.) Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur berisi suatu aksi ataupun langkah yang tidak terlalu rumit dan juga cenderung mudah untuk dipahami. Seperti teks prosedur untuk cara membuat mi instan yang dapat ditemukan di balik bungkus mi.

Baca Juga : Pengertian Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya

Struktur Teks Prosedur Singkat

Teks prosedur ini memiliki struktur pembentukannya sebagai berikut :

  1. Pada bagian tujuan yaitu bagian yang berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur dan juga hasil yang ingin dicapai.
  2. Bahan material ini merupakan bagian yang berisi informasi mengenai alat atau bahan yang dibutuhkan. Tetapi tidak semua teks prosedur ini dapat di singkat memiliki bagian ini karena terdapat beberapa teks prosedur yang singkat yang tidak mencamtumkannya.
  3. Dan berisi informasi mengenai alat atau bahan yang dibutuhkan.
  4. Terdapat beberapa teks prosedur yang tidak membutuhkan pada bagian ini, dan apabila tidak mencantumkannya juga tidak apa-apa.
  5. Terdapat beberapa langkah-langkah yang bagian berisi langkah langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Dan pada bagian ini merupakan urutan yang tidak bisa dipindahkan posisinya.

Ciri-ciri Teks Prosedur Singkat

Berikut ini ciri-ciri dari Teks Prosedur :

  1. Disusun dengan cara informatif.
  2. Memiliki sifat yang objektif.
  3. Berisi tentang langkah langkah yang ditunjukkan dengan penomoran.
  4. Mengunakan kalimat deklaratif, interogatif dan imperatif.
  5. Menggunakan kata baku.
  6. Memiliki sifat logis.
  7. Menggunakan syarat atau pilihan.

Baca Juga : Pengertian Proposisi, Jenis, dan Bentuknya

Contoh Teks Prosedur Singkat

Supaya lebih jelas, admin akan menyediahkan contoh dari teks prosedur singkat sebagai berikut :

Cara Membuat Akun Instagram

Siapa sih yang tidak tahu apliaksi insatgram, aplikasi ini adalah aplikasi media sosial yang sangat populer. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan instagra, dan cara membuatnya. Silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama silahkan kalian masuk ke playstore.
  2. Lalu kalian cari aplikasi instagram bagi kamu yang belum punya aplikasi ini.
  3. Selanjutnya silahkan kalian install aplikasinya ke hp kalian.
  4. Jika sudah berhasil terinstall maka kalian dapat membuka aplikasinya.
  5. Silahkan kalian isi data dengan lengkap yang dimulai dari nama hingga tahun lahir kamu untuk membuat akun baru.
  6. Apabila akun tersebut sudah berhasil dibuat maka kalian dapat menggunakan istagram dengan cara membagikan gambar ataupun video.
  7. Kalian juga bisa saling mengikuti teman kalian yang menggunakan instagram.

Sekian ulasan mengenai Contoh Teks Prosedur Singkat, Cek Disini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *