Covid-19 Naik, Warga Diminta Pakai Masker Bedah Bukan Kain

Covid-19 Naik, Warga Diminta Pakai Masker Bedah Bukan Kain

Palembangtalk.com Covid-19 Naik, Warga Diminta Pakai Masker Bedah Bukan Masker Kain – Sejak virus Covid-19 muncul di Indonesia dan berubah menjadi pandemi, menjaga protokol kesehatan menjadi hal yang utama dan sangat penting bagi warga Indonesia.

Salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan yaitu menggunakan masker, terutama saat kalian berada di luar rumah atau tempat umum.

Pemerintah terus mengimbau bahwa menggunakan masker menjadi hal penting untuk terus dilakukan hingga saat ini, terutama saat beberapa hari belakangan ini pertambahan kasus penularan Covid-19 sangat pesat.

Oleh karena itu, penggunaan masker yang tepat juga harus menjadi perhatian bagi kalangan masyarakat. Masker tidak boleh digunakan sembarangan atau ‘asal’. Masker yang tepat dan disarankan oleh para ahli kepada masyarakat adalah masker bedah dan bukan masker kain tiga lapis.

Baca juga: Depok dan Bekasi Catat 1.000 Kasus Covid-19, Dalam Sepekan Terakhir

“Masker kain sudah tidak dianjurkan lagi buat warga Indonesia, Dikarenakan masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya lebih terjangkau. Dan masyarakat harus menggunakan masker yang berkualitas,” terang Vaksinolog dan Spesialis Penyakit Dalam dr.┬áDirga Sakti Rambe, dalam webinar, dikutip dari Tribun.com, hari Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Tim Dokter Sebut Varian Delta, Bisa Menular Sampai Ke 8 Orang

Pada saat ini masker kain dinilai kurang melindungi seseorang dari penyebaran virus Covid-19 Meski demikian, penggunannya masih diperbolehkan jika masyarakat melapiskan masker kain dengan masker bedah agar bisa lebih terlindungi dari virus covid-19.

Penggunaan masker masih sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19. Masker medis pun terbukti masih paling efektif mengurangi penyebaran virus covid-19 jika digunakan dengan tepat.

“Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor,” pungkasnya. Dan Dr. Dirga juga mengingatkan bahwa masyarakat agar tidak melepas dan membuang masker sembarangan tempat.

Jika masyarakat melepas dan membuang masker harus dilakukan dengan benar yaitu lepas tali elastis dari telinga, jauhkan masker yang kalian gunakan tadi dari pakaian dan wajah untuk menghindari permukaan masker yang bisa saja sudah terkontaminasi oleh virus covid-19. Lipat masker bedah tersebut berbentuk segi empat.

Setelah itu, kalian buang masker yang sudah selesai kalian gunakan ke tempat sampah, kemudian kalian bersihkan tangan kalian dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih berbahan alkohol.

Kemudian kalian gunakan masker baru dan bersih. Dengan begitu masyarakat dapat terhindar dari virus covid-19 dan bisa mencegah penyebaran virus covid-19 di semua tempat.

Dan masyarakat harus menerapkan terus protokol kesehatan dimana dan kapan pun agar masyarakat indonesia lepas dari virus covid-19 yang saat ini penularannya begitu cepat dari covid-19 awal muncul di Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *