Daftar 20 Daerah Yang Berstatus Zona Merah Covid-19 Di Indonesia

Daftar 20 Daerah Yang Berstatus Zona Merah Covid-19 Di Indonesia

PalembangtalkDaftar 20 Daerah Yang Berstatus Zona Merah Covid-19 Di Indonesia – Indonesia sudah menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mencatat hingga 2 juta kasus Covid-19 pada Senin (21/6/2021). Jumlah tersebut dicapai setelah terjadinya lonjakan kasus virus corona di beberapa minggu terakhir ini. Bahkan Indonesia juga mencatat rekor kasus Covid-19 harian yang paling tertinggi pada hari Rabu (23/6/2021) sebanyak 15.308 kasus, Jadi sekarang ini total kasus nya menjadi 2.033.421 kasus.

Adanya loinjakan tersebut, Untuk kasus yang aktif pun ikut melonjak sebanyak 160.524. Dan mengakibatkan, banyak rumah sakit yang terancam kolaps karena tidak mampu untuk menampung pasien. Seiring dengan itu, maka Satgas Penanganan Covid-19 juga sudah merilis peta risiko virus corona terbaru pada periode 20 Juni 2012.

Berikut ini merupakan rincian daerah yang berstatus zona merah, dikutip dari laman covid19.go.id:

Daftar 20 Daerah Yang Berstatus Zona Merah Covid-19 Di Indonesia
  1. Sumatera Selatan : Kota Palembang
  2. Sumatera Barat :Kota Bukittinggi
  3. Kepulauan Riau : Bintan
  4. Jawa Timur : Ngawi, Ponorogo, Bangkalan
  5. Jawa Tengah : Wonogiri, Kudus, Pati, Kendal, Tegal, Semarang, Jepara
  6. DKI Jakarta : Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur
  7. DIY :Sleman, Bantul, Gunungkidul.

Ada juga beberapa indikator yang bisa digunakan untuk menghitung status zona risiko Covid-19 di Indonesia, yaitu dengan epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan juga pelayanan kesehatan.

Pengetatan PPKM Mikro

Seiring dengan adanya lonjakan pada kasus Covid-19 dan menyebarnya varian Delta, maka pemerintah akhirnya memperkuat PPKM mikro sampai tanggal 5 Juli 2021. Langkah tersebut diputuskan pada saat rapat terbatas yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan juga sejumlah menteri serta kepala lembaga terkait, Senin (21/6/2021).

“Ini akan berlaku di mulai dari besok yaitu tanggal 22 (Juni) hingga 5 Juli, untuk 2 minggu ke depan bahwa beberapa penguatan PPKM mikro nanti juga akan dituangkan ke dalam Instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri),” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Abdala Buatan Kuba Diklaim Miliki Efikasi 92 Persen

Operasional pusat perbelanjaan

Untuk Kegiatan perkantoran di zona merah juga wajib menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi 75 persen karyawan. Dan untuk kegiatan dine in atau juga makan di restoran, kafe, warung, hingga pedagang kaki 5 baik yang berdiri sendiri ataupun yang di pasar atau pusat perbelanjaan (mal) dibatasi paling banyak 25 persen.

Baca Juga : Covid-19 Bertambah Parah, Edy Rahmayadi Perpanjang PPKM Di Sumut

Sementara itu, untuk jam operasional pusat perbelanjaan dan restoran dibatasi sampai dengan pukul 8 malam. Untuk kegiatan belajar mengajar di zona merah wajib juga dilakukan secara daring. Dan untuk kegiatan ibadah, maka akan dilakukan juga penutupan sementara pada masjid, gereja, mushala, pura, dan juga tempat ibadah lainnya yang berada pada zona merah Covid-19 hibgga situasinya aman dan membaik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *