Pengertian, Ciri-ciri Berserta Faktornya Dari Populasi

Pengertian, Ciri-ciri Berserta Faktornya Dari Populasi

Palembangtalk.com Pengertian, Ciri-ciri Berserta Faktornya Dari Populasi – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri dan faktornya dari populasi di bawah ini, silahkan kalian simak ulasannya.

Pengertian Dari Populasi

Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang memiliki karakteristik dan species yang sama dalam satu wilayah geografis, dan mampu bereproduksi di antara sesama makhluk hidup tersebut. Pendapat lainnya, populasi merupakan sekumpulan mahluk hidup berpenghuni di suatu daerah, baik itu manusia, hewan, maupun, tumbuhan, yang berada pada tempat dan ruang tertentu. 

Sedangkan pengertian di dalam penelitian, populasi ialah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai karakteristik dalam jumlah tertentu untuk dipelajari dan dapat di ambil kesimpulannya.

Dari penjelasan di atas dapat kalian simpulan bahwa pengertian populasi adalah suatu himpunan objek (manusia, mahluk hidup lainnya, gejala, benda atau peristiwa) yang memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang sama dan berada di tempat yang sama.

Ciri-Ciri Atau Karakteristik Dari Populasi

Populasi memiliki karakteristik atau ciri-ciri, sebagai berikut di bawah ini ciri dari populasi yag dimaksud ialah biologi dan statistik. Berikut ini penjelasanya dari ciri-ciri populasinya:

  1. Lingkup Biologi

Lingkup biologi Ini bawah ini ciri-ciri populasi yang terdapat pada sekumpulan individu yang membangun suatu populasi, diantaranya sebagai berikut.

  • Terdapat organisasi dan struktur organisasi yang bersifat konstan maupun yang fluktuasi sesuai waktu.
  • Memiliki sejarah kehidupan (ontogenetik) contohnya seperti dari lahir, tumbuh, berdiferensiasi, menjadi tua, dan mati.
  • Terpengaruh oleh dampak lingkungan dan merespon perubahan lingkungan.
  • Terdapat hereditas di dalam populasi tersebut
  • Terintegrasi dengan berbagai faktor genetik dan ekologi ( kemampuan beradaptasi, bereproduksi, dan persistensi ).
  1. Lingkup Statistik

Lingkup statistik merupakan ciri-ciri dari kelompok ialah hasil penggabungan berbagai karakteristik dari individu di dalam populasi, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Ukuran besarnya atau kepadatan suatu populasi termasuk berbagai parameter utama dipengaruhi oleh proses kelahiran dan kematian dalam makhluk hidup.
  • Sebaran,dari populasi dipengaruhi oleh persebaran suatu objek tertentu, kondisi iklim dan cuaca, struktur, dan umur objek tersebut.
  • Populasi juga dapat mempengaruhi komposisi genetik
  • Terdapat dispersi, yaitu sebaran individu intra populasi.

Faktor yang Mempengaruhi Dari Populasi

Perubahan jumlah populasi yang terjadi biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mengacu pada pengertian populasi, adapun beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Natalitas

Yaitu  kemampuan suatu populasi untuk meningkatkan jumlahnya dengan bereproduksi. Pada umumnya, natalitasi dinyatakan dalam bentuk angka jumlah kelahiran individu baru dibagi dengan waktu.

Dalam suatu populasi terdapat dua jenis natalitas, yaitu sebagai berikut di bawah ini

  1. Natalitas maksimum, yaitu angka kelahiran atau reproduksi maksimum dalam keadaan yang ideal dimana faktor fisiologis diabaikan.
  2. Natalitas ekologi, yaitu angka kelahiran atau pertambahan populasi karena kondisi lingkungan yang spesifik.
  3. Mortalitas

Yaitu  tingkat angka kematian individu di dalam suatu populasi dalam jangka waktu tertentu. Mortalitas dapat dibagi dua, diantaranya sebagai berikut ;

  1. Mortalitas ekologi, yaitu angka kematian individu dalam populasi karena kondisi lingkungan tertentu.
  2. Mortalitas minimum, yaitu angka kematian individu dalam lingkungan yang ideal, atau kematian karena usia tua atau habis limit.
  3. Densitas

Yaitu tingkat kepadatan populasi yang berhubungan dengan satuan ruang atau area. Contohnya, suatu tambah udang menghasilkan 2 ton udang per hektar.

Kepadatan populasi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut di bawah ini:

  1. Kerapatan kasar, yaitu jumlah kepadatan populasi per satuan ruang total.
  2. Kerapatan ekologi, yaitu jumlah kepadatan per satuan ruang habitat.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri dan faktornya dari populasi, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *