Dinas Pertamanan DKI Membantah Angkut Jenazah Covid-19 Pakai Truk

Dinas Pertamanan DKI Membantah Angkut Jenazah Covid-19 Pakai Truk

Palembangtalk.comDinas Pertamanan DKI Membantah Angkut Jenazah Covid Pakai Truk – Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta┬ámembantah penggunaan truk untuk mengangkut jenazah yang akan dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Informasi soal pengangkutan menggunakan truk itu sebelumnya disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Edi Sumantri.

“Tidak ada mengakut menggunakan truk. Hari ini saja sudah kami tangani jenazah covid-19 dengan menggunakan ambulans dan sudah tuntas dan tidak ada lagi,” ujar Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati saat dihubungi, hari Rabu (23/6) malam.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Abdala Buatan Kuba Diklaim Miliki Efikasi 92 Persen

Jenazah covid-19

Suzi mengatakan pengangkutan jenazah menggunakan truk baru sebatas simulasi atau bahan percobaan saja. Dan Pihaknya masih mengevaluasi mengakut jenazah covid-19 dengan menggunakan truk untuk mengantisipasi petambahan jenazah covid-19.

“Kita melakukan beberapa proses pengangkutan menggunakan truk, dan harus kita evaluasi bagaimana caranya nanti mengantisipasi kejadian meningkatnya jenazah covid-19 yang harus di angkut pihaknya. Nah ini kan baru simulasi, belum ada kita ke arah sana saat ini,” ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan hal yang sama. Ia mengatakan belum ada pengangkutan jenazah covid-19 menggunakan truk untuk saat ini dan ia mengatakan itu hanya sebagai simulasi yang di buat pihaknya.

Baca juga: Covid-19 Bertambah Parah, Edy Rahmayadi Perpanjang PPKM Di Sumut

pengangkutan jenazah Covid-19 dengan truk

“Jangan sampai salah, belum ada pengangkutan jenazah Covid-19 dengan truk. Semua jenazah Covid-19 diantar dengan ambulans, saya meyakini insya allah sekali pun angka kematian per harinya cukup tinggi,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Edi Sumantri, dalam rapat dengan Komisi C DPRD DKI Jakarta sebelumnya menyebut Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menggunakan truk untuk mengangkut jenazah yang akan dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Awalnya, Edi menjelaskan soal serapan anggaran belanja tidak terduga (BTT) di Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Serapan itu salah satunya untuk peti jenazah Covid-19.

“Untuk peti jenazah covid-19, saya informasikan kemarin saja sampai jam 6 sore, sudah 146 orang yang meninggal, gelombang 1 tertinggi itu 75 orang, gelombang satu tahun lalu tahun, tahun ini baru jam 6 (sore) sudah 146 orang,” ujar Edi saat memaparkannya.

Baca juga: Update Corona Tanggal 23 Juni, 5 Negara Kasus Tertinggi

Dengan kondisi itu, pihak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota mengatakan kewalahan untuk menguburkan para jenazah, sehingga jenazah covid-19 yang belum dimakamkan ditempatkan di puskesmas untuk sementara waktu.

“Hari ini akan diangkut karena ambulans tidak mungkin lagi memuat jenazah covid-19, dengan menggunakan truk dengan kapasitas satu truk delapan peti jenazah covid-19, dan hanya satu tempat yang tersedia di (TPU) Rorotan saja makanya ini,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *