Pengertian Hak dan Kewajiban Dari Tenaga Kerja, Cek Disini

Pengertian Hak dan Kewajiban Dari Tenaga Kerja, Cek Disini

Palembangtalk.comPengertian Hak dan Kewajiban Dari Tenaga Kerja, Cek Disini – Pada saat ini kalian yang sudah tamat sekolah dan akan mencari kerja, maka kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu hak dan kewajiban dari Tenaga kerja agar kalian tidak salah dalam hal bekerja.

Dan Hak dan kewajiban Tenaga kerja itu harus seimbang tidak boleh ada yang berkurang dan tidak boleh berlebih semua harus pas sesuai dengan tempatnya. Untuk itu silahkan kalian ikuti ulasan yang akan admin bagikan penjelasan mengenai hak dan kewajiban di bawah ini.

Hak dan Kewajiban Dari Tenaga Kerja

Ketika kalian akan berkerja dan juga setiap pemilik perusahaan atau usaha harus mengetahui hak dan kewajiban tenaga kerja. Agar setiap pekerja mendapatkan hak-haknya pada saat mereka bekerja Didalam suatu perusahaan dan usaha. Dan pastinya segala pihak harus mengetahui apa saja kewajiban yang wajib dipenuhi oleh para karyawan-nya.

Sebab hak dan kewajiban adalah satu kesatuan yang tidak dapat dilepas begitu saja, sebab itu syarat yang paling utama yang harus dimengerti sebelum kalian berkerja atau ingin menjalankan suatu perusahaan atau suatu tempat usaha.

Berikut di bawah ini pengertian dari hak dan kewajiban tenaga kerja yang wajib kalian ketahui di bawah ini.

Pengertian Hak dan Kewajiban Dari Tenaga Kerja

Hak dan kewajiban tenaga kerja adalah suatu hal yang sangat penting, dan hal paling utama ketika kalian ingin menjalankan suatu bisnis. Sebab tanpa adanya hak dan kewajiban yang jelas, maka kegiatan bisnis suatu perusahaan tidak akan berjalan dengan baik dan benar. Bahkan dapat dikatakan tanpa memperhatikan hal ini suatu perusahaan atau tempat usaha akan cepat bangkrut atau gulung tikar.

Nah, berikut ini admin akan memberikan penjelasan tentang suatu hak dan kewajiban tenaga kerja yang harus kalian pahami dengan baik oleh pihak perusahaan mau pun pihak pekerja atau karyawan.

Hak Dari Tenaga Kerja

Hal yang admin bahas adalah mengenai hak tenaga kerja. Poin ini sudah disediakan di dalam pasal 3, 4, 6, 9 dan pasal 11 pada Undang – Undang No 14 Tahun 1969. Undang – Undang ini suatu penjelasan pokok yang dapat digunakan untuk menjelaskan mengenai hak hak apa saja yang harus kalian dapatkan bagi para tenaga kerja.

Dan berikut ini ulasan mengenai hak – hak yang wajib diperoleh oleh tenaga kerja :

  1. Setiap tenaga kerja memiliki hak atas pekerjaan serta penghasilan yang layak. Bagi kemanusiaan. Sebagai salah satu tujuan yang sangat penting yang berdasarkan dari masyarakat Pancasila. Yaitu adalah dengan memberikan kesempatan untuk setiap tenaga kerja agar dapat memperoleh pekerjaan. Dan tentunya penghasilan yang dapat memberikan kesejahteraan bagi para pekerja dan keluarganya. Penjelasan ini dijelaskan pada pasal 27 ayat (2) UUD 1945.
  2. Setiap tenaga kerja berhak memilih atau pun berpindah pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya.
  3. Selain itu setiap tenaga kerja juga berhak untuk mendapatkan jaminan hidup yang layak. Untuk mereka yang menginginkan kepuasan dari pelaksanaan pekerjaan yang disukainya. Agar bisa melakukan pekerjaan sebaik mungkin mungkin. Hingga bisa mendapatkan penghargaan.
  4. Tenaga kerja memiliki hak atas pembinaan keahlian yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini tentu saja dilakukan guna mendapatkan dan juga menambah keterampilan kerja serta keahlian para tenaga kerja. Hal ini pastinya akan membuat potensi serta daya kreatifitas tenaga kerja menjadi lebih berkembang. Karena hal ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan bimbingan dan meningkatkan sumber daya manusia di negeri ini.
  5. Setiap tenaga kerja berhak untuk mendapatkan perlindungan. Perlindungan ini pun meliputi kesehatan, keselamatan, kesusilaan hingga pemeliharaan moril kerja. Dan juga mendapatkan perlakukan yang sesuai dengan martabat manusia di mata moral dan agama.
  6. Tenaga kerja wajib mendapatkan keamanan di dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Dan di dalam rangka untuk meningkatkan produksi. Serta produktivitas nasional, sehingga di sini tenaga kerja wajib untuk dilindungi dari berbagai macam masalah yang ada di sekitarnya. Yang pastinya masalah ini dapat mengganggu pelaksanaan kerja.
  7. Setiap tenaga kerja memiliki hak untuk mendirikan. Mau pun ikut menjadi anggota dari perserikatan tenaga kerja. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi dan juga memperjuangkan segala kepentingan yang dimiliki oleh tenaga kerja.

Pihak pemerintah sendiri harus turun tangan untuk menghadapi masalah ini. Pemerintah juga wajib untuk menjalankan penyebaran tenaga kerja baik menurut pekerjaan di sektor kegiatan atau pun geografis.

Artinya pemerintah harus dapat mengambil segala tindakan yang bertujuan untuk membantu dan juga mempermudah tenaga kerja untuk melakukan penyesuaian yang dibutuhkan oleh tenaga kerja. Karena hal ini juga merupakan kepentingan bagi bangsa dan Negara. Yang tertuju pada penyebaran dan pemerataan hak-hak tenaga kerja yang seimbang.

Setelah kalian mengetahui hak-hak tenaga kerja kalian harius mengetahui apa saja kewajiban tenaga kerja yang dapat kalian ketahui di bawah ini.

Kewajiban Dari Tenaga Kerja

Setelah kalian mengetahui hak-hak, kalian juga harus mengetahui juga kewajiban dari tenaga kerja yang telah di rangkum di dalam KUHP Perdata mengenai ketentuan dan kewajiban buruh dan tenaga kerja yang telah diatur didalam pasal 1603, 1603a, 1630b sampai 1603c.

Di dalam KUHP Perdata ini telah merangkum inti mengenai kewajiban tenaga kerja sebagai berikut di bawah ini.

  1. Para tenaga kerja atau buruh wajib untuk melaksanakan dan melakukan pekerjaannya yang merupakan tugas utama dari seorang pekerja atau karyawan. Dan pekerjaan tersebut pun harus dilakukan sendiri tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Walaupun pekerjaan tersebut dapat diwakilkan namun hal tersebut harus mendapatkan izin dari pihak perusahaan.
  2. Para pekerja atau buruh wajib untuk menaati seluruh aturan yang diberlakukan oleh perusahaan. Selain itu para pekerja juga harus menaati segala intruksi yang diberikan oleh atasannya.
  3. Para pekerja wajib membayar ganti rugi atau denda apabila melakukan kesalahan atau melanggar perintah. Dan hal ini sudah disepakati oleh pekerja dan pemilik perusahaan.
  4. Apabila para pekerja atau buruh melakukan perbuatan yang membuat perusahaan menjadi rugi. Baik dilakukan secara tidak sengaja mau pun secara sengaja, maka wajib hukumnya bagi pekerja tersebut untuk membayar ganti rugi atau denda.

Segala pasal yang tercantum di atas merupakan salah satu upaya yang diberikan oleh pihak perusahaan untuk para pekerja. Agar para pekerja atau karyawan dapat menaati aturan-aturan yang sudah dibuat oleh perusahaan dan disepakati oleh keduanya.

Nah, sekarang kalian sudah paham bukan apa saja hak dan kewajiban tenaga kerja. Didalam ulasan ini kalian harus tahu bahwa setiap tenaga kerja tidak harus memperhatikan hak-hak saja. Namun kalian harus menyadari apa kewajiban sebagai pekerja dan karyawan dalam suatu perusahaan dan tempat usaha.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Hak dan Kewajiban Tenaga Kerja, Cek Disini. Semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *