Pengertian, Berserta Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital

Pengertian, Berserta Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital

Palembangtalk.comPengertian, Berserta Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai huruf kapital yang dalam hal ini mencangkup seperti pengertian dan tata cara penggunaan Huruf kapital dalam setiap kalimat. Nah agar kalian bisa lebih memahami dan mengerti. Silahkan kalian simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Dari Huruf Kapital

Huruf kapital adalah huruf besar yang di pakai sebagai huruf pertama dari semua kata( termasuk semua unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, majalah, surat kabar, dan makalah, kecuali kata tugas seperti Di, Ke, Dari, Dan, Untuk, yang tidak terletak pada posisi awal.

Pengertian Dari Huruf Kapital Menurut Para Ahli

Apa itu huruf kapital?, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  huruf kapital atau huruf besar adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dari dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan lain sebagainya, Contohnya seperti A, B, C, D, E. Penggunaan huruf kapital harus sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.

Namun ada beberapa huruf yang bentuk huruf kapital atau huruf besarnya yang hampir sama dengan huruf kecil contohnya seperti “ S “ dan s “, “ P “ dan “ p “ atau pun“ K “ dan “ k “.

Jika diperhatikan bentuk dari huruf kapital dan huruf kecilnya sama saja namun jika diperhatikan dengan seksama tetap saja memiliki perbedaan dari huruf kapital. Yaitu ukuran dari huruf kapital lebih besar dan bentuknya pun lebih tegas jika dibandingkan dengan huruf kecilnya.

Huruf kapital atau huruf besar ini sendiri biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama di dalam sebuah kalimat, huruf pertama dari nama atau huruf pertama dari nama kota dan lain sebagainya.

Fungsi Dari Huruf Kapital Sesuai EYD

Huruf kapital sendiri memiliki fungsi sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan, berikut ini adalah fungsinya sebagai berikut ini:

1.) Sebagai huruf pertama di awal kalimat.

2.) Sebagai huruf pertama pada awal kalimat setelah penggunaan petikan langsung

3.) Sebagai huruf awal untuk menyebutkan kata Tuhan, agama, sampai kitab suci.

4.) Sebagai huruf pertama untuk menuliskan nama gelar yang disertai dengan nama seseorang.

5.) Sebagai huruf awal pada penulisan nama jabatan atau pun pangkat yang disertai dengan nama atau instansi atau tempat.

6.) Sebagai huruf pertama untuk menuliskan nama sebuah bangsa, bahasa sampai nama suku bangsa.

7.) Sebagai huruf pertama untuk menuliskan nama hari, bulan, tahun termasuk juga menuliskan hari besar.

8.) Sebagai huruf pertama untuk menuliskan nama peristiwa penting dalam sejarah.

9.) Sebagai huruf pertama untuk menuliskan nama geografi.

10.) Sebagai huruf pertama menuliskan nama khas atau asal daerah.

Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital dan Contohnya

Pengguna huruf kapital atau huruf besar ini turut diatur di dalam penulisan Bahasa Indonesia. Dan ada beberapa aturan dari penggunaan huruf kapital yang telah dijadikan sebagai pengetahuan umum sehingga wajib untuk diketahui atau dipelajari.

Contohnya seperti pada awal kata dari setiap kalimat harus menggunakan huruf kapital. Selain itu di dalam penggunaan huruf kapital ini tidak hanya terdapat pada suatu konteks setiap kalimat tersebut. Namun ada beberapa konteks penulisan yang jarang menjadi fokus perhatian di dalam penulisan.

Maka dari itu admin akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara penggunaan huruf kapital yang baik dan benar.

Berikut ini adalah tata cara penggunaan huruf kapital, sebagai berikut ini:

1.) Sebagai huruf pertama pada ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan termasuk ke dalam kata gantinya dan kitab suci seperti : Allah, Maha Esa, rahmat – Nya, Al’Quran dan lain sebagainya.

2.) Sebagai huruf pertama dalam sebuah nama gelar atau suatu kehormatan, keturunan, bangsawan dan keagamaan yang diikuti dengan nama orang, contohnya seperti berikut ini: Sultan Hasanuddin, Haji Syafi’i, Imam Malik dan lain sebagainya.

3.) Sebagai huruf pertama pada setiap nama jabatan dan nama pangkat yang diikuti dengan nama orang, instansi dan nama tempat, contohnya seperti : Doktor Rendy, Bupati Banyuwangi, Menteri Olahraga dan Pemuda.

4.) Sebagai huruf pertama pada unsur-unsur nama orang contohnya seperti : Khadijah, Ustman dan lainnya.

5.) Sebagai huruf pertama dari nama hari, bulan, tahun, hari raya dan peristiwa bersejarah, contohnya seperti : Senin, Juli, Hari Raya Idul Fitri.

6.) Sebagai huruf pertama untuk menyebut nama bangsa, bahasa dan suku, contohnya seperti berikut ini: Indonesia, suku Badui, bahasa Inggris.

7.) Sebagai huruf pertama untuk semua nama geografi contohnya seperti berikut ini, Selat Bali, Laut Jawa, Samudra Atlantik, Gunung Ijen.

8.) Sebagai huruf pertama nama Negara, lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan dan juga dokumen resmi contohnya seperti berikut ini : undang undang Pendidikan, Keputusan Presiden, Mahkamah Agung, dan Republik Indonesia.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan, bagaimana cara menggunakan huruf kapital dengan benar serta pengertian dari huruf kapital. Sehingga huruf kapital tidak hanya huruf yang memiliki bentuk besar saja ya namun ada fungsi dan kegunaan di dalam sebuah kalimat

Demikianlah ulasan yang admin bagikan mengenai Pengertian, Berserta Tata Cara Penggunaan Huruf Kapital, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang telah membaca ulasan ini sampai selesai. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *