Jelang Bulan Ramadhan Bahan Pokok Naik Drastis

Jelang Bulan Ramadhan, Bahan Pokok Naik Drastis

palembangtalk Jelang Bulan Ramadhan Bahan Pokok Naik Drastis – Halo sobat palembangtalk, kembali lagi dengan admin nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Jelang Bulan Ramadhan Bahan Pokok Naik Drastis

Dua pekan menjelang Lebaran ternyata membawa berkah bagi para pedagang. Pasalnya, sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk membeli baju baru atau alat ibadah baru untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Abdullah, harga bahan pangan yang meningkat dan cukup mencolok dalam 1-2 hari ini yakni daging ayam, daging sapi dan minyak goreng.

Dia mengatakan, saat ini harga rata-rata daging ayam bisa mencapai Rp 38.000 hingga Rp 40.000 per ekor, daging sapi sekitar Rp 130.000 hingga Rp 131.000 per kg, dan minyak goreng sekitar Rp 14.300 per kg. “Ini terus naik ritmenya.

Permintaan juga sudah mulai terlihat tinggi. Secara nasional sekitar 10 persen kenaikannya per hari ini, Ini akan kita pantau terus,” ujar Abdullah kepada Kontan, Kamis (8/4/2021).

Namun untuk beberapa komoditas seperti sayur mayur, menurutnya kenaikan harga tidak begitu tinggi, apalagi sudah mulai memasuki musim panas. Namun, di beberapa titik yang masih musim penghujan, apalagi banjir, pasti berdampak.

“Yang masih naik tinggi harga cabai rawit (jadi) Rp 90 ribu, normalnya Rp 35 ribu, naik 80% dari normal. Belum lagi untuk cabai yang lain,” katanya lagi.

Menurutnya, kenaikan harga ini masih akan terus terjadi hingga sepekan saat awal Ramadhan. Setelah itu, harga-harga akan kembali normal, dan mulai kembali naik saat lima hari sebelum lebaran. Hal ini karena persiapan lebaran, masyarakat berbelanja dengan kapasitas besar dan stok di rumah.

“Imbauan kami, jangan stok barang di rumah karena berbahaya kepada harga pasokan,” pesannya.

Merujuk pada situs resmi Informasi Pangan Jakarta, beberapa komoditas memang terpantau merah alias mengalami kenaikan per 11 April dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Harga beras per kilogramnya untuk jenis IR 64 naik Rp 208 menjadi Rp 11.716 per kilogram. Harga minyak goreng curah naik Rp 98 menjadi Rp 14.194 per kg. Sementara harga telur ayam ras naik Rp 451 menjadi Rp 24.291 per kilogram. Kemudian harga ayam broiler naik Rp 826 menjadi Rp 41.485 per kg.

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat yang dapat admin bagikan buat sobat kali ini mengenai Jelang Bulan Ramadhan Bahan Pokok Naik Drastis. Semoga dapat bermanfaat buat sobat yang sudah membaca ulasan ini hingga selesai ya. Dan jangan lupa ikuti terus ulasan – ulasan terbaru yang akan admin bagikan ya.

Baca juga :
1. Terjadi Nya Covid-19, India Adakan Kremasi Massal
2. Suami Dinyatakan Covid-19, Kartika Putri Langsung Sigap Tes Semua Orang yang Tinggal di Rumahnya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *