Pengertian Kalimat Analogi Beserta Contohnya

Kalimat Analogi

palembangtalkPengertian Kalimat Analogi Beserta Contohnya – Kali ini Admin akan membahas mengenai Pengertian Kalimat Analogi Beserta Contohnya. Untuk kalian yang pernah mendengar kata analogi, namun kalian tidak tahu bahwa kata analogi tersebut sering ditemukan di kehidupan sehari. Untuk itu admin akan menjelaskan Apa itu Kalimat analogi dan admin akan memberikan beberapa contohnya.

Pengertian Kalimat Analogi

Kalimat Analogi adalah kalimat perumpaan yang mengungkapkan sebuah maksud. Ada dua Kalimat analogi yaitu sebuah kalimat perumpamaan atau kiasan untuk mengungkapkan sebuah maksud. Terdapat dua perbandingan pada kalimat yang berhubungan sebagai perumpamaan kalimat satu dan lainnya. Tapi dalam satu kesimpulan yang sama. Salah satu kalimat ditulis dengan kata kiasan dan kalimat berikutnya sebagai penjelasan. perbandingan dua kalimat sangat seimbang dan merupakan persamaan yang di miliki antara dua kalimat tersebut.

Baca juga : Kalimat Pengandaian, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Pengertian Kalimat Analogi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBIl)

Kalimat Analogi yaitu dapat di artikan sebagai adanya persamaan atau persesuaian antara dua hal atau benda atau bentuk yang berlawanan. Secara umum menurut KBBI untuk memahaminya beberapa ahli mengungkapkan kalimat Analogi sebagai berikut :

  1. Syarkawi Dhofir
    Analogi yaitu sebuah kesimpulan dari hasil percobaan yang satu dan dengan yang lainnya yang menjadi sebuah usaha analogi.
  2. Ferdinand de Saussure
    Buku Course de Linguistique Generale Ferdinand de Saussure mengungkapkan analogi yaitu bentuk tiruan dari satu bentuk ke bentuk lainnya dengan syarat bentuk tiruan harus sama dan sesuai dengan yang ditiru.
  3. Dr. Ibrahim Anis
    Dia menyatakan yang di maksud analogi yaitu mengubah bentuk suatu hal atau benda dari yang tidak diketahui menjadi yang diketahuinya.
  4. Mundiri
    Analogi yaitu suatu fenomena menuju fenomena ke berikutnya yang memiliki jenis yang sama, dan nanti kedua fenomena tersebut akan menjadi sebuah kesimpulan yang diperoleh.
  5. Louis Kattsef
    Analogi yaitu suatu usaha demi mencapai kesimpulan dengan mengganti dengan apa yang anda coba dengan suatu yang sama dengan hal tersebut. Akan ada suatu kesimpulan yang akan menjadi jawaban antara percobaan pertama dan kedua.

Contoh Kalimat Analogi

  1. Berada di tempat berasa berada di pantai
    Yang berarti pada kalimat ini menjelaskan keadaan tempat yang suasana nya tidak jauh dari ramai pantai.
  2. Kehidupan berputar seperti roda.
    Di jelaskan bahwa kehidupan sama hal nya seperti roda yang selalu berubah, tidak selama nya yang di bawah terus di bawah dan tidak selama nya di atas selalu di atas, mereka terus berputar bergantian seiring waktu.
  3. Ia terlalu nurut bagai babu dicucuk hidungnya.
    Terlalu nurut kata seseorang menggambarkan perilaku seseorang yang terlalu nurut seperti seekor babu dengan tuannya.
  4. Aku dengannya bagaikan air dan tanah.
    Jarak antara satu dengan yang lain sangat jauh dan kemungkinan sulit untuk di gapai.
  5. Tubuhnya gemuk bagaikan batu.
    Pada kalimat tersebut di analogikan dengan batu karena batu selalu di dengar pada kehidupan sehari hari dan dapat langsung terbayangkan apa arti dari maksud kalimat tersebut.
  6. Belajar matematika seperti mencari jarum dalam jerami.
    Yang dimaksudkan tersebut yaitu memikirkan matematika akan pasti pusing dan menguasai akan terlihat mustahil, tapi jika mau berusaha bersungguh sungguh, teliti dan tekun bukan mustahil jika dilakukan dengan penuh semangat.
  7. Gosip sekarang cepat menyebar seperti racun.
    Maksud tersebut yaitu pada jaman sekarang gosip sering terjadi setiap hari di kalangan masyarakat tanpa tau darimana sumber atau info nya seperti racun kadang tidak tau yang pasti berbahaya. Sebelum menerima gosip harus di cari tahu kebenarannya.
  8. Tak perlu bersedih, Putus satu tumbuh seribu
    Maksud tersebut yaitu putus cinta memang menyedihkan dan apa lagi setiap hari sudah bersama sama. Tapi jangan putus asa dikarenakan lelaki dan perempuan bukan dia saja ada di bumi ini. Jangan terlalu larut dalam kesedihan karena siapa tahu akan datang yang lebih baik atau sudah ada yang menunggu kita di luar sana tanpa kita disadari.
  9. Gaya bicara bagai selang air bocor
    Gaya bicara yang di diartikan bicara tanpa berhenti seperti selang air bocor dirumah, mengalir terus menerus tanpa berhenti sedikit pun.

Baca juga : Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan

Itulah iformasi pembelajaran mengenai Pengertian Kalimat Analogi Beserta Contohnya yang sudah Admin bagikan. Semoga dengan adanya ulasan pembelajaran kalimat analogi dapat bermanfaat ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *