Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, Beserta Ciri-Cirinya

Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, Beserta Ciri-Cirinya

Palembangtalk.com – Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, Beserta Ciri-Cirinya – Hallo, kembali lagi bersama Mimin, kali ini Mimin akan membahas mengenai Kalimat Deklaratif, mulai dari pengertian, fungsi, berserta dengan ciri – cirinya. Tentunya Mimin akan membahasnya secara detail dan rinci yang mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian sebagai pembaca setianya Mimin.

Jadi, kalimat Deklaratif adalah salah satu dimana gabungan dari beberapa kata untuk mengekspresikan sebuah maksud tertentu yang akan disampaika. Pada kesempatan kali ini Mimin akan memberikan ulasan mengenai kalimat deklaratif secara lengkap, yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, Beserta Ciri-Cirinya

Dimana kalimat deklaratif adalah salah satu dimana dalam sebuah kalimat yang memiliki isi yang memiliki tujuan untuk memberitakan suatu tentang peristiwa kepada orang lain atau lawan bicara yang dilakukan. Umumnya, hal ini diberitakan dalam pengungkapan peristiwa atau dalam suatu kejadian.

Jadi, kalimat seperti ini biasanya dapat disebut sebagai kalimat berita. Dimana di pengertian lain dari kalimat deklaratif adalah merupakan salah satu sebuah kalimat yang isinya pernyataan dan sifatnya fakta atau pendapat/opini secara belaka.

Dan kalimat deklaratif juga adalah sebuah kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena paling sederhana. Dan hanya memiliki dalam satu subjek dan predikat serta biasanya diakhiri tanda titik.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Teks Diskusi, Baca Disini

Fungsi Kalimat Deklaratif

Jadi, fungsi dari Kalimat Deklaratif ini ialah untuk memberikan suatu informasi, kejadian atau berita. Dalam kalimat ini membutuhkan respon atau tanggapan dari pembaca yang sudah mengetahui suatu informasi tersebut. Kalimat ini juga tidak termasuk dalam kalimat perintah, kalimat tanya atau bahkan kalimat permintaan.

Ciri-ciri Kalimat Deklaratif

Perlu kalian ketahui, bahwa susunan kalimat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kalimat – kalimat lain. Akan tetapi, untuk membedakan kalimat ini dengan kalimat lainnya. Dapat di lihat dari beberapa ciri – ciri di bawah ini.

1.) Dimana intonasi kalimat deklaratif bersifat netral dan tidak menonjolkan dalam bagian tertentu.

2.) Dalam suatu bagian dari kalimat berita atau suatu kalimat deklaratif yang bisa dijadikan inti pada suatu pembicaraan.

3.) Yang mana kalimat deklaratif ini memiliki ciri-ciri bisa diletakkan di awal kalimat atau pun akhir kalimat.

Baca juga : Pengertian, Faktor Serta Contoh Dari Kebutuhan Tersier

Macam-Macam Kalimat Deklaratif

1.) Kalimat Deklaratif Aktif

Kalimat deklaratif aktif adalah salah satu sebuah kalimat berita dengan subjek yang melakukan sebuah tindakan pada objek yang ada dalam kalimat. Nah, perlu kalian ketahui. Bahwa kalimat Deklaratif Aktif ini dibagi menjadi dua jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

a) Kalimat Deklaratif Aktif Transitif

Kalimat Deklaratif Aktif Transitif terdapat memiliki unsur objek di dalamnya dan mempunyai predikat dengan imbuhan me -. Kalimat ini dapat diubah dalam bentuk aktif dan pasif.

b) Kalimat Deklaratif Aktif Intransitif

Dimana dalam Kalimat Deklaratif Aktif Intransitif ini harus memiliki unsur objek di dalamnya dan dengan menggunakan pola S-P, S-P-K, atau S-P-Pel. Dan biasanya predikat yang digunakan dalam kalimat ini berimbuhan awali dengan ber-.

2.) Kalimat Deklaratif Pasif

Kalimat ini merupakan salah satu sebuah kalimat berita yang mana subjek menjadi penerima tindakan dari objek. Nah, kalimat ini pun dibagi menjadi dua, diantaranya adalah.

a) Kalimat Deklaratif Pasif Biasa

Kalimat ini adalah salah satu dimana dalam kalimat berita aktif yang diubah menjadi bentuk pasif dengan predikat yang biasanya menggunakan imbuhan di-, ke-an dan ter-

b) Kalimat Deklaratif Pasif Zero

Kalimat Deklaratif Pasif Zero merupakan salah satu sebuah kalimat dengan predikat yang menggunakan akhiran –an dan objek pada kalimat ini biasanya membutuhkan sisipan dari kata lain.

3.) Kalimat Deklaratif Inversi

Di mana dalam kalimat yang satu ini merupakan kalimat berita dengan predikat yang ada di depan subjek atau posisi predikat mendahului subjek.

4.) Kalimat Deklaratif Langsung

Kalim Kalimat Deklaratif Langsung ialah sebuah kalimat berita yang dikutip sama persis dengan yang disampaikan oleh subjek atau narasumbernya. Dengan ciri utama dari kalimat ini adalah penggunaan tanda petik sebelum dan sesudah kalimat.

5.) Kalimat Deklaratif Tidak Langsung

Terakhir dalam kalimat ini merupakan kalimat berita dengan tujuan untuk memberikan laporan ucapan mau pun perkataan dari orang lain.

Baca juga : Konjungsi Temporal, Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsinya

Nah, mungkin cukup sekian dulu penjelasan yang dapat Mimin bagiaka pada kesempatan kali ini mengenai Kalimat Deklaratif, Pengertian, Fungsi, Beserta Ciri-Cirinya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel Palembangtalk.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *