Kalimat Sufiks, Pengertian Sufiks Beserta Contohnya

kalimat sufiks

Palembangtalk.com – Kalimat Sufiks, Pengertian Sufiks Beserta Contohnya – Dalam pelajaran bahasa indonesia, kalian pasti pernah mendengar mengenai pengertian imbuhan prefiks, sufiks, infiks. Nah, namun pada pertemuan kali ini Mimin akan membahas mengenai kalimat Sufiks.

Jika kita berbicara mengenai kata imbuhan, terdapat beberapa macam imbuhan yang dikenal diantaranya adalah awalan atau prefiks, akhir dan atau sufiks, sisipan atau infiks dan awalan & akhiran atau konfiks.

Jadi, Sufiks sendiri adalah salah satu sebuah imbuhan dalam suatu kata yang posisinya berada di belakang atau pun di akhir dari kata tersebut. Perlu kalian kalian ketahui makna pada kata berimbuhan ini sendiri berbeda dengan kata dasarnya.

Salah satu contohnya adalah Tiduran. Kata dasarnya adalah ” Tidur ” yang diberi imbuhan ‘-an’. Arti kata tidur itu sendiri cenderung pada bentuk kerja dan sudah diberi dengan kata sufiks ‘-an’ menjadi salah satu kata benda.

Baca juga : Pengertian Homofon Dan Contohnya, Cek Disini Penjelasannya

Macam Macam Sufiks

Kalimat Sufiks, Pengertian Sufiks Beserta Contohnya

Berikut ini merupakan macam – macam yang terdapat dalam sufiks, kata yang terbentuk akibat mendapatkan sufiks ini sendiri ada yang membentuk seperti kata sifat, kata kerja mau pun kata benda yang digunakan. Supaya lebih jelasnya maka kalian bisa simak di bawah ini.

  1. Sufiks -an

Penambahan sufiks –an dapat mengubah bentuk kata benda, berikut ini adalah contohnya yang perlu kalian ketahui.

Tempat : Pangkalan, jalanan, tumpangan, kubangan, dan lapangan.

Menyerupai : Rumah – rumahan, mobil – mobilan, dan anak – anakan.

Objek tertentu : Lukisan, tembakan, ramalan, dan gambaran.

  1. Sufiks -kan

Imbuhan yang kedua merupakan imbuhan sufiks yang merupakan salah satu sebuah jenis imbuhan yang akan mengubah kata kerja yang terbentuk akibat mendapatkan sufiks –kan maka maknanya akan berubah menjadi suatu kata perintah.

Contohnya seperti : Jatuhkan, Jauhkan, Diamkan, Dengarkan, Tenggelamkan, Ambilkan, dan lain sebagainya.

  1. Sufiks –i

Imbuhan yang berikutnya adalah kata yang mendapat imbuhan ini akan mengubah maknanya menjadi suatu makna perintah, contohnya seperti : turuti, lengkapi, cabuti, tambahkan dan lain sebagainya.

  1. Sufiks –nya

Jika sebuah kata mendapatkan imbuhan –nya maka pada bagian akhiran yang selama ini lebih kalian kenal mengungkapkan suatu kata ganti orang ketiga tunggal namun sufiks –nya bisa memberikan makna menjadi berikut ini.

Menyatakan kata tugas contoh : sepertinya, sesungguhnya.

Maksudnya adalah menjelaskan situasi pada saat dipakai di dalam kalimat, contohnya : “ Anita belajar bahasa Mandarin dengan begitu semangat.

Yaitu menyatakan efek penekanan atau penegasan pada saat digunakan dalam sebuah kalimat, contohnya seperti: ‘Tutup Pintu sekarang!”

  1. Sufiks –man, -wan, -wati

Sufiks yang selanjutnya digunakan sebagai penjelasan jenis kelami, sufiks –man dan –wan dipakai untuk menjelaskan jenis kelamin seorang laki – laki sementara sufiks –wati dipakai untuk menjelaskan jenis kelamin perempuan.

Contohnya : Seniman, wartawan, karyawati, kameraman.

  1. Sufiks –kah

Berikutnya adalah sufiks –kah lebih sering digunakan di dalam percakapan sehari hari. Kata imbuhan jenis ini akan berubah makna menjadi penegasan di dalam pertanyaan. Contohnya : bukankah, benarkah, sudahkah.

  1. Sufiks –pun

Makna Sufiks yang berikutnya terbentuk dari kata dengan imbuhan ini adalah ‘juga’, contoh kata yang mengandung sufiks ini sendiri di antaranya ialah, merekapun, kitapun, sayapun, diapun.

Contoh kalimat :‘ Sayapun merasa cukup terpukul sekali atas kejadian mencekam pada dini hari tadi’.

Dari penjelasan kalimat di atas dapat dilihat jika sufiks – pun pada kata saya pun memiliki makna jika ‘saya’ merasa terpukul sama seperti orang lain yang melihat kejadian tersebut.

Baca juga : Pengertian Klausa, Struktur, Jenis, fungsi Dan Contohnya

Berikut Ini 5 Contoh Kalimat Sufiks

  1. (kirim-kan) Dina meminta tolong kepada Doni untuk kirimkan paket buat sahabatnya.
  2. (buat-kan) Tolong buatkan teh untuk tamu itu.
  3. (biar-kan) Biarkan dia pergi kemana yang dia inginkan.
  4. (lempar-kan) Tolong lemparkan surat itu.
  5. (tumbuk-an) Gempa bumi dapat terjadi karena dengan adanya tumbukan pada permukaan bumi.

Nah, cukup sekian dulu penjelasan yang kali ini mengenai Kalimat Sufiks, Pengertian Sufiks Beserta Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *