Kalimat Tunggal, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

kalimat tunggal copy
kalimat tunggal copy

Palembangtalk.com – Kalimat Tunggal, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini Mimin akan membahas tentang Kalimat Tunggal. Disini Mimin akan membahasnya secara mendetail dan rinci khususnya bagi kalian yang tentunya mudah untuk di pahami.

Kalimat merupakan salah satu menjadi sesuatu kumpulan kata atau farasa yang beraturan atau tertata. Dalam kalimat bahasa indonesia dapat di bagi menjadi dua menurut pola kalimatnya, yakni kalimat pola dengan tunggal dan juga kalimat dengan pola majemuk.

Nah, kita masuk dalam pembahasan tentang kalimat tunggal. Kalimat tunggal adalah sebuah kalimat yang menjadi satu pola kalimat, yang dimana masuk ke dalam satu subjek dan satu predikat.

Akan tetapi, dalam beberapa kalimat dapat juga dilengkapi dengan objek atau masuk dalam keterangan. Dengan kalimat pola tunggal bisa dibilang termaksud ke dalam kalimat paling sederhana.

Kalimat pola tunggal ini sering disebut dengan sebuah kalimat sederhana atau kalimat simpleks. Dengan pola kalimat tunggal tersebut, lalu kalimat seperti ini hanya mengandung ke dalam salah satu informasi inti dan tidak terdapat anak kalimat. Nah, berikut ini contoh yang bisa kalian pahamin sebagai berikut ini:

  1. Dedy berjalan
  2. Abang belajar
  3. Pak pandi makan mie ayam

Nah, itulah beberapa contoh kalimat dengan pola tunggal yang sederhana yang sudah Mimin bagikan diatas. Kalimat – kalimat yang sduah Mimin bagikan tersebut dapat diperluas dengan menambahkan keterangan. Berikut ini contoh sederhananya :

  1. Pandi sedang bermain bola voly di lapangan sekolah
  2. Kemarin ibu mengunjungi ayah di rumah sakit
  3. Hari ini kakak tidak pergi ke pasar

Lawan dari kalimat ini merupakan salah satu kalimat yang memiliki lebih dari satu pola atau disebut juga dengan sebutan kalimat majemuk. Kalimat dengan pola tunggal mempunyai beberapa ciri – ciri. Berikut ini ciri – cirinya di bawah ini:

  1. Biasanya, dimulai dengan huruf Kapital
  2. Cuma menguraikan dengan satu peristiwa pokok saja
  3. Tidak pernah memakai kata sambung (konjungsi)
  4. Di dalam setiap kalimat tidak memakai tanda baca koma (,)
  5. Hanya memiliki satu struktur kalimat saja yakni subjek, predikat, objek serta keterangan. Jika lebih dari satu struktur itu maka sudah dibilang sebagai kalimat majemuk.

Baca juga : Kata kata Harapan, Lengkap Dengan Contoh Beserta Artinya

Jenis dan Contoh Kalimat Tunggal

Kalimat Tunggal, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Berikut ini jenis – jenis kalimat dengan pola tunggal yang bisa kalian pahami, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kalimat Nominal

Kalimat nominal adalah salah satu kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya ialah dengan kata benda (nomina). Contohnya seperti, Ayahku adalah seorang petani. Subjeknya ialah Ayah dan predikatnya ialah seorang petani (nomina). Untuk contoh lainnya, kalian bisa simak di bawah ini:

  • Kakakku anak yang sangat rajin
  • Pandi merupakan salah satu murid di MTS 2 Cirebon
  • Kalung itu adalah benda antik peninggalan nenek
  • Suara sebelumnya merupakan suara ayam betina
  • Orang di balik topeng itu ialah Dimas
  1. Kalimat Adjektiva

Kalimat adjektiva adalah salah satu kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya ialah dengan kata sifat (adjektif). Seperti kalimat, Dimas sangat baik kepada teman – temannya. Subjeknya ialah Dimas dan predikatnya ialah sangat baik (adjektif) sedangkan kata “kepada teman – temannya” adalah salah satu keterangannya. Nah, contoh lain diantaranya sebagai berikut:

  • Dimas merupakan anak yang nakal
  • Pandi adalah anak yang baik
  • Rumah putri sangat luas
  • Rumah itu cukup besar sekali
  1. Kalimat Numerial

Kalimat numerial adalah salah satu kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya adalah kata bilangan. Contohnya nya seperti kalimat, Rumah sakit itu sudah berumur ratusan tahun. Subjeknya ialah rumah sakit dan predikatnya ialah berumur ratusan tahun. Berikut ini contoh lainnya seperti:

  • Butuh perjalanan berhari – hari supaya bisa hingga ke sana
  • Durasinya hanya 30 menit untuk mengerjakan tugas
  1. Kalimat Verbal

Kalimat verbal adalah salah satu kalimat dengan pola tunggal yang perdikatnya ialah kata kerja (verba). Contoh kalianmatnya kalimat, Putri mengambil bolu di atas kulkas. Subjeknya ialah Putri dan predikatnya ialah mengambil sedangkan kata “bolu” itu adalah salah satu objek dan kata “di atas kulkas” adalah keterangan. Contoh lainnya adalah :

  • Sindy berlari dengan sangat kencang
  • Putri pergi ke pasar
  • Tika sedang membuat bolu
  • Macan sedang mengincar mangsanya
  • Motor itu melaju dengan sangat lamban
  1. Kalimat Prepositional

Kalimat prepositional adalah salah satu kalimat dengan pola tunggal yang predikatnya seperti kata depan (preposisi). Seperti kalimat, buku itu di atas meja kerja guru. Subjeknya ialah buku dan predikatnya ialah di atas sementara kata “meja kerja guru” adalah salah satu keterangan. Contoh lainnya adalah :

  • Siswa baru itu berasal dari kota Jakarta
  • Roy ke rumah putri malam ini
  • Map itu ada di atas meja perpustakaan

Baca juga : Pengertian Dari Teks Inspirasi Berserta Ciri-ciri Dan Contoh

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Kalimat Tunggal, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua. Terimakasih sudha berkunjung di Palembangtalk.com dan jalan lupa ikuti terus artikel yang akan Mimin bagikan selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *