Kasus Covid-19 Naik, DKI Perpanjang PPKM Mikro Sampai 28 Juni

Kasus Covid-19 Naik, DKI Perpanjang PPKM Mikro Sampai 28 Juni

Palembangtalk.com Kasus Covid-19 Naik, DKI Perpanjang PPKM Mikro Sampai 28 Juni – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro sampai tanggal 28 Juni. Perpanjangan PPKM Mikro itu tertera dalam Keputusan Gubernur Nomor 759 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur Nomor 39 Tahun 2021.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, kasus virus Covid-19 meningkat karena jakarta telah memuat Tambahan kasus baru sudah berada di atas 2.000 kasus covid-19 dalam lima hari terakhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti memberitahu pada tanggal 31 Mei 2021 atau tepatnya saat perpanjangan PPKM Mikro sebelumnya, kasus aktif di DKI hanya 10.658 kasus dengan positivity rate 7,6 persen. Setelah dua minggu berlalu atau sampai tanggal 14 Juni kemarin, kasus aktif di Jakarta sampai mencapai 19.096 orang kasus Covid-19.

Baca juga: Ayah Tiri Cabuli Anak Tirinya Di Aceh, Dengan Modus Minta Dipijat

“Bahkan, di beberapa hari ini ada pertambahan kasusnya mencapai 2.000, 2.300, 2.400, dan 2.700 dengan kenaikan positivity rate yang juga memuat di angka 17,9 persen,”terang Widyastuti dalam keterangan tertulis,hari Selasa (15/6).

Widyastuti juga mengkhawatirkan varian baru mutasi virus covid-19. Menurutnya, transmisi virus ini sudah ada di Di DKI Jakarta. Beberapa varian harus diwaspadai oleh masyarakat, terutama pada varian Delta B1617.2 dan Beta B1351.

“Varian baru ini cukup mempersulit kita karena virus ini memiliki kemampuan tersendiri untuk menginfeksi kita, seperti kita ambil contoh varian Delta B1617.2 yang amat mudah menyebar kepada tubuh kita dan varian Beta B1351 yang amat mudah membuat gejala ringan menjadi sangat berat atau bahkan lebih mematikan,” tambahnya.

Baca juga: PPKM Di Perpanjangkan, Dan Akan Berlaku Di 34 Provinsi

Selanjutnya, Widyastuti mengatakan pihaknya juga akan menambah kapasitas tempat tidur isolasi untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang terus bertambah, yaitu seperti telah menyiapkan Rusun Nagrak Cilincing, Wisma PMII, dan Wisma Ragunan.

DKI Jakarta perpanjang PPKM Mikro dua minggu kedepan

“Nantinya akan digunakan sebagai fasilitas tambahan jika Wisma atlet mengalami lonjakan orang yang harus ditangani,”terangnya. Pemerintah pusat juga kembali memperpanjang PPKM Mikro mulai tanggal 15 Juni sampai tanggal 28 juni atau dua minggu kedepannya.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan ada sejumlah aturan yang harus diperketat dalam penerapan PPKM Mikro kali ini agar dapat mencegah penyebaran covid-19 berkurang secara perlahan-lahan.

Baca juga: Pejalan Kaki Diduga Korban Tabrak Lari, Tewas Di Kemayoran

Dan penerapan PPKM Mikro akan berlaku juga di 34 provinsi di Indonesia agar 34 provinsi ikut serta keluar dari zona merah covid-19.

“Beberapa kegiatan yang terkait PPKM Mikro yang akan diperpanjang tanggal 15-28 Juni ini, untuk daerah zona merah, harus bekerja dari rumah 75 persen,”pungkas Airlangga dalam jumpa pers daring di kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada hari Senin (14/6).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *