Kasus Covid-19 Naik, Wali Kota Medan Tetap Gelar Sekolah Tatap Muka

Kasus Covid-19 Naik, Wali Kota Medan Tetap Gelar Sekolah Tatap Muka

Palembangtalk.comKasus Covid-19 Naik, Wali Kota Medan Tetap Gelar Sekolah Tatap Muka – Wali Kota Medan Bobby Nasution tetap menggelar sekolah tatap muka yang dimulai pada bulan Juli mendatang meski angka penyebaran virus Covid-19 terus meningkat. Berdasarkan data pada hari Minggu (20/6), kemarin jumlah pasien positif di Medan mencapai 17.384 orang dan pasien sembuh 15.857 orang.

Menurut wali kota Bobby, belajar online selama pandemi covid-19 ini mempengaruhi psikologis anak sehingga sering mengalami kejenuhan pada saat belajar online. Padahal, ujar dia, pendidikan anak bukan hanya materi pelajaran tapi juga cara bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-temannya di sekolah.

“Dan Saya tanyakan kepada anak-anak, kenal tidak sama temannya, mereka jawab kenal tapi tidak bisa ketemu langsung. Nah ini psikologis kita beda. tidak bisa dipisahkan kesehatan dan psikis anak, seperti saya bilang tadi, kejenuhan, komunikasi, sosialisasi juga penting untuk mereka. Tetapi bukan untuk mengorbankan anak karena pandemi ini,” ujar Bobby selesai simulasi pembelajaran tatap muka di SMPN 1 Medan, hari Senin (21/6).

Kegiatan sekolah tatap muka, terang Bobby, sekolah tatap muka ini akan digelar dalam seminggu dua kali pertemuan. Selain itu murid hanya bisa mengikuti dua jam pelajaran.

guru sedang menerapkan protokol kesehatan di dalam kelas masing-masing

Ia juga menegaskan, murid harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk menangani penyebaran Covid-19 yang ketat. Sebelum masuk ke area sekolah, diwajibkan para murid untuk cuci tangan dan memakai masker. Sementara di kelas akan diputar video informasi protokol kesehatan sebelum belajar dimulai di kelas masing-masing.

“Jadi video untuk kesehatan diputar untuk mengingatkan anak-anak setiap hari sebelum belajar. Biar ditanamkan protokol kesehatan setiap hari, tidak hanya di lingkungan sekolah saja tetapi juga luar sekolah. Kita belum tahu berapa orang tua murid yang akan mengizinkan anaknya ikut tatap muka. Tetapi nanti akan disimulasikan lagi kepada orang tua mereka masing-masing,” terangnya.

Bobby sangat optimistis sekali jika sekolah tatap muka bisa digelar di sekolah-sekolah yang ada di Medan mulai bulan Juli 2021 mendatang.

Seluruh siswa-siswi harus menerapkan protokol kesehatan di dalam kelas dan di luar kelas agar terhindar dari virus covid-19

Pemerintah kota Medan, mengatakan, bakal menyiapkan angkutan umum yang benar-benar mengikuti protokol kesehatan yang bisa digunakan para siswa-siswi disetiap sekolah. Namun meski pun begitu, orang tua tetap diberikan kebebasan apakah mengizinkan anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka atau tidak di sekolah.

“Tapi jangan jadikan simulasi ini sebagai standar kepada semua sekolah karena setiap sekolah beda tata caranya. Kita akan tetap berikan pilihan kepada orang tua. Kami siapkan sarana dan prasarana, tetapi jika orangtua tidak wajib menyuruh anaknya sekolah tatap muka. Jika memang Covid-19 terus meningkat, kita tetap sarankan ke orangtua tidak lakukan tatap muka di sekolah jika situasinya tidak mendukung,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *