Kasus Covid-19 Yang Terdeteksi Bisa Jadi Hanya 1/8 Dari Kasus Yang Sesungguhnya

Kasus Covid-19 yang Terdeteksi

PalembangtalkKasus Covid-19 Yang Terdeteksi Bisa Jadi Hanya 1/8 Dari Kasus Yang Sesungguhnya – Kasus Covid-19 yang terdeteksi di Indonesia kemungkinan jauh di bawah kasus yang sebenarnya yang ada alias under recorder. Hal tersebut diungkapkan kepada ahli epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr Windhu Purnomo. Windhu juga menyebut untuk kasus yang terdeteksi bisa jadi hanya 1/8 dari kasus yang sebenarnya.

“Kasus yang ada di Indonesia itu sangat under recorded, hingga hari ini (kemarin) rekor baru, sudah tembus 2 juta (kasus), akan tetapi apa cuma segitu sebetulnya?” ungkap Windhu pada saat dihubungi Tribunnews.com, Pada hari Senin (21/6/2021).

“Jika diestimasi, Kemenkes punya data zero surveillance, yang didanai WHO (Badan Kesehatan Dunia) dan juga dibantu oleh temen-temen UI (Universitas Indonesia).”

Kasus Covid-19 Yang Terdeteksi Bisa Jadi Hanya 1/8 Dari Kasus Yang Sesungguhnya

“Saya juga ngitung dengan teknis estimasi, dan kasus yang dilaporkan itu paling tinggi 1/8 dari kasus yang sebetulnya,” urai Windhu.

Windhu juga menyebut bahwa kasus yang dilaporkan tersebut bagaikan puncak gunung es.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Di Jepara Meningkat, Ganjar Menduga Akibat Varian Delta

“Seperti yang banyak bara di bawah sekam, jadi bom waktu karena penularan yang ada di bawah permukaan dan tidak terdeteksi,” ungkapnya.

Windhu juga menyebut, bahwa tingkat tracing yang ada di Indonesia berada di nomor 158 dari 220 negara. Sehingga, menurut menurutnya tidak akan efektif untuk melakukan zonasi yaitu berdasar data yang tidak sesuai dengan kenyataan nya karena rendahnya testing dan juga tracing.

“Dan di tengah tracing dan testing yang lemah sangat under recorded, apa yakin untuk sebuah daerah warnanya hijau. Jangan-jangan hijau semangka di dalamnya merah.”

“Dan yang kuning jangan-jangan kuning delima, dan di dalemnya merah,” ungkap Windhu.

Baca Juga : Kasus Deteksi 44 Covid-19 Varian Delta Asal Karawang

Tembus 2 Juta

Untuk kasus Covid-19 yang ada di Indonesia juga sudah menembus angka yaitu hingga 2 juta kasus per Senin (21/6/2021).

Dan ada juga penambahan kasus konfirmasi positif yaitu sebanyak 13.668 pada laporan harian, Selasa (22/6/2021).

Jadi untuk total kasus infeksi corona yang ada di Indonesia sudah mencapai 2.018.113. Untuk kasus yang sembuh bertambah sebanyak 8.375, jadi totalnya menjadi 1.810.136 kasus. Dan untuk kasus kematian harian nya bertambah 335. Jadi untuk total kasus pada kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai hingga 55.291.

Baca Juga : Kasus Covid-19 di Indonesia 21 Juni 2021 Bertambah 14.536

Sebelumnya, penebalan atau penguatan PPKM Mikro yang ada di 34 Provinsi akan dilaksanakan pemerintah. Penguatan PPKM tersebut dilakukan untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 yang ada di Indonesia yang sudah semakin melonjak.

“Maka nanti akan berlaku mulai dar tanggal 22 Juni sampai 5 Juli, untuk 2 minggu ke depan,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sesudah rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara daring, Senin (21/6/2021)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *