Konjungsi Koordinatif, Jenis-jenis Koordinatif Dan Contohnya

konjungsi copy

Palembangtalk.com – Konjungsi Koordinatif, Jenis-jenis Koordinatif Dan Contohnya – Pada pertemuan kali ini Mimin akan membahas mengenai Konjungsi Koordinatif. Dimulai dari pengertian Konjungsi Koordinatif, Jenis – jenis Konjungsi Koordinatif, Beserta Contoh Kalimat Koordinatif. Mimin akan mengulasnya secara detail dan rinci khusus teruntuk kalian semua yang tentunya mudah dipahami dan dimengerti untuk kalian.

Namun, sebelum itu pernah kah kalian mendengar Kata Konjungsi Koordinatif ?

Atau istilah ini masih terdengar asing di telinga kalian? Nah, mungkin ada diantara kalian yang memang pernah mendengarnya, namun kalian tidak mengerti dalam tentang Kata Konjungsi Koordinatif tersebut. Nah, untuk itu, kalian bisa simak ulasan di bawah ini hingga selesai, supaya kalian tahu pengertian dari Konjungsi Kooedunatif tersebut.

Baca juga : Pengertian Konjungsi Subordinatif, Jenis, Beserta Contohnya

Pengertian Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif merupakan salah satu kata penghubung dua unsur atau lebih yang setara diantaranya adalah konjungsi yang menghubungkan dua kata, frasa, klausa, atau kaliamat yang memiliki makna sama atau sederajat.

Ada pun Jenis – jenis Konjungsi Koordinatif diantaranya adalah:

konjungsi koordinatif atau biasa disebut dengan kata penghubung koordinatif yang terbagi menjadi 5 bagian. Untuk mengetahuinya, kalian bisa simak jenis – jenis koordinatif beserta dengan penjelasan lengkapnya yang Mimin bagikan di bawah ini.

  1. Jenis yang Pertama Adalah Konjungsi koordinatif penambahan yang merupakan salah satu sebuah kata konjungsi koordinatif yang menjelaskan bahwa salah satu kalimat, kata, frasa, atau klausa merupakan penambahan atau pelengkap dari kalimat maupun klausa lainnya. Salah satu kata yang termaksud adalah Dan.
  2. Kemudian Yang Kedua Adalah Konjungsi koordinatif pendampingan yang merupakan salah satu suatu konjungsi koordinatif yang menjelaskan bahwa salah satu unsur klausa atau kalimat adalah salah satu pendamping bagi kata, klausa, frasa, maupun kalimat sebelumnya. Salah satu kata yang termaksud adalah Serta.
  3. Selanjutnya Adalah Konjungsi koordinatif pemilihan yang merupakan salah satu konjungsi koordinatif yang menerangkan bahwa dua unsur gramatikal yang dihubungkan dengan kata konjungsi tersebut bersifat seperti opsional atau pilihan yang bisa dipilih salah satunya. Salah satu kata yang termakud adalah Atau.
  4. Konjungsi berikutnya adalah Konjungsi koordinatif perlawanan yang merupakan salah satu konjungsi yang mengngkakan bahwa dua unsur gramatikal yang dihubungkan oleh konjungsi ini saling berlawanan satu hingga dengan yang lainnya. Dan akat – kata yang termaksud adalah tetapi, dan melainkan.
  5. Dan untuk jenis konjungsi terakhir adalah Konjungsi koordinatif pertentangan yang merupakan salah satu konjungsi yang mengungkapkan bahwa salah satu unsur gramatikal bertentangan dengan usnur gramatikal lainnya. Yang termaksud ke dalam kata Sedangkan dan Padahal.

Fungsi Konjungsi Koordinatif

Adapun beberapa fungsi dari Konjungsi Koordinatif diantaranya adalah:

1.) Bertindak sebagai penghubung kalimat dengan kalimat.

2.) Bertindak sebagai penghubung antara frasa dengan frasa lainnya.

3.) Bertindak sebagai penghubung antara klausa dengan klausa lainnya.

4.) Sebagai penghubung paragraf dengan paragraf lainnya yang dinamakan dengan transisi.

Baca juga : Majas Klimaks Beserta Contohnya, Cek Disini Penjelasannya

14+ Contoh Kalimat Koordinatif

Untuk lebih memahami tentang Konjungsi Koordinatif ini, disini Mimin juga sudah mnyipakan beberapa contoh kalimat konjungsi Koordinat.

1.)Pak guru bilang Andi dan Tasya harus satu kelompok dalam menyelesaikan tugas karya satranya.

2.) Dimas selalu membaca buku dengan teratur agar pintar karena jika nilainya jelek ayahnya akan marah padanya.

3.) Rudi merupakan salah satu anak yang cerdas dalam sekolahnya dia mampu menyelesaikan tugas Fisika dan Matematikanya hanya dalam waktu sebentar saja.

4.) Anisa dan Ayu telah berhasil masuk ke dalam daftar juara umum di sekolahnya.

5.) Aku dan Dimas berangkat sekolah bersama sama dengan naik sepeda.

6.) Pemburu yang kejam itu sudah menangkap induk macan serta anak – anaknya yang di dalam hutan.

7.) Kenapa hari ini udaranya terasa dingin sekali padahal matahari terbit

8.) Malam ini Putra dan Diki akan pergi ke acara ulang tahun Marsya.

9.) Kenapa hari ini udaranya terasa sangat panas padahal sedang hujan deras.

10.) Apakah kalian mau pesan es jeruk atau lebih tertarik dengan es doger?

12.) Hari ini Putri bingung ingin pulang naik bus atau jalan kaki.

13.) Hari ini udaranya sangat panas sekali meskipun hujan deras.

14.) Krisna tetap tidak mau sekolah meskipun mau diantar oleh Ibunya.

Baca juga : Pengertian Homonim Beserta Contoh Kalimatnya, Cek Disini

Demikianlah ulasan kali ini tentang Konjungsi Koordinatif, Jenis-jenis Koordinatif Dan Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *