Larangan Mudik Lebaran 2021 Akan Berlaku 2 Hari Lagi, Ini Syarat Untuk Pergi Keluar Kota

Larangan Mudik Lebaran 2021 Akan Berlaku 2 Hari Lagi, Ini Syarat Untuk Pergi Keluar Kota

Palembangtalk.comLarangan Mudik Lebaran 2021 Akan Berlaku 2 Hari Lagi, Ini Syarat Untuk Pergi Keluar Kota – Halo sobat kali ini admin akan membagikan infomasi mengenai larangan mudik lebaran 2021 akan berlaku dua hari lagi, ini syarat untuk sobat jika ingin pergi keluar kota. Yuk simak ulasan yang akan admin bagikan ini hingga selesai ya sobat.

Larangan mudik Lebaran 2021 berlaku 2 hari lagi, ini syarat untuk pergi keluar kota. Seperti sudah sobat ketahui, larangan mudik Lebaran 2021 berlaku mulai tanggal 6 sampai 17 Mei.

Pada masa sekarang tersebut, masyarakat dilarang pemerintah bepergian keluar kota pada liburan mudik lebaran 2021. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Larangan mudik berlaku untuk semua jalur transportasi seperti darat, laut dan udara. Meski begitu, ada beberapa perjalanan yang diperbolehkan, tapi dengan syarat yang ketat.

Transportasi Darat

Larangan mudik berlaku bagi transportasi darat yang dilarang saat mudik berupa kendaraan bermotor umum dengan mobil bus dan mobil penumpang dan larangan juga diberlakukan bagi kendaraan bermotor perseorangan atau pribadi, dengan jenis mobil penumpang, mobil, bus, dan sepeda motor.

Sementara, ada pengecualian bagi orang-orang ada memiliki kepentingan mendesak saat Lebaran, meliputi:

  • Orang yang bekerja atau melakukan perjalanan dinas, seperti ASN, pegawai BUMN/BUMD, Polri, TNI, atau pegawai swasta yang dilengkapi dengan surat tugas dengan tanda tangan pimpinan dan Kunjungan keluarga sakit atau Kunjungan duka anggota keluarga meninggal,Ibu hamil (dengan 1 orang pendamping) dan pelayanan kesehatan darurat.

Adapun pengecualian kendaraan yang boleh beroperasi dan melakukan perjalanan, yaitu:

  • Kendaraan dinas pimpinan lembaga tinggi negara RI dan dinas operasional, berpelat dinas TNI/Polri
  • Kendaraan dinas operasional petugas jalan dan dinas pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah, kendaraan atau Mobil barang dan tidak membawa penumpang
  • Kendaraan untuk keadaan kesehatan darurat, ibu hamil dan salah satu keluarga akan mendampingi ibu hamil tersebut dan yang sedang mengangkut repatriasi pekerja imigran Indonesia, WNI, pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan untuk orang yang alasan khusus oleh pemerintah ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Buat masyarakat yang tidak mematuhi atuaran tersebut akan dikenakan saksi putar balik atau sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku saat ini, dan khusus pengendara travel atau angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut penumpang, akan ditindak tegas oleh kepolisian dan tindakan lain nya sesuai perundangan yang berlaku.

Transportasi Udara

Adapun jalur penerbangan yang dikecualikan dari larangan sementara untuk melakukan perjalanan mudik yaitu:

  • Penerbangan yang sedang mengangkut pimpinan lembaga tinggi negara RI dan tamu kenegaraan yang akan melalukan perjalanan melalaui jalur udara dan khusus operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing, serta perwakilan organisasi internasional di Indonesia
  • Penerbangan khusus operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriation flight) yang melakukan pengembalian warga negara Indonesia ataupun warga negara asing dan Penerbangan khusus operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat dan khusus operasional angkutan kargo Penerbangan operasional angkutan udara perintis dan Penerbangan khusus operasional lainnya dengan seizin dari Ditjen Perhubungan Udara

Jika ada masyarakat yang menggunakan maskapai dan melanggar aturan pemerintah akan di kenakan saksi sesuai undang -undang yang berlaku.

Transportasi Laut
Adapun kapal penumpang yang dikecualikan dalam periode pelarangan mudik, sebagai berikut:

  • Kapal penumpang yang hanya melayani pemulangan tenaga kerja indonesia atau pekerja imigran indonesia dan pengembalian anak buah kapal WNI yang bekerja di pelabuhan negara perbatasan pengembalian anak buah kapal WNI yang bekerja di kapal niaga/kapal pesiar yang dioperasikan perusahaan asing,
  • kapal hanya Melayani transportasi untuk pelayaran lokasi terbatas dalam satu kecamatan, satu kabupaten, atau satu provinsi dengan ketentuan dan persyaratan pelayaran dilakukan antarpulau atau pelabuhan dalam wilayah tersebut dan untuk antar pulau khusus bagi TNI, Polri, ASN, dan tenaga medis yang sedang dalam melaksanakan tugas
  • Kapal penumpang yang hanya melayani transportasi rutin untuk pelayaran di daerah Perintis dan daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan dan hanya dapat diizinkan beroperasi untuk mengangkut logistik yang membawa barang pokok dan penting seperti obat – obatan, peralatan medis, serta barang esensial lain yang dibutuhkan setiap daerah dengan jumlah kapal kargo yang melayani daaerah tidak mencukupi. Ada sanksi tegas untuk orang yg melanggar berupa tidak diberikan pelayanan dipelabuhan, akan ada pencabutan SIUPAL atau sansi lainnya

Akhir kata

Demikianlah ulasan – ulasan yang sudah admin bagikan mengenai informasi Larangan Mudik Lebaran 2021 Akan Berlaku 2 Hari Lagi, Ini Syarat Untuk Pergi Keluar Kota, semoga ulasan yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat sobat yang telah membaca informasi. Sekian dan terimakasi telah membaca ulasan -ulasan yang admin bagikan ini hingga selesai.

Baca juga:

  1. Mengerikan Covid-19 Di Brazil Tingkat Kematian Meninggi
  2. Santri Diusulkan Wapres Dapat Dispensasi Mudik Lebaran, Kritik Pakar Transportasi
  3. Sempat Pulang ke Rumah Usai Bunuh Tetangga, lalu Pelaku Kembali ke Lokasi Lihat Evakuasi Korban
  4. Wali Kota Makassar Bubarkan Pengunjung yang Membludak, Sidak ke Mal Panakukang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *