Lebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah

Lebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah

palembangtalkLebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah – Halo sobat palembangtalk, kembali lagi bersam admin nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Lebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah.

Pemerintah sudah memutuskan untuk meniadakan mudik lebaran Idul Fitri 2021 akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Hal ini pun menjadi tolak ukur pemerintah dalam mengambil keputusan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menuturkan bahwa langkah ini ditempuh setelah mengevaluasi tingginya angka penularan dan kematian, baik itu masyarakat ataupun tenaga kesehatan akibat wabah Covid-19 usai libur panjang. Ini menjasi alasan utama kenapa mudik lebaran ditiadakan.

“Khususnya setelah libur Natal dan tahun baru. Termasuk tingginya BOR (bed occupancy rate) rumah sakit sehingga diperlukan langkah-langkah tegas dalam mencegah hal-hal tersebut terulang kembali,” ujar dia dalam Telekonferensi Pers, Jumat (26/3).

Sejalan dengan itu, pemerintah terus melaksanakan program-program untuk penanganan Covid-19. Mulai dari Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, penguatan protokol kesehatan hingga vaksinasi Covid-19.

“Hasil konsultasi dengan bapak Presiden maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan,” ucap Menko.

Larangan mudik ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini merupakan upaya agar vaksinasi yang sedang dijalankan dapat sesuai dengan harapan.

“Supaya upaya vaksinasi yang dilakukan bisa maksimal sesuai dengan yang diharapkan,” terang dia.

Untuk aturan yang menunjang ketidaaan mudik ini, kata Muhadjir akan diatur oleh kementerian dan lembaga terkait. Khususnya Satgas Covid-19 yang akan mengatur kebijakannya.

“Di dalamnya akan diatur mengenai langkah-langkah pengawasannya oleh TNI-Polri, Kemenhub, Pemda dan lain-lain,” pungkasnya.

“Larangan mudik akan dimulai pada 6-17 Mei 2021 dan sebelum dan sesudah tanggal itu, diimbau pada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan yang ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu

“Berlaku untuk seluruh ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat,” tegasnya.

Peniadaan mudik ini diharapkan bisa memaksimalkan upaya vaksinasi yang sedang dilakukan, sehingga  menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai yang diharapkan.

Namun demikian, Muhadjir menjelaskan bahwa ASN masih diperbolehkan untuk mengambil cuti lebaran. Tapi cuti tidak diperuntukkan untuk mudik. “Cuti bersama Idul Fitri 1 hari tetap ada, namun tidak boleh ada aktivitas mudik

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat yang dapat admin bagikan buat sobat kali ini mengenai Lebaran Ini Mudik Ditiadakan Pemerintah. Semoga dapat bermanfaat buat sobat yang sudah membaca ulasan ini hingga selesai ya. Dan jangan lupa ikuti terus ulasan – ulasan terbaru yang akan admin bagikan ya.

Baca juga :
1. Larangan Mudik Dipercepat, Cek 8 Titik Penyekatan di Perbatasan Cilacap
2. Polisi Pulangkan 65 Suporter Persija yang Sempat Diamankan Karena Kerumunan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *