Macam-Macam Bilangan, Cek Disini Penjelasannya

Macam-macam Bilangan

Palembangtalk.com – Macam-macam Bilangan, Cek Disini Penjelasannya – Haloo, kembali lagi bersama Mimin. Dimana kali ini Mimin akan membahas tentang Matematika identik dengan angka. Akan tetapi, mapel ini memang tidak melulu membahas soal hitung-hitungan saja. Melainkan juga ada banyak konsep tentang matematika yang penting untuk dipelajari, salah satunya tentang konsep bilangan.

Nah, dalam pembahasan kali ini Mimin hanya membahas mengenai macam-macam bilangan. Dimana konsep ini perlu dipelajari karena termasuk konsep dasar dalam pelajaran matematika.

Pengetahuan tentang macam-macam bilangan ini juga penting untuk menyelesaikan soal himpunan. Kali ini Mimin akan bahas berbagai jenis bilangan dalam matematika secara detail dan rinci khusus untuk kalian pelajari yang tentunya mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian semua.

Tidak perlu panjang lebar, silakan simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Baca juga : Cara Belajar Matematika Agar Cepat Paham, Cek Disini

Macam-macam Bilangan Lengkap

Macam-macam Bilangan

1. Bilangan Kompleks
Pada bilangan kompleks sendiri adalah salah satu sebuah penggabungan antara bilangan riil dengan bilangan imajiner. Supaya kalian lebih paham, silakan pahami dulu pengertian bilangan riil dan bilangan imajiner.

2. Bilangan Imajiner
Apakah kalian pernah mendengar dengan kata ‘imajinasi’? Dimana imajinasi berarti sepertinkhayalan, begitu juga dengan bilangan imajiner yang merupakan salah satu sebuah bilangan khayalan. Perlu kalian ketahui, bilangan ini terdapat memiliki sifat i² = -1. Untuk kalian yang sudah belajar akar kuadrat, silakan kalian coba pikir kira-kira bilangan berapa yang bila dikuadratkan hasilnya -1. Tidak ada. Inilah yang dinamakan bilangan imajiner.

3. Bilangan Riil
Namun, pada Bilangan Rii ini kebalikan dari bilangan imajiner. Dimana dalam bilangan riil merupakan salah satu sebuah bilangan yang dapat dituliskan ke dalam bentuk desimal, misalnya 1,2565. Dan bilangan ini mencakup bilangan rasional dan bilangan irasional.

4. Bilangan Irasional
Bilangan irasional sendiri termaksiud ke dalam bilangan yang hasil baginya tidak habis-habis. Misalnya, π dalam bentuk desimal nilainya disederhanakan menjadi 3,14, padahal tidak tepat. Hal ini karena bentuk desimal 22/7 sebenarnya tidak berhenti pada 3,14 saja.

π = 3,1428571

5. Bilangan Rasional
Tetapi, pada bilangan rasional adalah salah satu yang termaksud ke dalam bilangan yang diperoleh dari pembagian antara bilangan bulat, yang bisadinyatakan sebagai a/b, dimana b tidak boleh sama dengan 0.

6. Bilangan Pecahan
Pecahan adalah salah satu sebuah bilangan yang berupa pembilang dan penyebut. Terdapat ada 3 macam bilangan pecahan yang ada, yakni bilangan desimal, pecahan biasa, dan pecahan campuran.

Contoh bilangan desimal: 0,5
Contoh pecahan biasa: ½, ⅓, ¼
Contoh pecahan campuran: 1¼

7. Bilangan Bulat
Bilangan bulat sendiri adalah salah satu sebuah himpunan bilangan cacah dan bentuk negatifnya.

8. Bilangan Cacah
Bilangan cacah dimana terdiri dari bilangan bulat positif, yaitu {0, 1, 2, 3, 4, 5, …}.

9. Bilangan Negatif
Bilangan negatif adalah salah satu sebuah bilangan yang kurang dari 0, ditandai dengan tanda (-). Contoh: -1, -2, -3

10. Bilangan Prima
Merupakan salah satu sebuah bilangan yang lebih besar dari 1, yang hanya memiliki 2 fakyor pembagi. Dimana bilangan prima tidak selalu ganjil.

Contoh: 2, 3, 5

Baca juga : Cermin Datar, Rumus, Sifat Bayangan, Fungsi, Beserta Contoh

11. Bilangan Komposit
Bilangan komposit adalah kebalikan dari bilangan prima, yaitu semua bilamgan yang memiliki lebih dari dua faktor.

Contoh: 4, 6, 8

12. Bilangan Genap
Dalam konsep bilangan genap dan ganjil, bilangan genap adalah salah satu dimana dalam bilangan yang habis dibagi 2. Konsep ini hanya berlaku untuk bilangan bulat, baik yang bernilai positif maupun negatif.

Contoh: 2, 4, 6

13. Bilangan Ganjil
Bilangan ganjil adalah sebuah himpunan bilangan bulat selain bilangan genap. Jika bilangan genap habis dibagi 2, maka bilangan ganjil tidak.

Contoh: 1, 3, 5

14. Bilangan Asli
Dimana bilangan asli terdiri dari semua bilangan bulat positif selain 0.

15. Bilangan Nol
Bilangan nol adalah suatu bilangan yang bernilai netral, dilambangkan dengan 0.

Baca juga : Konjungsi Temporal, Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsinya

Nah, cukup sekian dulu penjelasan yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini tentang Macam-Macam Bilangan. Mudah – mudahan dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Sekian, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel Palembangtalk.com, karena Mimin selalu membagikan hal – hal penting untuk kalian sebagai pembaca setianya blog palembangtalk.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *