Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya

Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya

Palembangtalk.com – Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya – Hallo, kembali lagi bersama Mimin. Kali ini yang menjadi pembahasan kita adalah mengenai Norma Kesopanan. Tentunya Mimin akan membahasnya secara detail yang mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian.

Secara umum norma kesopanan adalah salah satu sebuah serangkaian aturan dimana mengenai tingkah laku seseorang yang memiliki sumber dari budaya, adat istiadat serta tradisi yang ada di suatu wilayah yang berkembang di dalam pergaulan dalam anggota masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan di dalam berinteraksi antar seksama.

Norma kesopanan mempunyai sifat yang relatif dikarenakan di setiap suatu tempat, lingkungan dan juga waktu yang memiliki kategori norma kesopanannya sendiri yang sesuai dengan pengertian dan norma kesopanan yang di atas maka norma ini akan wajib diimplementasikan supaya mendapatkan keteraturan yang ada di dalam suatu masyarakat.

Perlu kalian ketahui, sopan sangat benar – benar diperlukan sekali dan tentunya hal yang sangat penting menjadi budaya wajib yang harus dimiliki, baik itu di tengah masyarakat maupun itu di dalam suatu organisasi. Tanpa adanya sopan santun atau lebih sering disebut juga dengan etika kerja, maka bisa menyebabkan terjadinya perselisihan di antara anggota organisasi.

Baca juga : Teks Eksemplum, Pengertian, Struktur, Unsur, Ciri & Contohnya

Contoh Norma Kesopanan Di Masyarakat Umum

Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya

Berikut ini contoh norma kesopanan yang terdapat dalam suatu masyarakat umum mau pun di sekitar dimana kita berada, dan berikut ini merupakan beberapa contoh norma kesopanan yang sering berlaku di berbagai tempat :

  1. Tidak membuang sampah dengan sembarang dan membuang sampah pada tempatnya.
  2. Makan dengan menggunakan dengan tangan kanan.
  3. Menerima suatu benda dengan menggunakan tangan kanan.
  4. Berusaha untuk menghargai dan juga menghormati orang yang lebih tua dari kita sendiri.
  5. Menyapa dan memberikan salam ke pada orang lain sebagai bentuk keramahan baik itu dengan siapapun.
  6. Tidak dengan bersikap kasar dan selalu bertutur kata baik pada orang lain.
  7. Memberikan tempat duduk di kendaraan umum bagi orang yang membutuhkan, contohnya bagi ibu hamil, orang tua yang sudah tidak berdaya, ibu ibu yang membawa anak serta juga orang-orang sakit.
  8. Dan contoh lain sebagainya.

Tujuan Norma Kesopanan

Norma kesopanan sendiri tentunya memiliki sebuah tujuan. Untuk itu, silakan simak tujuannya di bawah ini.

  1. Hal pertama tujuannya adalah supaya orang yang yang hidup di dalam lingkungan suatu masyarakat tertentu akan dapat diterima di dalam masyarakat itu sendiri.
  2. Tujuan keduanya adalah supaya seseorang dapat saling menghargai khususnya dengan orang yang usianya jauh lebih tua darinya.
  3. Lalu tujuan selanjutnya adalah supaya seseorang dapat bertingkah laku sesuai dengan kemauan masyarakat setempat dengan hal yang tentu bersifat baik dan bertujuan yang baik.
  4. Selain itu, tujuan selanjutnya adalah supaya seseorang lebih memahami hakekat dari kemanusiaan dan juga tata etika seseorang di dalam dunia pergaulan.
  5. Tujuan yang terakhir adalah supaya seseorang dapat bersosialisasi dengan baik terhadap setiap atau pun semua orang.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Teks Editorial, Cek Disini

Fungsi Norma Kesopanan

Apabila dengan berdasarkan pada penjelasan yang Mimin bagikan di atas, maka norma kesopanan memiliki fungsi yang memiliki manfaat bagi tatanan masyarakat, berikut ini merupakan beberapa fungsi dari norma kesopanan yang dapat dirasakan oleh setiap individu atau masyarakat.

  1. Fungsi norma kesopanan memiliki fungsinya yakni sebagai aturan, pedoman dan juga tata cara berperilaku dalam suatu kelompok masyarakat.
  2. Fungsi kedua adalah sebagai pedoman di dalam memberikan sanksi bagi pihak yang melanggar norma kesopanan yang berlaku di dalam masyarakat.
  3. Dan fungsi yang terakhir adalah dengan berguna untuk menciptakan suatu kelompok mastarakat yang selaras sehingga rasa nyaman dan tentram bisa tercapai pada masyarakat tersebut.

Jadi secara langsung mau pun tidak langsung, norma kesopanan terdapat memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan sesorang mau pun suatu kelompok masyarakat.

Baca juga : Konjungsi Kausalitas, Pengertian, Jenis & Contoh Kalimatnya

Demikianlah penjelasan mengenai Contoh Norma Kesopanan, Lengkap Dengan Tujuan Dan Fungsinya yang dapat Mimin bagikan pada pertemuan kali ini. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel dari Palembangtalk.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *