Penjelasan Tentang Nota Debet, Baca Disini

Pengertian Nota Debet

Palembangtalk.com – Penjelasan Tentang Nota Debet, Baca Disini – Dimana Nota sendiri terdapat memiliki dua jenis diantaranya adalah nota debet dan nota kredit. Namun, dipembahasan kita kali ini Mimin akan membahah mengenai pengertian nota debet beserta dengan penjelasan lengkap lainnya yang pastinya akan sangat berguna bila dijadikan sebagai salah satu refrensi belajar yang menyenangkan untuk kalian.

Tentunya Mimin akan membahasnya secara detail dan rinci khusus untuk kalian mengenai nota debit, karena memang di dalam perpajakan nota debet atau pun note kredit sama sama terdapat memiliki fungsi yang sangat penting sekali. Dimana utamanya pada saat terjadi sebuah pembatalan faktur pajak. Sehingga nota debut serta nota kredit menjadi salah satu bukti transaksi keuangan yang dijadikan sebagai sebuah dasar atau pedoman yang berasal dari pembatalan faktur pajak.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Teks Editorial, Cek Disini

Tapi sebelum itu, apakah kamu tahu apa itu debet?

Sebelum kalian tahu apa itu nota debet, namun ada baiknya kalian juga harus mengetahui apa itu debet. Jadi, Debet sendiri merupakan salah satu sebuah istilah yang sangat sering dipakai di dalam bidang akuntasi, apabila kalian sekolah di jurusan akuntansi atau berhubungan dengan bidang akuntansi maka kata debet pastilah tidak asing buat kalian atau bahkan sering kalian dengar dan sering kalian gunakan untuk setiap saat. Namun, apakah kamu tahu bisa istilah debet sendiri itu berasal dari sebuah kata yang merupakan bahasa Latin. Yaitu Debere.

Apabila dilihat dari pengertiannya menurut bidang ekonomi, dimana debet sendiri adalah kebalikannya dari kredit. Yang mana debet dipakai untuk mencatat akun pembuan dan menambahkan adanya nilai pada asset mau pun dipakai untuk mengurangi jumlah kewajiban.

Namun jika Akan tetapi, bila simpanan yang terdapat pada rekening bank mau pun pada catatan sebuah pembukuan yang digunakan untuk meningkatkan asset dan juga digunakan untuk mengurangi jumlah kewajibannya.

Sementara itu, debet dan kredit sendiri, sesuai yang kalian ketahui ialah sebuah yang ada pada akuntasi. Dari kedua istilah ini sendiri tidak pernah dapat dilepaskan di dalam bidang akuntasi keuangan. Karena memang bila debet terdapat memiliki definisi sebagai suatu peningkatan uang yang ada pada tabungan mau pun rekening serta dapat digunakan untuk mengartikan peningkatan transaksi.

Maka kredit terdapat memiliki definisi yang sebaliknya ya, dan kredit diartikan sebagai salah satu sebuah pengeluaran uang yang dipakai pada saat melakukan dalam suatu traksaksi. Namun, istilah kredit ini sendiri juga biasa dikenal sebagai penyediaan uang untuk pinjaman di dalam sebuah perjanjian yang dilakukan oleh peminjam dan pihak yang meminjamkankan. Dalam kasus ini pihak peminjam biasanya ialah Bank dan peminjam wajib untuk melunasi kredit dalam periode waktu yang sudah ditentukan dan sudah disetujui oleh kedua pihak yang terkait.

Nah, perlu untuk kalian ketahui jika debet dan kredit bukan hanya dapat dipakai untuk mengartikan sebagai salah satu penambahan dan pengurangan uang yang ada di dalam rekening tabungan. Hal ini dikarenakan memang fungsi keduanya tidak sederhana bagi kepentingan sebuah laporan keaungan. Selain itu, kalian juga harus memahami bila sebenarnya debet bisa dipakai untuk menyatakan sebuah utang. Utang ini wajib ditagih pada si pemilik utang, dan yang menagih ini dianggap sebagai memiliki piutang.

Baca juga : Contoh Sinonim: Persamaan Kata Atau Padanan Kata, Baca Disini

Pengertian Nota Debet

Sebenarnya nota debet merupakan salah satu sebuah dokumen yang digunakan sebagai salah satu bukti terjadinya pengurangan utang usaha. Dikarenakan memang adanya sebuah pengembalian barang dagangan mau pun penurunan harga yang dibuat oleh pembeli.

Maka bila artikan dengan secara sederhana, maka kalian dapat mengartikan bila nota debet ini digunakan sebagai mendebet atau artinya adalah untuk mengurangi. Sehingga dari sini nota debet memang terdapat memiliki kaitan yang erat dengan usaha jual dan juga usaha beli barang mau pun menggunakan jasa. Artinya nota debet sangat berguna untuk mengurangi utang usaha dari pembeli yang sudah harus mulai dilunasi.

Sementara itu, nota debet sendiri biasanya akan dibuat setidaknya dua rangkap. Diamana keduanya ini akan terdapat memiliki fungsi yang sama yakni sebagai bukti pembayaran yang mana lembar yang asli akan akan disimpan oleh pembeli sebagai bukti pembelian. Sementara, pada lembar yang lain yang biasanya merupakan copy dari lembar asli akan disimpan oleh penjualan yang dipakai sebagai salah satu sebuah bukti pencatatan.

Poin yang Harus Ada Pada Nota Debit

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa poin yang harus terdapat pada lembar nota debet.

Nama PKP pembeli
Nama PKP penjual
Nomor nota kredit
Keterangan mengenai jumlah barang yang didebetkan
Jenis barang apa saja yang didebetkan
Penjelasan mengenai harga barang per unit
Jumlah total harga pada barang yang didebetkan
Tanggal nota debet diterbitkan
Nama serta tanda tangan si pembeli

Baca juga : Pengertian Semantik, Baca Disini Penjelasannya

Contoh Nota Debet

Sementara poin poin yang ada pada nota kredit sebenarnya hampir sama saja meski ada beberapa perbedaan pastinya, akan tetapi, karena pada kesempatan kali ini Mimin hanya akan memberikan pembahasan tentang pengertian note debet maka lain kali kami pasti akan memberikan pembahasan mengenai nota kredit, jadi nantikan saja pembahasan berikutnya dari kami ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.