Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya

deskriptif copy

Palembangtalk.com – Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya – Pada kesempatan kali ini Mimin akan membahas tentang Kata Parangraf. Disini Mimin akan menjelaskan terkait Deskripsi mulai dari Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya. Semua akan Mimin jelaskan secara detain dan rinci yang tentunya mudah untuk dimengerti dan dipahami dan tidak keluar dari kata makna sesungguhnya. Nah, tanpa panjang lebar mari simak penjelasan yang akan Mimin bagikan di bawah ini.

Pengertian Paragraf Deskriptif

Paragraf deskripsi merupakan salah satu sebuah paragraf yang menguraikan atau menjelaskan kepada pada pembaca mengenai sesuatu hal yang merupakan seperti objek, gagasan atau sesuatu tempat dimana peristiwa yang diilustrasi dengan secara lengkap dan secara rinci mengenai hal tersebut dengan jelas.

Yang penulisnya memang sebenarnya sengaja memakai sketsa untuk menguraikan kepada para pembaca supaya para pembaca tersebut bisa mengerti dalam hal keadaan, warna, rasa ataupun kesan yang ada pada setiap kejadian yang ada didalam cerita itu. Dengan kata deskripsi adalah salah satu sebuah melukiskan atau pun memotret sebuah subjek dengan memakai sebauah kata – kata.

Tujuan Paragraf Deskriptif

Tujuan dari paragraf deskripasi yaitu untuk mengsketsa sesuatu objek supaya setiap para pembaca bisa seakan – akan berada di dalam kejadian terebut, melihatnya dengan secara langsung, mendengarkan, merasakan atau pun mengalaminya secara langsung hanya dengan membaca apa yang sudah diuraikan oleh penulis itu sendiri.

Jenis Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif dibedakan menjadi tiga macam yakni :

  1. Paragraf deskripsi spasial adalah paragraf yang melikiskan mengenai ruang atau suatu tempat berlangsungnya sebuah peristiwa.
  2. Paragraf deskripsi objektif adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek atau orang dan mengungkapkan identitasnya dengan apa adanya sehingga membuat pembaca bisa membayangkan bagaimana sosok karakter yang digambarkannya tersebut.
  3. Paragraf deskriptif subjektif adalah paragraf yang menggambarkan objek seperti sebuah tafsiran atau kesan dari perasaan penulisnya.

Ciri-Ciri Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif sendiri memiliki beberapa ciri – ciri seperti di bawah ini :

  1. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek atau peristiwa.
  2. Penggambaran tersebutb dilakukan dengan cara yang sangat jelas dan melibatkan kesan indera.
  3. Bertujuan membuat pembaca atau pun pendengar seolah merasakan sendiri atau mengalami peristiwa yang digambarkan itu sendiri.

Baca juga : Kalimat Pengandaian, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Langkah Dalam Menulis Paragraf Deskripsi

Dalam membuat sebuah paragraf deskriptif salah satu hal yang harus kalian perhatikan yaitu sebagai berikut.

Mencari Sebuah Topik

Hal pertama yang harus kalian perhatikan jika di dalam pembuatan deskriptif yaitu salah satunya dengan mencari sebuah topik. Namun, tidak hanya mencari sebuah topik, akan tetapi kalian perlu yang namanya dalam mempelajari dan memahami topik yang akan kalian jadikan dan akan kalian angkat tersebut dengan baik sehingga kalian akan mengerti betul tentang topik yang hendak kalian angkat tersebut.

  1. Kalian bisa mencari topik yang bagus untuk diangkat dan biasanya untuk mendapatkan respon positif, ada beberapa diantara para penulis, mereka lebih memilih untuk mencari topik yang tidak biasa dan tidak secara umum.
  2. Setelah kalian sudah menemukan topik yang pas dan cocok untuk diangkat, maka kalian bisa mempelajari topik yang ingin kalian angkat tersebut dengan baik untuk memberikan pengalaman yang nyata kepada para pembaca.

Untuk memudahkan langkah diawal tentang mencari topik atau ide yang akan dicurahkan atau dituliskan ke dalam bentuk paragraf deskriptif yaitu dengan melihat apa yang ada di sekeliling kalian. Kalian bisa mencoba untuk berjalan – jalan di rumah, sekitar ruang tamu kalian, sampai ke dapur dan lihat apa yang ada di sekeliling rumah kalian. Tentu kalian akan memperoleh sesuatu atau pun objek yang bagus dan menarik untuk kalian deskripsikan. Contohnya seperti baju baru, tas mahal kesayangan, lemari buku, kursi kesayangan ibu hingga lainnya yang menjadi ide menarik atau pun objek untuk kalian tuliskan dengan secara deskripsi.

Langkah selanjutnya yang akan mempermudah kalian, maka kalian bisa mencoba untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi pertanyaan untuk mempelajari objek yang hendak kalian tulis.

  1. Bagaimana rasa, suara, bau objek ini?
  2. Berapa beratnya?
  3. Bagaimana kondisinya?
  4. Berapa tingginya?
  5. Apa rasannya?
  6. Bagaimana keadaannya?

Cobalah kembangkan terus pertanyaan lanjutan hingga kalian memang benar – benar ingin mulai memahami objek tersebut.

Baca juga : Pengertian Konfiks, Kalimat Konfiks Beserta Contohnya

Contoh Paragraf Deskriptif

Pemandangan di Pantai yang disebut dengan Red Island atau penduduk lokal lebih mengenalnya dengan Pulau Merah, merupakan salah satu sebuah pantai yang indah yang menghadap pada samudera pasifik, yang akan membuat pantai ini sendiri memiliki ombak tinggi yang menantang namun tidak juga ganas.

Ombak seperti inilah yang pertama kali membawa aku ingin mulai belajar mengarungi air dan menjadikan separuh dari hidupku dihabiskan dengan menungganginya dengan secara perkasa, dengan papan selancar warna biru yang kusebut sebagai dengan belahan hati dan jiwa.

Bersamanya, hariku habis dengan menaklukkan setiap buih putih di atas pasir merah pantai tersebut, seakan – akan berjalan tanpa adanya masalah mengendarai ombak setinggi 4 hingga 6 meter di atas tanah. Pada kali ini aku merasa bebas dari segala beban di dunia.

Baca juga : Kalimat Tunggal, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat Mimin bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung di Palembangtalk.com dan jangan lupa ikuti terus artikel yang akan Mimin bagikan selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *