Pasar Leles Garut Ludes Terbakar, Api Diduga Korsleting Listrik

Pasar Leles Garut Ludes Terbakar, Api Diduga Korsleting Listrik

Palembangtalk.com Pasar Leles Garut Ludes Terbakar, Api Diduga Korsleting Listrik – Kebakaran yang melanda pasar darurat Leles, Garut, Jawa barat, pada Minggu (20/6) malam. Seluruh kios dan lapak milik para pedagang diperkirakan hangus terbakar karena adanya pristiwa kebakaran yang melanda kios pasar darurat leles tersebut.

Kebakaran terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 23.45 WIB. Danramil Leles Kapten Infanteri Didi Suryadi menjelaskan, bahwa api diketahui api awalnya muncul dari salah satu kios Pasar Leles.

“Kemudian api dengan cepat menyebar ke kios yang berada berdampingan. Diduga api tersebut berasal dari hubungan arus pendek instalasi listrik atau korsleting,” kata Andrey, hari Senin (21/6).

Namun, menurut Didi hingga kini pemilik kios berada di lokasi api pertama kali muncul belum diketahui saat ini.

Karena kebakaran Pasar Leles terjadi sekitar pukul 23.30 WIB dan telah menghanguskan ratusan kios dan barang dagangan milik pedagang. Menurut data Kecamatan Leles, jumlah keseluruhan kios yang terbakar mencapai 412 unit.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah Parah Di DKI, Anies Perketat Aturan

kebakaran terjadi dipasar leles garut yang disebabkan konselting listrik pada satu kios di sekitar pasar

Didi mengatakan, api pertama kali muncul sekira pukul 23.45 WIB, Pada saat pedagang yang sedang menggelar lapak dagangannya tiba-tiba panik dan berhamburan menyelamatkan diri saat mereka melihat api yang mulai menyebar.

“Pedagang berteriak-teriak kebakaran. Kami dan anggota kemudian mencoba menenangkan dan membantu masyarakat ke tempat yang lebih aman dari jangkau api tersebut,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan palembangtalk.com di lokasi sekitar pukul 1.03 WIB, api masih membumbung tinggi sampai kelangit Para pedagang terlihar panik dan berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

Baca juga: Sejoli Pembuang Bayi Dalam Kantong Plastik Di Brebes Kini Di tangkap

Petugas pemadam kebakaran dengan sigap memadamkan kobaran api pada kios pasar leles garut tersebut

Tetapi karena bahan Material bangunan semi permanen yang didominasi kayu sehingga membuat api cepat menjalar ke kios-kios lainnya.

“Saya pedagang beras, dan alhamdulillah bisa selamat sedikit barang dagangan saya,” tambah Wawan (35), salah seorang pedagang di Pasar Leles.

Pada saat sekitar lokasi terdengar dentuman-dentuman kecil dari dalam area Pasar Leles yang terbakar. Warga sekitar kawasan Pasar Leles garut melihat beberapa kois yang hangus terbakar.

Lalu seorang pedagang dengan sigap menghubungi petugas pemadam kelokasi kebakaran tersebut

Dan dengan cepat sejumlah mobil pemadam api dari Dinas Pemadam Kabupaten Garut terlihat sudah berada di lokasi dan berupaya memadamkan api yang saat itu sudah menjalar ke beberapa kios sekitar lokasi kebakaran tersebut.

Baca juga: Covid-19 Naik, Warga Diminta Pakai Masker Bedah Bukan Kain

Pasar itu diketahui merupakan pasar darurat yang didirikan Pemda tahun 2017 lalu karena pasca kejadian kebakaran Pasar Tradisional Leles pada 4 tahun lalu.

Namun, sampai tahun ini, Pasar Leles belum selesai diperbaiki dan sempat terbengkali. Para pedagang terpaksa menghuni pasar darurat yang didirikan Pemda tahun 2017.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *