Pasar Leles Terbakar, 412 Kios Pedangang

PalembangtalkPasar Leles Terbakar, 412 Kios Pedangang – Dengan kebakaran melanda Pasar Leles, Garut, Sabtu (21/6) tengah malam. Hampir seluruh kios dan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang akan ada di pasar tersebut hangus terbakar.

Danramil Leles Kapten Infanteri Didi Suryadi mengatakan ada 412 kios milik dan pedagang di Pasar Leles yang akan hangus terbakar.

Dengan kios yang akan terbakar laporan sementara ada 412 dan serta 60 lapak PKL,” dengan ucapan didi kepada wartawan di lokasi, Senin (21/6/2021).

Dengan kebakaran terjadi di Pasar Leles yang berada di Jalan Raya Leles-Kadungora. Dengan seorang saksi mata mengatakan, kata Didi, api pertama kali terlihat dari sebelah utara pasar sekira pukul 23.30 WIB.

Pasar Leles Terbakar, 412 Kios Pedangang

Apinya pertama kali dari sebelah utara. Dengan pedagang teriak – teriak kebakaran. Aku dan anggota kemudian mencoba menenangkan dan membantu masyarakat ke tempat yang lebih aman,” ujar Didi.

Menurut pantauan detikcom di lokasi sekitar pukul 2.43 WIB, api hingga saat ini masih belum bisa dipadamkan. Petugas Disdamkar dibantu warga setempat masih berjibaku memadamkan api.

Pasar ini adalah dengan pasar darurat yang akan dibangun Pemuda Garut di atas tanah Alun – alun Leles pasca kebakaran yang akan melanda Pasar Tradisional Leles tahun 2017 lalu. membangunan semi permanen dengan material kayu membuat api cepat merambat.

Namun, menurut Andrey, hingga kini pemilik kios lokasi api pertama kali muncul belum teridentifikasi. Kebakaran Pasar Leles terjadi sekitar pukul 23.30 WIB dan menghanguskan ratusan kios dan barang dagangan milik pedagang. Menurut data Kecamatan Leles, jumlah keseluruhan kios yang terbakar mencapai 412 unit.

Pasar Leles merupakan pasar darurat yang dibangun Pemkab Garut di atas tanah Alun-alun Leles pasca kebakaran yang melanda Pasar Tradisional Leles 2017 lalu.

Bangunan semi permanen dengan material kayu di pasar darurat itu membuat api cepat merambat dan menyulitkan petugas memadamkan api.

“Dengan Kami sudah melakukan pengecekan langsung ke TKP kebakaran pasar relokasi sekaligus melakukan lokalisir. Untuk pemadaman api, petugas dibantu warga sekitar,” ujar Andrey.

Sampai kini belum diketahui jumlah kerugian akibat kebakaran Pasar Leles. Kecuali itu, belum diketahui adanya korban dalam peristiwa kebakaran.

Kecuali petugas damkar dan masyarakat, juga personel dari TNI, Polri, BPBD, Dishub hingga petugas PLN juga ada di lokasi. Terikat aliran listrik di sekitar lokasi kebakaran terpantau padam.

Namun penjualan pun sangat bingung dengan kebakaran tersebut, mereka berfikir mereka akan jualan di mana dan mereka pun hanya bisa melihat dengan kejadian tersebut.

Sampai – sampai mereka memanggil pemadam kebakaran dan mereka datang tepat waktu, tapi api nya sudah melar atau sudah berserakan kemana.

Malah di siram semakin nambah api nya tidak terpadam, sampai mereka pun tidak menyerah mereka berusaha supaya apinya terpadam juga akan cepat selesai. Bahkan banyak juga orang lihat – lihat kejadian itu tersebut.

Dengan petugas juga menutup Jalan Raya Leles-Kadungora untuk mempermudah jalannya proses pemadaman api. Waka Polres Garut Kompol Andrey Valentino mengatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman atas kejadian ini.

Dengan ratusan kios di pasar Leles Kecamatan Leles, di Kabupaten Garut, Jawa Barat terbakar pada minggu malam. Sambaran api melahap hampir seluruh kios di pasar tersebut.

Dengan Kios – kios pedagang ambruk lantaran api cepat membakar bangunan kios yang umumnya terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

Para pedagang hanya bisa melihat kios dan barang dagangan mereka yang sedang terbakar tanpa sempat menyelamatkannya.

Sementara tiga unit pemadam kebakaran berupaya memadamkan api dari sisi timur dan barat pasar. Data yang diperoleh kontributor tvOne, jumlah kios yang terbakar mencapai 412.

Sedang mengikuti Wawan, dengan cara pedagang beras disalah satu kios di pasar Leles. Dia baru diberi informasi soal kebakaran sekitar jam 23.00 minggu. Dia bersyukur sebagaian barang dagangannya masih bisa diselamatkan sementara pedagang lainnya tidak bisa menyelamatkan barang dagangan.

Sampai muncul saat ini api yang akan membakar pasar Leles masih menyala dan proses pemadaman masih terus dilakukan. Setidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai miliaran rupiah. Sampai garut jawa barat, Taufiq Hidayah mengabarkan. JEG

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *