Pencairan THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja

Pencairan THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja

palembangtalkPencairan THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja – Halo sobat palembangtalk, kembali lagi dengan admin nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Pencairan THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka-bukaan soal alasan pemerintah mengambil keputusan tidak membayar penuh THR PNS 2021. Kondisi COVID-19 yang masih mendera Indonesia tahun ini jadi alasan utamanya.

Menurutnya, dengan memberikan THR PNS 2021 meski tidak full, pemerintah sudah menjalankan komitmen untuk memberikan hak kepada ASN, TNI, Polri, dan pensiunan di hari raya. Namun di sisi lain, pemerintah juga melihat situasi dan kondisi penanganan COVID-19 yang masih membutuhkan dana besar dari anggaran APBN tahun ini.

Tunjangan lainnya yang  tidak masuk komponen THR 2021 merupakan tambahan penghasilan bagi guru PNS, insentif khusus, tunjangan khusus provinsi Papua, tunjangan khusus wilayah pulau kecil ikut juga

Tunjangan pengabdian bagi PNS yang bekerja dan bertempat tinggal di daerah terpencil, dan tunjangan operasi pengaman bagi TNI dan PNS yang bertugas dalam operasi pengaman pada pulau kecil juga terdampak.

Kemudian, tunjangan selisih penghasilan bagi PNS di lingkungan Sekretariat Jendral Majelis Permusyawaratan Rakyat,  Sekretariat Jendral DPR dan Badan Keahlian, serta Sekretariat Jendral DPR ( Dewan Perwakilan Republik).

Dan kemudian, tunjangan penghidupan luar negeri bagi PNS, TNI, dan serta tunjangan yang ditetapkan peraturan intansi pemerintah.

Waktu pencairan

Seperti yang disampaikan oleh Menkeu Sri Mulyani, THR PNS 2021 akan disalurkan pada H-10 sampai H-5 lebaran 2021.

Sebagaimana juga diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tertanggal 28 April 2021. Maka waktu pencairan THR PNS 2021 paling cepat pada H-10 lebaran, yaitu pada 3 Mei 2021.

Total dana yang dialokasikan untuk THR PNS dan anggota TNI/Polri tahun 2021 adalah Rp 30,6 triliun dengan rincian Rp 15,8 triliun untuk pusat dan Rp 14,8 triliun untuk daerah. Pemberian THR PNS dan anggota TNI/Polri 2021 ini diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk belanja, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat yang dapat admin bagikan kali ini buat sobat mengenai Pencairan THR PNS Tanpa Tunjangan Kinerja. Semoga dapat bermanfaat buat sobat yang sudah membaca ulasan ini hingga selesai ya. Dan jangan lupa untuk ikuti terus ulasan – ulasan terbaru yang akan admin bagikan ya.

Baca juga:
1. Santri Diusulkan Wapres Dapat Dispensasi Mudik Lebaran, Kritik Pakar Transportasi
2. Sempat Pulang ke Rumah Usai Bunuh Tetangga, lalu Pelaku Kembali ke Lokasi Lihat Evakuasi Korban
3. Gempa 5,6 Guncang Sukabumi Hingga Terasa Sampai Jakarta dan Bogor
4. Ketua Komnas HAM Khawatir Status Teroris untuk KKB Papua Menutup Jalan Damai

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *