Pengertian Abstrak, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

Pengertian Abstrak

PalembangtalkPengertian Abstrak, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya – Kali ini amdin akan membahas mengenai Abstrak. Kalian sudah pada tahu belum apa yang dimaksud dengan abstrak? Jika kalian belum tahu silahkan kalian simak ulasan berikut ini. Pasti kalian penasarankan apa itu pengertian, fungsi, jenis-jenis dan contoh dari abstrak ? Untuk itu silahkan kalian simak ulasan berikut ini dari awal hingga selesai untuk mengetahui informasi detailnya.

Pengertian Abstrak

Pengertian Abstrak, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

Abstrak adalah salah satu ringkasan dari isi dalam sebuah karya tulis ilmiah yang digunakan untuk membantu para pembaca agar lebih memudahkan untuk melihat inti dari tujuan yang ingin disampaikan penulis. Di dalam dunia internet, abstrak ini digunakan untuk memperoleh sebuah gambaran yang singkat di dalam karya tulis ilmiah, seperti halnya “display” dimana pakaian tersebut dipajang untuk dilihat para pembeli dan diuji digunakan sebelum kalian membelinya, lalu bagian yang lengkapnya itu dijual kepada pembeli yang berminat untuk membelinya.

Fungsi Abstrak

Abstrak ini berfungsi untuk memberikan sebuah informasi yang akan ditujukan kepada para pembaca yang hasil karya ilmiah yang sudah dibuat sebelumnya. Dan kesimpulannya dapat dimuat dalam satu lampiran yang memudahkan para pembaca, karena itu akan memudahkan para pembaca untuk bisa mengetahui isi karya ilmiah tanpa harus membaca keseluruhannya. Dengan adanya abstrak, maka akan memudahkan untuk menghindari dari tindakan plagiat karena di dalam penelitian apabila hanya abstraknya saja yang diperlihatkan dan dapat diperluas internet maka, penelitian tersebut ini akan sulit untuk ditiru oleh plagiat.

Baca Juga : Pengertian Surat Pribadi, Tujuan Berserta Ciri Dan Contohnya

Jenis Abstrak

Terdapar 2 jenis abstrak yaitu sebagai berikut :

1. Abstrak Informatif

Abstrak informatif merupakan abstrak yang memuat di sebuah dokumen-dokumen penting bersifat umum dan informasinya memuat informasi kuantitatif dan kualitatif.

Abstrak ini dibuat sesempurna mungkin, akan tetapi tidak boleh mengubah isi dari sebuah dokumen yang aslinya. Oleh karena itu, abstrak informatif ini akan lebih panjang dari abstrak indikatif. Biasanya artikel majalah menggunakan 100 kata hingga 250 kata, sedangkan yang berhubungan dengan laporan dan tesis biasanya menggunakan sekitar 500 kata.

2. Abstrak indikatif

Abstrak indikatif merupakan abstrak yang menunjukkan isi dari sebuah artikel isinya pernyataan umum dari sebuah dokumen, akan tetapi tidak ada informasi yang rinci mengenai hasil tujuan dan data kuantitatifnya. Terdapat berbagai macam dokumen abstrak indikatif yaitu dokumen diskusi, prosiding komerensi serta esei, dan juga tinjauan literature.

Baca Juga : Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan

Contoh Abstrak Proposal Penelitian

Agar lebih jelas, maka admin akan memberikan kepada kalian contoh abstrak proposal penelitian. Biasanya abstrak ini digunakan untuk syarat dalam pengajuan dana penelitian ataupun izin untuk melakukan penilitian. Karena proposal ini sangat penting buat kalian ingin mengadakan penelitian.

Proposal Penelitian

“Tas Bermotif Berbahan Limbah Plastik Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Limbah Plastik di Kota Banyuwangi”

Disusun Oleh: Dewi Maharani

Permasalahan yang sering terjadi di Negara ini tidak akan lepas dengan adanya limbah plastik.

Pemerintah hingga saat ini terus menerus membuat berbagai program untuk bisa mengurangi limbah plastik. Sifat plastik bisa terurai dalam kurun waktu yang lama yaitu dalam jangka 500 tahun kedepan. Selain itu, jumlah plastik yang semakin bertambah tidak akan sebanding dengan pengurangan jumlah limbah plastik tersebut. Sehingga, banyak yang terjadi pencemaran lingkungan seperti: udara, air, tanah , dan yang lainya. Karena limbah plastic ini sangat sulit untuk dimusnahkan.

Dengan berbagai permasalahan yang terjadi maka penulis berencana untuk membuat sebuah produk local yaitu tas yang berbahan dasar dari limbah plastik. Tas ini terdiri dari berbagai macam-macam motif supaya terlihat estetiknya. Adanya program tersebut bahwa penulis berharap dapat membantu pemerintah untuk bisa mengurangi limbah plastik yang terus meningkat.

Penulisan karya tulis ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjabarkan permasalahan secara detail. Dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan study observasi dengan cara mengamati secara langsung masyarakat. Melalui pemanfaatan dari limbah plastik ini berharap bisa mengatasi permasalahan limbah plastik yang ada di kota Banyuwangi ini. Dan dapat membantu kesejahteraan masyarakatnya.

Kata Kunci : Tas, plastik, local

Sekian ulasan mengenai Pengertian Abstrak, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *