Pengertian Akulturasi Dengan Proses dan Contohnya

Pengertian Akulturasi

palembangtalkPengertian Akulturasi Dengan Proses dan Contohnya – Kali ini Admin akan membahas mengenai Pengertian Akulturasi. Untuk kalian yang belum tahu mengenai Pengertian Akulturasi, dan ingin belajar memahami nya. Maka kalian dapat mengikuti ulasan dibawah yang akan Admin jelaskan ya. Karena pada ulasan ini Admin akan menjelaskan secara rinci tentang Pengertian Akulturasi Dengan Proses dan Contohnya.

Pengertian Akultrasi

Pengertian Akulturasi Dengan Proses dan Contohnya

Akultrasi ialah proses dimana kelompok atau seseorang dari satu budaya datang dengan tujuan mempraktik atau meniru dengan budaya lain, tetapi juga ikut mempertahankan budayanya sendiri tanpa menghilangkan sifat budaya dia sendiri. Akultrasi biasanya terjadi dalam budaya mayoritas yang mengadopsi unsur budaya masyarakat minoritas

Contoh berikut, yang terjadi pada orang imigran yang dimana etnis berbeda dari masyarakat mayoritas di tempat masyarakat imigrasi.

Baca juga: Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya

Proses Akultrasi

Proses akultrasi yang terjadi di Indonesia sangatlah beragam, karena akultrasi dapat terjadi melalui kontak atau hubungan budaya. Berikut penjelasannya

  • Ada hubungan sosial yang terjadi di lingkungan kalangan masyarakat.
  • Ada hubungan budaya berbagai situasi, seperti: antar teman, maupun musuh.
  • Ada hubungan kontak budaya dari kelompok yang menguasai maupun dari kelompok yang dikuasai oleh semua unsur-unsur budaya, seperti: teknologi, ekonomi, ilmu pengetahuan.
  • Ada hubungan kontak budaya dari masyarakat yang mempunyai warga banyak maupun sebaliknya.
  • Ada hubungan kontak budaya antar sistem budaya, sosial dan unsur budaya fisik.

Bentuk Akulturasi

Hubungan antar suatu kebudayaan sudah sering terjadi, meskipun kebudayaan asing telah masuk dalam budaya Indonesia sendiri namun tidak mengubah kebudayaan yang telah ada melainkan untuk menjadikannya lebih baik kedepannya. Ada beberapa bentuk dari akultrasi tersebut diantaranya:

Penjelasannya

  • Subsitusi ialah, sarana untuk ganti budaya lama dengan budaya baru sehingga akan lebih baik kedepannya.
  • Sinkretisme ialah, perpaduan antara suatu budaya lama dengan budaya baru sehingga menghasilkan suatu sistem baru.
  • Penambahan ialah, proses menggabungkan antara dua budaya atau lebih sehingga memberikan nilai tambah pada budaya itu.
  • Penggantian ialah, suatu perubahan budaya lama yang diganti dengan budaya baru sehingga lebih praktis dan efisien.
  • Originasi ialah, proses masuknya budaya baru untuk memberikan perubahan yang sangat besar. Contoh: beberapa daerah terpencil sudah menggunakan listrik.
  • Penolakan ialah, masuknya budaya baru yang masuk tetapi ditolak, karena faktor manusia tersebut yang tidak siap dalam menerima faktor budaya baru.

Baca juga : Kalimat Pengandaian, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Contoh Akulturasi

Berikut contoh akultrasi yang sering dilihat atau dijumpai di lingkungan sekitar diantaranya:

  1. Seni Bangunan
    Contoh yaitu bangunan candi.
    Kenapa? Karena bangunan candi menggabungkan seni budaya Indonesia dengan budaya asing. Salah satunya yaitu adalah candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah.
  2. Seni Tari
    Contoh yaitu tari lenong, dan gambang kromong yang karena gabungan antara Betawi dengan China. Yang pada dulunga dikenal tetapi pada zaman sekarang sudah mulai redup tarian tersebut. Semoga suatu saat tarian ini bisa terkenal seperti zamanya.
  3. Sistem Pakaian
    Contoh yaitu pakaian adat betawi yang mempunyai ciri khas seperti, mekakai tutup kepala yang dipadukan dengan baju jas, leher tersebut ditutup, memakai celana panjang, pada bagian pinggang terdapat selembar kain batik dan bagian perut dilengkapi dengan senjata belati.
  4. Seni Rupa
    Contoh yaitu patung Budha yang merupakan gabungan dari kesenian dari budaya india.
  5. Seni Sastra
    Contoh yaitu yang terdapat di pulau kalimantan, jawa timur, jawa tengah, yang sering kita jumpai ialah prasasti kuno yang merupakan perpaduan antara hindu budha.
    Prasasti tersebut ditulis menggunakan huruf pallawa.
  6. Kalender
    Sistem kalender Indonesia pada saat ini menggunakan sistem kalender Qomariyah dengan tahun saka.
  7. Pemerintahan
    Dengan adanya kebudayaan Hindu Budha sangat ini mempengaruhi sistem pemerintahan Indonesia. contoh yaitu seperti perubahan pada kepala pemerintahan yang dulu kepala suku menjadi seorang raja.
  8. Adat Kebiasaan
    Kamu dapat melihat nya pada budaya China dan Islam. salah satu contoh tersebut yaitu saling tolong menolong dan saling berbagi di bulan syawal. Dimana saling berbagi dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama.

Itulah informasi yang sudah Admin bagikan mengenai Pengertian Akulturasi Dengan Proses dan Contohnya. Semoga dengan adanya pembelajaran diatas dapat bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *