Pengertian Debat, Unsur-Unsur, Beserta Strukturnya

pengertian debat

Palembangtalk.com – Pengertian Debat, Unsur-Unsur, Struktur Beserta Contohnya – Pada pertemuan kali ini Mimin akan membahas materi tentang Debat. Di mulai dari pengertian, unsur – unsur, struktur dan tata cara dalam berdebat beserta dengan penjelasan lengkapnya, khusus untuk kalian pelajari yang tentunya akan Mimin jelaskan secara detail dan rinci yang mudah dipahami dan dimengerti oleh kalian semuanya. Untuk itu simak penjelasan di bawah ini hingga selesai.

Debat adalah salah satu sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengadu argumentasi atau alasan antara satu pihak dengan pihak yang satu atau yang tujuannya untuk mendiskusikan dan memutuskan suatu masalah maupun dalam menentukan suatu perbedaan yang harus dipecahkan.

Dalam pengertian lain, Debat menurut pengertian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) merupakan salah satu suatu pembahasan atau pertukaran tentang pendapat suatu hal dengan saling memberi argumen dalam mempertahankan apa yang menjadi pendapat mereka masing – masing. Nah, untuk lebih jelasnya ketahui unsur – unsur debat di bawah ini.

Baca juga : Kalimat Kompleks, Kalimat Setara, Campuran, Dan Contohnya

Unsur – Unsur Debat

Berikut ini merupakan unsur-unsur debat yang perlu kalian di bawah ini.

  1. Terdapat dengan adanya Mosi, mosi mempunyai nilai penting dalam suatu debat. Mosi menjadi salah satu suatu topik dalam perdebatan yang sifatnya secara konvensional. Perlu kalian ketahui di dalam mosi itu sendiri terdapat pihak pro dan kontra.
  2. Terdapat dengan adanya Tim afirmatif atau pro yakni, tim yang sepakat dalam suatu hal yang diperdebatkan oleh seksama. Tim pro inilah yang mengawali pidatonya tentang alasan mengapa mendukung pernyataan didalam mosi tersbeut.
  3. Selanjutnya terdapat adanya Tim oposisi atau kontra yakni, tim yang tidak sepakat dalam hal yang diperdebatkan. Pihak kontra inilah yang harus menyangkal pihak afirmatif atau pihak pro.
  4. Terdapat adanya Tim netral atau pihak penengah yakni, tim yang memberikan 2 sisi baik dalam dukungan ataupun sanggahan terhadap suatu topik yang sedang diperdebatkan. Dalam pihak ini tidak boleh menaruh dukungan dan tidak boleh condong atau membela salah satu pihak itu
  5. Terdapat adanya moderator yang memiliki tugas untuk mengatur jalannya suatu dalam perdebatan.
  6. Terdapat adanya peserta debat untuk menentukan hasil akhir bersama dengan juri debat.
  7. Terdapat adanya Penulis atau notulen yaitu orang yang tugasnya menulis suatu kesimpulan dalam debat.

Tujuan Debat

Adapun tujuan debat yang perlu kalian perhatikan diantaranya adalah.

  • Dapat melatih suatu mental diri dan keberanian.
  • Mampu mematahkan atau mempertahankan pendapat dari pihak satu.
  • Mampu melatih sikap yang kritis dalam perdebatan.
  • Mampu meningkatkan kemampuan dalam merespon suatu masalah yang terjadi.
  • Meningkatkan kemampuan kita.

Struktur Debat

  • Hal pertama yaitu dengan memperkenalkan anggota tim kita masing – masing.
  • Menyampaikan argumentasi atau gagasan mosi yang telah diberikan.
  • Jika ingin memulai debat, maka anggota tim harus beradu argumen.
  • Masing – masing tim debat harus memberikan kesimpulan.
  • Dan yang terakhir yaitu dengan memberikan keputusan.

Baca juga : Kalimat Sufiks, Pengertian Sufiks Beserta Contohnya

Tata Cara Debat

Nah, yang tidak kalah pentinya saat ingin berdebat adalah dengan mengetahui tata cara dalam Debat. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini supaya kalian lebih paham.

Berikut ini tata cara debat :

  • Tata cara pertama, pertanyaan maupun sanggahan harus dikemukakan secara baik, professional yang artinya tidak boleh menghina yang menjadi lawan kita, tidak boleh merendahkan lawan, tidak berkata jelek atau kasar, dan tidak menyerang secara pribadi.
  • Tata cara kedua, saat berbicara harus kritis dan tidak boleh terbata-bata dalam menyampaikan suatu argument.
  • Tata cara ketiga, harus focus pada pihak lawan atau suatu argument yang menjadi lawan. Dan harus mengetahui kelemahan atau kelebihan karena itu merupakan salah satu strategi dalam debat, agar kita dapat menyangkal argument pihak lawan.
  • Tata cara keempat, adanya batasan dalam menyampaikan suatu argument adalah tiga poin.
  • Tata cara kelima, harus sesuai dengan logika dalam menyusun , dalam menyampaikan suatu argument dan dalam memberi pertanyaan pada pihak lawan.
  • Tata cara keenam, mengetahui suatu kesalahan didalam berpikir seperti kesalahan logis dan harus memakai secara efektif dalam menyangkal suatu argument pihak lawan tersebut.
  • Dan yang ketujuh, materi dan isi harus disajikan secara akurat. Dan artinya, dalam menyampaikan isi atau materi harus didasarkan dengan data atau fakta supaya isinya dapat diterima dalam suatu debat.

Baca juga : Pengertian Homofon Dan Contohnya, Cek Disini Penjelasannya

Demikianlah informasi kali ini mengenai Pengertian Debat, Unsur-Unsur, Beserta Strukturnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *