Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan

Kebugaran Jasmani

palembangtalk Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan – Kali ini Admin akan menjelaskan materi pembelajaran mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan secara detail.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani ialah dua kata yaitu kebugaran yang artinya suatu aktivitas atau pergerakan yang dilakukan di lapangan dan tempat olahraga lainnya, dan jasmani segala sesuatu yang berhubungan dengan tubuh atau fisik seseorang dan Kebugaran jasmani adalah keadaan kemampuan jasmani yang dapat menyesuaikan fungsi pada tubuhnya terhadap jasmani tertentu dan terhadap keadaan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

  • Memperkuat daya tahan tubuh.
  • Mengurangi stres
  • Terhindar dari penyakit keropos.
  • Mengurangi lemak pada tubuh obesitas
  • Meningkatkan stamina dan daya tubuh
  • Memperkuat otot sendi
  • Menghindari penyakit jantung

Unsur – Unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki unsur-unsur diantaranya:

Kekuatan otot

Kekuatan otot dilatih dengan push up, sit up, pull up. Push up yaitu melatih otot lengan, sit up melatih otot perut, dan pull up melatih kekuatan lengan tangan dan perut.

Daya tahan otot

Daya otot dilatih dengan olahraga side jump, vertical jump. Vertical jump memperkuat daya otot pada tungkai, side jump memperkuat daya ledak otot pada bagian tungkai dan paha.

Komposisi tubuh

Komposisi tubuh membutuhkan latihan yang ekstra dan berkaitan dengan paru-paru, jantung dan sistem peredaran darah. Olahraga yang dapat meningkatkan stamina tubuh yaitu lari dengan waktu 30 menit setiap hari.

Kecepatan

Latihan kecepatan bisa dilakukan dengan lari dan joging,kemampuan atau laju gerak yang dapat berlaku untuk tubuh secara keseluruhan untuk melaksanakan gerak yang sama atau tidak sama.

Kelincahan

Kelincahan yaitu bagaimana reaksi seseorang dalam melakukan olahraga dan kelincahan Ialah kemampuan untuk mengubah arah tubuh secara efisien, hal ini diperlukan suatu kombinasi dari keseimbangan, koordinasi, kecepatan, refleksi dan kekuatan.

Keseimbangan

Keseimbangan itu sendiri yaitu bagaimana cara mempertahankan sikap tubuh yang tepat pada saat seseorang melakukan gerakan.

Kelenturan

Kelenturan itu sendiri ialah gerakan di sekitar persendian. Jika ingin meningkatkan fleksibilitas, maka aktivitas yang dapat memperpanjang otot Yaitu berenang atau  suatu program peregangan dasar.

Baca juga ; Pengertian Surat Pribadi, Tujuan Berserta Ciri Dan Contohnya

Contoh Kebugaran Jasmani

  • Push up
  • Sit up
  • Shuttle run
  • Lompat jauh
  • Squat jump
  • Pull up,
  • Renang

Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Pada Remaja

Kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor – faktor diantaranya:

1. Makanan

Setiap manusia memerlukan makan yang cukup untuk mempertahankan hidup secara layak, yaitu memenuhi syarat makan sehat lima sempurna, cukup energi, dan nutrisi.

2. Istirahat

Kelelahan merupakan suatu indikator dari keterbatasan tubuh manusia. Makan dengan itu istirahat diperlukan agar tubuh dapat melakukan pemulihan atau penyembuhan sehingga dapat melakukan kerja dengan aman.

3. Olahraga

Olahraga yaitu melatih tubuh agar terlihat sehat dan kuat secara jasmani maupun rohani. Dengan  adanya olahraga yang teratur akan menjadi suatu yang terbaik dalam proses pembentukan tubuh seseorang. Anjuran untuk melakukan olahraga yaitu 1 jam setiap hari.

Faktor  yang mempengaruhi kebugaran jasmani menurut buku Panduan Kesehatan Olahraga, yaitu:

  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Genetik
  • Makanan
  • Rokok

Bentuk-bentuk Kebugaran Jasmani

1. Lari cepat 100 meter

 Bertujuan mengukur kemampuan kecepatan    lari

2. Baring duduk/Sitt up

Bertujuan mengukur kekuatan dan ketahanan pada otot perut

3. Multi tahap

Pada dasarnya secara langsung, peserta berlari secara bolak balik sepanjang jalur lintasan yang telah diukur, kemudian sambil mendengarkan tanda yang berupa bunyi  (Tut) yang terekam dalam kaset.

Baca juga : Pengertian Konfiks, Kalimat Konfiks Beserta Contohnya

Kesimpulan

Kesimpulan dari kebugaran jasmani yaitu demi merawat tubuh, seseorang dapat berlatih dengan berbagai cara agar kesehatan tubuh terjaga dengan cara melakukan  olahraga agar terhindar dari macam penyakit serta bagian penting yaitu menjaga tubuh dan tetap mampu melakukan aktivtias dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Itulah materi mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani, Manfaat, Unsur, Dan Bentuk Latihan yang dapat Admin sampaikan untuk kalian semua. Semoga dengan adanya materi pembelajaran diatas dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti ulasan berikut agar dapat menambah wawasan informasi kalian ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *