Pengertian Majas Antiklimaks, Ciri Dan Contoh Kalimat

Pengertian Majas Antiklimaks

palembangtalkPengertian Majas Antiklimaks, Ciri Dan Contoh Kalimat – Ulasan kali ini Admin akan membahas mengenai Pengertian Majas Antiklimaks, Ciri Dan Contoh Kalimat. Untuk kalian yang tidak tahu apa itu Majas Antiklimaks, kalian bisa simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Majas Antiklimaks

Majas antiklimaks merupakan suatu majas yang digunakan secara berutan, urutan gagasan yang berjenjang turun dan semakin menurun intensitasnya. Majas tersebut merupakan kebalikan dari majas klimaks yang digunakan kata – kata, yang urutannya dari yang paling rendah ke yang paling tinggi.

Bahkan majas antiklimaks bisa ditemukan dari ciri – ciri kata yang – kata yang dipergunakan urutanya dari yang paling atas ke yang paling rendah, urutannya seperti 3 – 2 – 1. Meskipun memiliki urutan kata – kata yang berbeda, majas antiklimaks dan klimaks masih mempunyai persamaan, persamaannya yaitu kedua majas tersebut sama – sama termasuk dalam majas penegasan.

Ciri-ciri Majas Antiklimaks

Majas Antiklimaks mempunyai ciri-ciri seperti di bawah berikut :

1.) Majas antiklimaks yaitu kata yang mempunyai susunan atau hierarki menurun, artinya susunannya sendiri berurutan menurun dari tingkat paling tinggi menuju ke tingkatan yang paling rendah.

2.) Majas antiklimaks itu sendiri sudah banyak yang menggunakan kata penghubung, yaitu : sampai, hingga, bahkan. Dan juga menggunakan awalan, yaitu : mulai, dan darimana.

Baca juga : Pengertian Kalimat Efektif, Cara Penggunaan, Dan Contohnya

Contoh Kalimat Antiklimaks

1.) Mulai dari Ayah, Ibu hingga Kakak dan Adik, mereka semua pergi liburan ke Danau Toba.

2.) Rapat kali ini dihadiri oleh semua staff perusahaan mulai dari direktur, manager, sekretaris, bendahara, dan staf lainya.

3.) Supaya Indonesia menjadi Negara maju, Pemerintah hingga seluruh rakyat Indonesia harus saling bekerja sama.

4.) Film ini mendapatkan banyak nominasi award karena film tersebut dibintangi oleh artis senior hingga orang baru.

5.) Pada hari ini aka ada pengumuman untuk menentukan siapa yang menjadi juara 1, juara 2 hingga juara 3 dalam lomba 17 Agustusan di Desa Maju.

6.) Tiket Konser BTS terjual habis hanya dalam beberapa jam untuk semua kelas mulai dari kelas VVIP, VIP.

7.) Jalur kereta listrik terbaru melayani rute perjalanan antar kota mulai dari kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.

8.) Upacara kemerdekaan Indonesia biasanya akan dihadiri oleh perwira tinggi TNI – Polri

9.) Kenaikan harga pangan membuat seluruh masyarakat Indonesia merasa keberatan, bahkan dari kalangan atas, kalangan menengah hingga kalangan bawah.

10.) Seluruh harga yang ada di toko ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari ratusan juta, puluhan juta hingga ratusan ribu.

Contoh Kalimat dengan Majas Antiklimaks Panjang

1.) Alasan yang membuat film tersebut wajib untuk kamu ditonton, selain karena alur cerita yang menarik dan tidak biasa, begitu pula dengan alur cerita horror yang diusungnya. Namun ada salah satu alasan yang membuat film tersebut pantas ditunggu yaitu jajaran aktor senior hingga aktor pendatang baru yang menjadi pemeran nya.

2.) Sekarang Kereta Api telah menjadi moda transportasi darat yang sangat nyaman karena selain menyediakan rute perjalanan panjang dari Jakarta menuju Surabaya bahkan di luar Jawa yaitu sumatera. Kereta Api juga mempunyai berbagai macam kelas mulai dari kelas Eksekutif, Bisnis hingga Ekonomi.

3.) Industri kuliner di Indonesia tumbuh semakin besar dikarenakan adanya inovasi yang dicetuskan oleh para pendiri usaha yang melibatkan pelaku usaha mikro menengah hingga pelaku usaha makro dalam sekala tinggi.

4.) Acara kali ini tidak hanya mengadakan pesta perayaan ulang tahun desa namun mengajak seluruh anggota di lingkungan desa untuk hidup sehat dengan acara lari bersama. Acara ini dihadiri olehKades, Kepala dusun, RT/RW hingga  warga nya.

5.) Rencananya acara kali ini akan membahas mengenai kesadaran diri dalam menghadapi wabah pandemi yang berkelanjutan, di mana kita akan belajar untuk mengikuti anjuran pemerintah yaitu taat prokes yaitu menjaga kebersihan, menjaga jarak, menggunakan masker yang benar. Acara ini diikuti oleh orang dewasa, mahasiswa, pelajar hingga anak-anak.

Baca juga : Pengertian Majas Personifikasi, Ciri -Ciri Berserta Contohnya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Majas Antiklimaks, Ciri Dan Contoh Kalimat yang sudah Admin sampaikan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *