Pengertian Memo, Ciri-Ciri Dan Jenisnya

Pengertian Memo

PalembangtalkPengertian Memo, Ciri-Ciri Dan Jenisnya – Apakah Kalian sudah tahu apa itu memo? Jika kalian berlum tahu. Maka ini tempat yang tepat buat kalian. Karena admin akan membahas mengenai Pengertian Memo, Ciri-Ciri Dan Jenisnya. Untuk itu silahakan kalian simak ulasan ini dari awal hingga selesai. Supaya kalian mengetahui informasi detailnya.

Pengertian Memo

Pengertian Memo, Ciri-Ciri Dan Jenisnya

Memo adalah sebuah tulisan yang dibuat sangat singkat. Memo ini dibuat dnegan padat, jelas dan sangat mudah dipahami. Biasanya memo sendiri memiliki sifat yang lebih santai atau informal. Karena ditulis dengan singkat dan memo hanya ditulis setidaknya dalam 10 baris saja. Memo ini dituliskan dengan rapi, bisa ditulis tangan dan juga diketik.

Memo ini berfungsi untuk penegasan dan pengingat mengenai suatu hal ataupun suatu urusan. Karena isi dari memo merupakan berupa sebuah permintaan, instruksi atau sebuah pemberitahuan yang dapat diberikan pada pembuat memo untuk si penerima memo. Memo ini juga dapat berisikan mengenai saran, pesan dan juga tugas tugas tertentu yang harus dilakukan. Dan tujuannya yaitu untuk meminta dan juga memberikan sebuah informasi atau berupa sebuah petunjuk yang akan diberikan pada seseorang yang dipercaya atau berkompeten untuk melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh si pemberi memo.

Ciri – Ciri Memo

Beikut ini ciri-ciri dari memo :

  1. Maksud dan tujuan yang disampaikan harus jelas.
  2. Memo ini ditulis dengan lengkap dengan memasukkan nomor, tujuan, permasalahan, nama orang yang dituju hingga tanda tangan dari pembuat memo.
  3. Bersifat informal atau tidak formal.
  4. Tetapi walaupun begitu memo ini memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan surat resmi karena bentuknya lebih ringkas dan terdapat catatan salinan di dalamnya.
  5. Memo tidak terikat dengan suatu bentuk seperti yang ada pada surat resmi.
  6. Memo dapat ditulis di dalam bentuk orang mau pun di dalam bentuk surat.

Jenis – Jenis Memo

Berikut ini beberapa jenis dari memo :

1.) Memo Resmi

Jenis pertama yaitu memo resmi yang dapat digunakan untuk pernyataan di dalam hubungan resmi.

2.) Memo Bersifat Pribadi atau Memo Tidak Resmi

Jenis memo ini adalah memo pribadi. Biasanya digunakan untuk surat pernyataan atau nota yang sifatnya tidak resmi.

Baca Juga : Kalimat Pengandaian, Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Struktur dan Bagian – Bagian Memo

Berikut ini beberapa struktur atau bagian bagian yang harus ada di dalam memo sebagai berikut :

1.) Kepala Memo

Struktur pertama yang harus ada pada memo yaitu Kepala Memo, dan bagian kepala memo ini yaitu berisikan Kop Memo apabila memo tersebut bersifat resmi seperti logo dan lambang instansi. Akan tetapi, jika tidak, kepala memo ini dapat menggunakan nama pengirim dan juga nama penerima. Dan di bagian kepala ini dituliskan alamat dari dari penerima memo.

2.) Badan Memo

Struktur yang kedua yaitu badan memo, pada bagian ini terdiri dari sisi memo. Dan berisikan informasi ataupun perintah atau laporan apa yang hendak disampaikan di pengirim pada penerima memo.

3.) Kaki Memo

Struktur yang terakhir yaitu kaki memo. Di bagian ini terdiri dari tanda tangan serta nama yang jelas dari pembuat memo.

Baca Juga : Paragraf Deskriptif, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya

Langkah – Langkah dalam Menulis Memo Sebagai Berikut :

Berikut ini langkah – langkah yang harus kalian lakukan :

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu meyiapkan blangko memo yang akan kalian gunakan.
  2. Kalian juga dapat mengetik memo dengan rapi atau dapat menuliskannya dengan menggunakan tangan ataupun tulisan tangan.
  3. Pesan yang disampaikan pada memo ini juga harus dituliskan secara singkat, padat, lugas, dan juga mudah untuk dimengerti oleh penerima memo.
  4. Harus memberikan nama yang jelas dan tanda tangan di kaki memo dan juga memberikan nama jelas dari penerima memo.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Memo, Ciri-Ciri Dan Jenisnya. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat kalian yang sudah membacanya dan terimaksaih telah berkunjung. Dan jangan lupa ikuti terus artikel ini supaya kalian bisa mengetahui informasi terbaru yang akan admin bagikan selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *