Pengertian Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya

Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya

palembangtalkPengertian Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya – Pada kesempatan ini Admin akan membahas mengenai Pengertian Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya. Untuk kalian yang belum mengenai Narasi, silahkan kalian ikuti penjelasan dibawah ini sampai selesai ya.

Pengertian Paragraf Narasi

Paragraf atau kalimat narasi yaitu paragraf yang menceritakan mengenai terjadinya peristiwa yang sedang terjadi berdasarkan kronologi dan alur waktu.

Peristiwa yang telah di disampaikan dalam paragraf tersebut, berisi cerita nyata atau pun non fiksi dan bisa juga kisah khayalan atau pun fiksi.

Paragraf narasi dibentuk untuk membuat pembaca supaya seolah – olah bisa mengalami sendiri peristiwa yang sedang di jelaskan dalam kalimat tersebut.

Karangan narasi muncul dalam beberapa bentuk karangan yaitu cerpen, novel, biografi dan roman.

Tujuan pembuatan kalimat narasi yaitu untuk menyampaikan suatu informasi dan memperluas wawasan pengetahuan serta memberikan pengalaman estetis bagi pembaca.

Baca juga : Pengertian,Ciri-ciri Berserta Jenis Dan Penggunaan Kata Baku

Ciri-ciri Paragraf Narasi

Secara luas karangan narasi mempunyai beberapa ciri ciri seperti berikut :

1.) Mempunyai unsur unsur utama yang terdapat di dalam yaitu alur atau plot, konflik dan latar.

2.) Umunya menggunakan sudut pandang penulis.

3.) Membahas adanya pengalaman dari si penulis.

4.) Mempunyai unsur rangkaian waktu dan informasi yang ada di dalamnya.

5.) Adanya menonjol unsur tindakan dan perbuatan.

6.) Mempunyai latar belakang suasana dan latar waktu.

7.) Mempunyai tokoh dan juga watakan yang tergambar dengan sangat jelas.

8.) Menggunakan alur waktu dan tempat yang saling berhubungan.

Jenis Paragraf Narasi

Karangan narasi tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu narasi sugestif dan narasi ekspositoris. Berikut jenis jenis karangan narasi beserta pembahasannya

1.) Paragraf Narasi Sugestif

Yaitu sebuah karangan yang menggambarkan mengenai adanya kejadian yang tersusun sedemikian rupa untuk dapat merangsang khayalan pembaca mengenai kejadian yang disajikan.

Tujuan dari karangan tersebut yaitu untuk memberikan makna dari suatu kejadian sebagai suatu pengalaman. Karangan tersebut bisanya dipergunakan untuk menjelaskan suatu proses atau rangkaian kejadian.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif :

Aku sedang menunggu di pinggir rumah ketika dia datang dari arah barat sambil lari terbirit-birit, aku tahu dia gelisah karena telat menjemputku yang seharusnya sudah sampai 5 menit yang lalu.

Saat sampai dia tidak langsung berbicara sepatah kata namun ia juga tak mampu membuka suaranya. Karena nafasnya telah habis karena dia berlari untuk segera tiba di rumah.

2.) Paragraf Narasi Ekspositoris

Yaitu sebuah karangan yang berisi rangkaian tindakan guna menyampaikan secara informative supaya si pembaca dapat memahami peristiwa yang terjadi secara tepat.

Tujuan dari karangan tersebut yaitu untuk menyampaikan sebuah informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi sehingga membuat pengetahuan si pembaca menjadi semakin luas.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris:

Beternak ikan lele ternyata tidak sesulit yang dibayangkan yang utama oleh peternak yang baru merintis untuk berternak lele. Langkah pertama yang dilakukan untuk beternak lele yaitu dengan membuat kolam yang sesuai ukuran.

Kemudian membeli bibit lelet yang masih kecil kemudian diletakkan di dalam kolam dan memberi makan bibit lelek dengan pelet yang sesuai lalu merawatnya hingga besar.

Baca juga : Contoh Kalimat Berita Positif Dan Berita Negatif, Cek Disini

Contoh Singkat Paragraf Narasi

Berikut ini Contoh Karangan Narasi Fiksi yang dapat kalian ketahui ya.

Contoh Karangan Narasi Fiksi

Setiap weekend Roy selalu pergi ke rumah kekasih nya yaitu Putri. Putri tinggal bersama orang tua nya. Oleh karena itu Roy jarang berkunjung untuk menemani Putri . Terkadang Roy bertemu dengan teman – teman yang kebetulan berkunjung ke rumah putri. Satu aktivitas yang disukai Roy saat berkunjung ke rumah nenek yaitu berfoto-foto. Putri mempunyai peliharaan yaitu burung beo yang pandai berbicara. Roy terbiasa berbicara dan bermain bersama burung beo, Tidak lupa juga memberi makan burung tersebut. Roy sangat senang berlibur di hari weekend di rumah kekasih nya.

Demikianlah ulasan singkat yang sudah Admin bagikan mengenai Pengertian Narasi Secara Lengkap Dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *