Pengertian Tanggung Jawab, Manfaat, Jenis Dan Contohnya

Pengertian Tanggung Jawab

PalembangtalkPengertian Tanggung Jawab, Manfaat, Jenis Dan Contohnya – Tanggung Jawab adalah salah satu sikap yang harus kita miliki dan bahkan dibentuk sejak sekarang ini. Karena pada mulai dari kecil kita diajarkan untuk bisa bertanggung jawab dan memiliki rasa tanggung jawab, oleh sebab itu sikap ini akan terbawa hingga kita dewasa.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita memiliki rasa tanggung jawab, baikitu untuk diri sendiri, keluarga maupun pada Negara.

Pengertian Tanggung Jawab

Sebelum admin membahas lebih jelas mengenai tanggung jawab, maka admin sudah merangkum pengertian tanggung jawab dari berbagai macam sudut pandang. Silahkan kalian simak berikut ini :

1. Pengertian Tanggung Jawab Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tanggung jawab adalah salah satu keadaan dimana seseorang memiliki kewajiban dalam menanggung segala sesuatu, atau menanggung segala akibatnya.

2. Pengertian Tanggung Jawab Secara Harfiah

Menurut harfiah tanggung yaitu sebagai keadaan seseorang wajib menanggung segala sesuatunya walaupun seseorang tersebut dituntut, diperkarakan, dipersalahkan, dan hak yang berfungsi untuk penerimaan beban yang diakibatkan oleh pihak lain.

3. Pengertian Tanggung Jawab Secara Umum

Kalau pengertian secara umum yaitu kesadaran seseorang akan perbuatannya yang disengaja ataupun tidak sengaja. Tanggung jawab tersebut dilakukan dalam keadaan dimana seseorang tersebut sedang dalam kondisi sadar akan kewajibannya. Apabila seseorang memiliki tanggung jawab ini maka ia sudah termasuk seseorang yang memilki kejujuran tinggi dan kepedulian yang tinggi.

Akan tetapi seseorang yang kehilangan tanggung jawabnya maka, ada pihak lain yang akan memaksakan tanggung jawab tersebut. Maka dengan begitu, tanggung jawab tersebut dapat dilihat dari 2 sisi diantaranya dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri Ciri, dan Contoh Kalimatnya

Manfaat Sikap Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab tersebut memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat dari sikap bertanggung jawab :

1.) Lebih Dihargai Orang Lain

Adanya sifat tanggung jawab seseorang akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena didalam tanggung jawab tersebut, tidak akan melalaikan tugasnya dan akan bertanggung jawab apabila, ia melakukan kesalahan dalam tugasnya.

2.) Mempunyai Ketelitian Tinggi

Biasanya orang yang memiliki sifat tersebut akan memiliki sifat teliti yang tinggi karena, ia juga akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

3.) Akan Lebih Dipercaya Orang Lain

Sifat tanggung jawab ini adalah salah satu sikap yang baik, maka bila seseorang memiliki sifat tersebut pasti akan dipercaya banyak orang.

Baca Juga : Pengertian Kata Depan Beserta Contohnya, Cek Disini

Jenis Jenis Tanggung Jawab Dan Contoh

Berikut ini beberapa jenis tanggung jawb dan contohnya :

1.) Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Tanggung jawab memiliki tanggung jawab dalam dirinya sendiri, cuma diri sendirilah yang tahu mengenai makna dan pencapaian apa yang harus diselesaikan untuk menuntaskan tanggungbjawab pada diri sendiri.

Contohnya : Apabila ingin lulus kuliah tepat waktu dengan ipk terbaik. Maka kalian harus belajar dengan giat dan bertanggung jawab untuk waktu yang dimiliki. Dia harus tahu kapan waktu dia belajar dan juga bersantai pada dirinya.

2.) Tanggung Jawab Pada Keluarga

Yang kedua yaitu tanggung jawab terhadap keluarga. Tanggung jawab ini adalah salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk keluarganya. Tanggung jawab ini tidak melulu soal menjadi tulang punggung. Tetapi bisa seperti tanggung jawab seorang anak untuk bisa menyelesaikan pendidikan dan membuat orang tua bangga.

Contohnya seperti seorang anak harus menghormati orang tuanya karena itu adalah salah satu kewajiban seorang anak. Oleh karena itu, dari itu anak harus dapat bertanggung jawab pada orang tuanya seperti, menghormatinya dan juga menyayanginya.

3.) Tanggung Jawab Pada Masyarakat

Sebagai makhluk hidup, apsti kita memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi dengan masyarakat di lingkungan di tempat kita tinggal.

Contohnya yaitu jika ada seseorang yang tidak ikut kerja bakti Karena ia bermalas-malasan. Maka, ia juga akan ditegur oleh kepala desa atau masyarakat setempat karena, kerja bakti tersbut merupakan tanggung jawab seluruh anggota masyarakat.

4.) Tanggung Jawab pada Tuhan

Selanjutnya yaitu tanggung jawab pada Tuhan. Sesuai Pancasila Sila Pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, sehingga kita ini adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki tanggung jawab pada Tuhan kita.

Contohnya yaitu setiap umat manusia yang beragama harus bisa mematuhi kewajibannya yang diatur dalam agamanya. Bukan hanya beribadah saja tetapi juga harus bersikap baik dan memiliki toleransi pada sesama.

5.) Tanggung Jawab kepada Bangsa dan Negara

Dan yang terakhir yaitu Tanggung Jawab kepada Bangsa dan Negara. Kita harus menjadi warga negara yang baik.

Contohnya yaitu menjaga persatuan dan kesatuan dan juga mencintai tanah air. Atau bisa juga dengan cara melestarikan dan mencintai warisan negeri ini pun termasuk dalam tanggung jawab kita sebagai warga Negara yang baik.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Tanggung Jawab, Manfaat, Jenis Dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *